Melakukan Perhitungan Otomatis di Ms Word

Cara melakukan Perhitungan Otomatis menggunakan rumus di Ms Word

     Kali ini kita akan mencoba melakukan perhitungan secara otomatis di Ms Word dengan menggunakan rumus yang biasa di gunakan di Ms Excel, Bisa gitu? ya bisa meskipun tidak se indah di Ms Excel hhe. Seperti yang kita semua tahu bahwa Ms Word ini merupakan Aplikasi pengolah kata yang di dalam nya terdapat berbagai tools untuk keperluan merangkai suatu kata dan kalimat seperti pembuatan surat menyurat, proposal dan masih banyak lagi yang lainnya.
     Namun Untuk artikel kali ini kita akan melakukan perhitungan secara otomatis untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan pada setiap pendataan yang berhubungan dengan angka dan perhitungan, untuk penjelasan mengenai formula dalam ms word atau cara melakukan perhitungan rumus matematika bisa di lihat disini cara menggunakan rumus di ms word  Ok kita langsung ke tutorialnya
Cara Melakukan Perhitungan Rumus Matematika di Ms Word
Ok Untuk melakukan perhitungan secara otomatis kita memerlukan tabel terlebih dahulu, dan kemudian isi dengan bilangan seperti Nota pembayaran (sebagai contoh). Langkah-langkahnya seperti berikut :
  1. Buka Ms Word nya
  2. Buatlah tabel seperi pada gambar berikut

    Tabel di atas menyerupai nota pembayaran dimana ada Data/nama barang, Harga dan jumlah pembelian, saya menggunakan nota pembayaran sebagai contoh karna kita akan melakukan perhitungan otomatis seperti di Excel dan aplikasi pembayaran. Jadi seperi Aplikasi Nota menggunakan Word (bahasa kerennya) hhe karna kita akan melakukan perhitungan otomatis untuk jumlah dari barang yang di beli.

  3. Setelah itu kita langsung ke rumusnya :

    Penjelasannya :
    Nomor 1 : Klik pada cell yang di tandai pada nomor 1
    Nomor 2 : Klik Formula
    Nomor 3 : Gunakan Rumus =Product(Left)
    Disini saya menggunakan =product(left)
    =Product ini digunakan untuk pembuatan data produk yang biasanya menggunakan perkalian untuk perhitungannya, seperti pada contoh : harga barang dan jumlah yang di beli nya di kalikan.
    Kemudian untuk (left) digunakan karna bilangannya berada di sebelah kiri,  jikalau bilangannya berada di sebelah kanan maka menggunakan (right).

    Nomor 4 :
    Tanda Dollar ($) nya ganti dengan Rupiah (RP)
    Nomor 5 : Kemudian tekan OK dan lihat hasilnya.

  4. Nah Sekarang kita akan melakukan perhitungan otomatis yang sebenarnya. setelah selesai menghitung baris pertama, kita otomatiskan baris yang selanjutnya dengan cara : 

    Copy hasil dari rumus yang sebelumnya, Kemudian Paste kan di bagian selanjutnya.. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di atas

  5. Blok kembali bagian yang barusan di copy Paste, Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

    Setelah di blok kemudian Tekan F9, maka semuanya akan otomatis terhitung.

    F9 ini digunakan untuk mereset rumus dan menyesuaikan dengan bilangan yang ada di kiri nya (karna tadi menggunakan (left). Hal itu sama dengan di Ms Excel, di Ms Excel kita bisa menghitung secara otomatis dengan cara menarik cell yang telah diberi rumus.

Versi Video :

Perhitungan secara otomatis ini sebenarnya menggunakan tehnik copy paste formula yang kemudian di reset ulang dan di sesuaikan dengan kondisi sebenarnya dari cell tersebut, Terlintas seperti otomatiskan? hhe untuk teman-teman yang masih bingung silahkan tanyakan di kolom komentar dan terima kasih atas kunjungannya 🙂

Tinggalkan komentar

x