Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kombinasi Kegiatan dan Strategi Pembelajaran Kontekstual

Neicytekno.net - Pembelajaran Kontekstual merupakan konsep belajar yang mengutamakan pengetahuan serta penerapan di kehidupan sehari-hari. Jadi dalam pembelajaran Kontekstual selalu ada pengetahuan yang bermakna untuk dilakukan di kehidupan bermasyarakat.

Dalam pembelajaran Kontekstual, Pendidik harus memberikan kesempatan kepada seluruh peserta didik untuk mengaplikasikan Pembelajaran kedalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, Pembelajaran yang dilakukan di kelas harus Relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran Kontekstual memiliki beberapa kombinasi antara strategi dan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan oleh pihak yang terkait. Dalam artikel kali ini penulis akan berdiskusi dan memberikan sedikit pengetahuan mengenai kegiatan dan strategi pembelajaran kontekstual.

Kombinasi Kegiatan dan Strategi Pembelajaran Kontekstual

Ada 5 Kombinasi kegiatan pembelajaran kontekstual yang bisa di ikuti, Antara lain: 

Keterampilan Pemecahan Masalah

Pembelajaran yang mengutamakan Konteks "Bermakna" untuk peserta didik. Peserta didik diberikan ikatan yang kuat dalam konteks kehidupan pribadinya. Kemudian memberikan kemungkinan untuk peserta didik dalam memecahkan semua masalah-masalah penting dalam kehidupannya, menggunakan keterampilan yang telah diperlajari di sekolah. Relevansi ini seperti membarikan pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.

Metode Sains

Peserta didik diberikan kesempatan untuk mengenal dunia nyata dan kemudian menemukan "Kejadian" yang memungkinkan mereka untuk belajar mengenai permasalahan yang ditemui. Dalam konteks ini, Peserta didik diberikan wawasan dan pengetahuan mengenai Sains yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap cara penyelesaian masalah dalam kehidupan nyata.

Pembelajaran Berbasis "Masalah"

Pendidik memberikan pendekatan pembelajaran yang melibatkan masalah dalam kehidupan sehari-hari kepada peserta didik. Pendekatan tersebut di maksudkan untuk melatih keterampilan pemecahan masalah serta belajar kritis dalam konteks dunia nyata. Dengan begitu, Peserta didik akan mendapatkan Konsep Utama dari suatu Mata Pelajaran yang dipelajari di sekolah.

Pembelajaran Layanan

Menggabungkan antara "Layanan" di Masyarakat dengan sekolah. Layanan masyarakat digabungkan dengan struktur yang ada disekolah sehingga menciptakan hubungan yang bermakna. Dengan begitu, Layanan yang terdapat di lingkungan masyarakat akan terhubung dengan pembelajaran yang ada di sekolah.

Kerja Praktik

Peserta didik melakukan pembelajaran "Nyata" di lingkungan tempat kerja. Pembelajaran ini memiliki konteks yang sangat erat dengan kehidupan "Kerja" pada umumunya. Dengan begitu, Peserta didik akan diberikan kesempatan untuk menggunakan pengetahuan yang telah di pelajari disekolah dan kemudian digunakan dalam dunia nyata (Kerja/Masyarakat). Selain itu, Peserta didik juga bisa menggunakan masalah-masalah yang dihadapi di dunia kerja untuk dijadikan pembahasan di sekolah.

Pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Peserta didik diberikan pengetahuan yang bisa membantunya dalam menghadapi masalah-masalah di kehidupan masyarakat. Dengan begitu, Pendidik harus memberikan pembelajaran yang Relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : 7 Langkah Penerapan Pembelajaran Kontekstual

Post a Comment for "Kombinasi Kegiatan dan Strategi Pembelajaran Kontekstual"