Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Voucher Hotspot Dengan Batas Kuota & Waktu Menggunakan Mikrotik

Cara membuat voucher Hotspot Per Giga atau Per Jam (Kuota) Menggunakan Mikrotik, Cara Membuat Voucer dengan sistem Kuota dan Batasa Waktu Kuota menggunakan Mikrotik

    Banyak yang masih bingung bagaimana cara membuat voucher hotspot MikroTik dengan limitasi waktu dan Data Down/Up tertentu menggunakan Mikrotik. Setelah melakukan konfigurasi dasar dan membuat serverhotspot pada sebuah MikroTik tentu kita harus membuat user (voucher) agar device yang masuk pada system Hotspot dapat mengakses internet.

System Hotspot Mikrotik banyak digunakan di kantor dinas, sekolah ataupun digunakan untuk dijual (RTRWNET). System Hotspot sangat berguna dalam melimitasi Bandwidth, Batas waktu pemakaian internet, bahkan dapat pula melimit jumlah data yang masuk (down/up) yang sangat berguna untuk mengoptimalkan kecepepatan internet
     
    Banyak cara dalam membuat dan membatasi kecepatan, waktu, dan data user hotspot. Kita akan coba lakukan dasar nya saja tanpa aplikasi pendukung seperti Mikhmon atau sebagainya. Kita akan menggunakan WinBox dan akan mengkonfigurasi secara manual agar kita lebih paham lagi bagaimana cara kerjanya.
  1. Buka MikroTik kita dengan menggunakan Winbox
  2. Masuk pada tab “ IP à Hotspot à user à add “



    ·         Server = Pilih untuk server mana saja . Pilih “all” agar user dapat mengakses internet dari semua server

    ·         Name = username dari voucher yang dibuat

    ·         Password = kata sandi voucher tersebut

    ·         Address = isi jika ingin menggunakan ip static (ip harus satu segmen dengan interface yang dipake)

    ·         Mac Address = untuk mengunci Mac Address yang terhubung (hanya bisa dipakai oleh device yang menggunakan MAC address tersebut)

    ·         Profile = user profile yang digunakan (kelompok voucher)

    ·         Routes = jalur gateway yang dilalui ( kosongkan saja )

    ·         Email = email user (kosongkan saja)

         Sesuaikan saja username dan password yang akan kalian buat jika ingin menggunakan ip static isi pada kolom ip yang perlu diperhatikan dalam menggunakan ip static pastikan ip yang akan digunakan satu segmen/network dengan ip interface yang digunakan. Kemudaian jika kalian ingin membuat voucher itu khusus untuk hp/laptop itu saja tidak bisa digunakan di hp lain maka isi Mac Address dengan alamat MAC dari hp/Laptop tersebut. Nahh untuk profile susuaikan saja user tersebut akan digolongkan ke profile yang mana.

  3. Pindah ke tab “limits”

    ·         Limit uptime = waktu/durasi pemakaian internet

    ·         Limit Byte in = jumlah data upload voucher

    ·         Limit Byte out = jumlah data download voucher

    ·         Limit Byte total = jumlah data Up/Down yang diberikan kepada user

    Agar lebih dipahami Saya akan membuat contoh membuat voucher dengan batas waktu 5jam dan batas kuota yang digunakan 1GB.


    ·         00:00:00 bisa di artikan JAM:MENIT:DETIK sehingga jika 5 jam berarti penulisannya 05:00:00 atau 00:60:00. Apabila 1 hari maka 24:00:00.

    ·         Limits Byte total adalah jumlah data dalam satuan Byte. 1Mb = 1048576 Byte atau 1GB = 1073741824

         Nahhh jika sudah selesai melimit voucher klik ok dan coba buktikan dengan login menggunakan user yang tadi kita buat. Voucher tersebut dapat digunakan hanya 5 jam saja ketika waktu habis maka otomatis akan langsung Disconect (tidak terhubung dengan internet) dan harus Login kembali dengan menggunakan voucher lain. Dan apabila sebelum waktu 5 jam tersebut habis tapi Data up/down sudah mencapai 1GB maka otomatis akan Disconect.

Post a Comment for "Cara Membuat Voucher Hotspot Dengan Batas Kuota & Waktu Menggunakan Mikrotik"