Jenis-Jenis Software Komputer Beserta Contohnya

Jenis Software itu beragam dan ada banyak software yang mungkin belum kamu ketahui, jenis-jenis software yang ada di komputer atau software yang di installkan secara manual.
Pengertian Software
    Software adalah perangkat lunak yang membantu hardware dalam segala kegiatan pengoprasiannya, Software ini memiliki peran untuk mengontrol semua komponen yang ada pada komputer. Software ini berisi program-program yang perintah/intruksi untuk melakukan segala pengolahan data dalam komputer. Software dan aplikasi merupakan 2 hal yang berbeda,  Software adalah perangkat lunak yang mengontrol komponen dan Sistem sedangkan aplikasi merupakan bagian dari Software tersebut.
    Software bisa digolongkan menjadi beberapa bagian tergantung dari fungsinya, berikut merupakan Jenis-jenis Software yang perlu kamu ketahui :
Jenis-Jenis Software
  1. OS (Sistem Operasi)
    Sistem operasi merupakan program yang menjadi wadah untuk program-program lainnya, sistem operasi memiliki peran penting karna OS ini bertugas untuk mengontrol dan mengendalikan semua komponen-komponen yang ada. Ada Beberapa Sistem Operasi yang umum digunakan oleh masyarakat, yaitu :
    – Microsoft Windows
    Versi yang sering digunakan adalah : Windows Xp, Windows 7, Windows 8, Windows 10
    – Unix
    – Linux
     
    Versi yang sering digunakan : Debian, Ubuntu, Kali Linux
    – Macintosh

  2. Utility Software
    Merupakan Program yang membantu OS bekerja, dalam hal ini ada beberapa program seperti keamanan, Maintance, analisa sistem, pengoptimalan, Audio, Video, chipset, dan lainnya. System program ini membantu Sistem operasi untuk mengoptimalkan kinerja dari komputer, dengan begitu Utility software ini memiliki berbagai program internal dan eksternal yang perlu kamu ketahui, yaitu :
    Utility Program Internal :
    – System Restore
    – System File Protection
    – System Configuration Utility
    – System Monitor
    – Disk Defragmenter
    – Uninstaller
    – Backup Software
    – Cryptographic utilities
    – Disk Scanner
    – Diagnostik Utility
    – File Manager
    – Screensavers
    – Memory Tester
    – Personal Firewall
    – Note pad, Word Pad
    – Paint
    – Windows Defender (untuk Os Windows)

    Utility Program External :
    – Anti Virus
     Anti virus merupakan program untuk mengamankan komputer dari serangan virus. Untuk Windows sudah disediakan Windows Defender, namun terkadang banyak pengguna komputer yang menginstalkan kembali anti virus lainnya seperti Avast, Smadav, avg atau aplikasi lainnya.
    –  Software Multimedia
      Software ini dibutuhkan untuk membantu komputer dalam memutar musik, video dan lainnya, program aplikasi yang digunakan biasanya winamp, VLC.
    – TuneUp Utilities
     Program aplikasi ini digunakan untuk mengoptimalkan komputer, Program ini bisa mengahapus file yang tidak perlu sehingga memungkin untuk mempercepat kinerja dari komputer.
    – File Compression 
    Aplikasi ini dibutuhkan untuk melakukan konpres ataupun untuk mengamankan data dari virus, program aplikasi yang umum digunakan adalah Winrar.
    – Cd/DVD Burning
    Program ini dibutuhkan untuk membakar file dan dimasukan ke kepingan CD/DVD, jadi kamu bisa memindahkan file audio atau video kedalam CD/DVD dengan mudah.

  3. Program Aplikasi
    Program aplikasi ini merupakan program tambahan yang di installkan untuk keperluan tertentu, ada beberpa program aplikasi yang perlu kamu ketahui, yaitu :
    – Office
    – Aplikasi Multimedia
    – Anti Virus
Jenis-Jenis Aplikasi
Jenis-jenis Program aplikasi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari bisa dikelompokan menjadi beberapa jenis, berikut ulasannya :
  1. Aplikasi Office
    Aplkasi Ini digunakan untuk keperluan pekerjaan kantoran seperti membuat surat, membuat laporan, proposal, karya ilmiah, jurnal, penginputan data dan lainnya. aplikasi office ini berisi aplikasi pengolah kata, pengolah angka, presentasi, dan beberapa aplikasi tambahan seperti access, outlook. Aplikasi office yang sering di pakai adalah MS Office dan WPS Office
  2. Aplikasi Multimedia
    Aplikasi multimedia berisi aplikasi untuk editing foto, video, animasi, aplikasi multimedia yang sering digunakan adalah Adobe. kemudian aplikasi multimedia juga biasa digunakan untuk memutar audio dan video, aplikasi yang digunakan untuk memutar audio video adalah VLC atau Winamp.
  3. AntiVirus
    Anti virus digunakan untuk mengamankan PC, sebenarnya dalam OS sudah disediakan Anti virus atau pengaman untuk komputernya. Seperti pada OS Windows sudah disediakan Windows Defender, namun terkadang itu tidak cukup dan para pengguna terkadang menambahkan antivirus lain seperti AVG, Avast, atau Smadav.
  4. Browser
    Alikasi ini digunakan untuk mecari berbagai hal di Internet, aplikasi ini seperti Chrome, Opera, dan Mozilla. 
  5. Media Sosial
    APlikasi media sosial ini seperti Fb, Whats App, dan lainnya yang digunakan untuk masuk ke jejaring sosial dan bertemu dengan orang-orang di dunia maya.
  6. Online shop
    Disaat ini kamu bisa berbelanja dirumah tanpa harus keluar rumah, dan hal itu bisa dilakukan dengan mengguakan aplikasi online shop, dan kamu juga bisa memesan tiket dan lainnya.
Kesimpulannya :
Software merupakan program penting dalam komponen komputer, software mengendalikan komponen-komponen yang ada dalam komputer dengan dibantu oleh program pendukung lainnya. Penerapan program tambahan di usahakan sesuai kebutuhan, agar komputer berjalan dengan optimal dan tidak ada sistem error.

Tinggalkan komentar

x