Cara Membuat Surat Jalan Pembelian Barang di Ms Word & Contohnya

Cara Membuat Surat Jalan Pembelian Barang

Ms Word dalam kehidupan sehari-hari memang sudah menjadi suatu keharusan khususnya untuk mereka yang masih sekolah ataupun bekerja dalam bidang administrasi, dalam tutorial sebelumnya kita sudah membuat suatu lembar resmi yang selalu di gunakan dalam dunia kerja yaitu Tutorial membuat surat masuk & surat keluar, Tutorial membuat Faktur Barang, dan lainnya. Yang dimana tutorial-tutorial tersebut sudah masuk ke tahapan menengah dari Pembelajaran Ms Word.

Dunia Kerja modern saat ini sangat membutuhkan pekerja dengan keahlian dalam bidang komputerisasi, dimana semua perusahaan sudah menggunakan teknologi yang canggih-canggih. Ms Word adalah salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam dunia kerja sehingga kamu harus bisa menguasi aplikasi ini dengan baik dan benar sehingga ketika di dunia kerja nanti, kamu sudah siap untuk melaksanakan pekerjaan khusunya di bidang administrasi perkantoran.

Kali ini yang akan dibahas adalah mengenai tutorial cara pembuatan surat jalan pembelian barang, apa itu surat jalan pembelian barang? surat ini berfungsi sebagai pengantar pekerja untuk melakukan pembelian barang sesuai dengan nama barang yang tercantum dalam suratnya. dalam surat tersebut akan disertakan dengan identitas, informasi yang berkaitan.

Surat Jalan Pembelian Barang ini juga berfungsi sebagai “Pengantar” Barang Pesanan yang dipesan oleh perusahaan lain. Jadi Pekerja akan mengantarkan barang sembari membawa surat jalan ini sebagai pengantar dan penjelas dari barang yang dipesan.

Untuk lebih jelasnya kita langsung saja ke tutorialnya, berikut merupakan tutorial untuk membuat surat jalan pembelian barang :

  1. Buka aplikasi Ms Wordnya dan buatlah dokumen baru
  2. kemudian buatlah dokumen seperti pada gambar di bawah ini :
    Penjelasannya :

    –Bagian Pertama–

    Bagian dengan tulisan “Kepada Yth:” diletakan di posisi kanan, kemudian untuk titik-titiknya seperti biasa menggunakan tanda “_”.
    kemudian cara meletakan semua tulisan disisi kanan adalah dengan cara  : Blok Text yang akan di gesernya kemudian tekan TAB.
    Jenis Tulisan yang di pakai adalah TIMES NEW ROMAN dengan font size 12
    –Bagian kedua–
    Bagian kedua pada Tulisan “SURAT JALAN”, menggunakan Ukuran Font 16 dengan jenis font nya yaitu Times New Roman dan di cetak tebal (bold)
    di bawahnya yaitu No, order no, dan text di bawahnya menggunakan ukuran font 12

    –Bagian Ketiga–
    Pada Tabel menggunakan 4 kolom dan 2 baris, kemudian pada baris kedua tabelnya diperbesar dengan cara menarik garis cells kebagian bawah (nampak seperti gambar di atas)
    isi dengan No, Nama Barang, Banyaknya dan Keterangan dengan ukuran font 12 dan diberi efek bold.

  3. Langkah terakhir adalah dengan membuat tanda terima dan menyerahkan, perhatikan gambar di bawah ini :
  4. Selesai … maka hasilnya akan seperti ini :

Nah gimana gampangkan? jikalau kamu sudah melihat tutorial-tutorial sebelumnya mungkin kamu tidak akan kebingungan hhe karna hanya dengan melihat hasilnya saja kamu pasti sudah mengerti bagaimana cara pembuatannya.
Tutorial di atas dibuat sesuai pengalaman penulis dan dibantu oleh beberapa referensi yang di baca, mungkin setiap perusahaan berbeda dalam desainnya namun dengan menggunakan contoh di atas, penulis rasa sudah cukup untuk membuat surat jalan pembelian barang.
Ok terima kasih 🙂
Versi Video:

baca juga mengenai tutorial Ms Word Untuk pemula Tutorial Ms Word Untuk Pemula

Download Contoh Surat Jalan Pembelian Barang (File docx) disini.

Tinggalkan komentar

x