10 Manfaat Multimedia Pembelajaran [Multimedia dalam Pembelajaran]

Neicytekno.net – Telah banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari Multimedia Pembelajaran. Dari mulai peserta didik sampai mereka yang memberikan pembelajaran melalui peralatan serta prosuk Multimedia.

Manfaat Multimedia Pembelajaran

Multimedia sudah menjadi hal yang penting di antara pertumbuhan teknologi dan masyarakat. Multimedia melekat pada setiap aspek yang berkaitan dengan masyarakan khususnya dalam dunia pembelajaran atau edukasi. Untuk itu, Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari Multimedia Pembelajaran, berikut sedikit penjelasannya.

Manfaat Multimedia Pembelajaran

Informasi menjadi Lebih Jelas

Dengan menggunakan Multimedia Pembelajaran, Informasi yang diberikan akan semakin jelas dan menarik. Multimedia memungkinkan pengembang untuk mendesain Informasi semenarik mungkin sehingga menghasilkan Informasi yang mudah di pahami pengguna.

Menarik Minat

Dengan Informasi yang jelas serta desain yang menarik akan membuat pengguna atau peserta didik menjadi tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Multimedia memiliki daya tarik yang sangat tinggi, Hal itu disebabkan oleh pembuatan sistem multimedia yang mengutamakan kenyamanan serta keindahan dari informasi yang diberikan.

Komunikatif dan Kreatif

Multimedia dikemas secara komunikatif yang memberikan kesempatan kepada pengguna dalam memberikan umpan balik yang sesuai. Kemudian pembawaan yang diberikan Multimedia pembelajaran bersifat Kreatif karna mampu melatih daya pikir pengguna dalam menentukan serta memecahkan masalah.

Menjadi Sarana Hiburan

Pembelajaran yang dilakukan di kelas sering kali terasa bosan. Namun dengan bantuan Multimedia Pembelajaran, Kebosanan itu akan hilang dan tergantikan oleh sarana Hiburan yang menarik. Multimedia pembelajaran banyak bentuknya, ada yang bersifat media interaktif ataupun Game Edukasi yang dikemas khusus untuk memenuhi standar pembelajaran saat ini.

Memperjelas Objek atau Informasi

Dengan menggunakan Multimedia Pembelajaran, Kamu bisa memperbesar objek seperti “Kuman” atau memperkecil objek seperti “Gunung”. Nah semua hal itu bisa dipelajari dengan mudah dan jelas, Tanpa harus bersusah payah melihat atau menyaksikan secara langsung.

Menampilkan Pristiwa / Lokasi yang Jauh

Dengan menggunakan Multimedia, Kita bisa menampilkan suatu lokasi yang berada ditempat yang sangat jauh. Contohnya, Kita bisa mempelajari tentang Binatang tanpa harus pergi ke kebun Binatang dan lain sebagainya.

Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

Kita bisa belajar dan mengajar tanpa terbatasi oleh Ruang dan Waktu. Dengan menggunakan Multimedia Pembelajaran, Proses belajar mengajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sebagai contoh, Kita bisa melangsungkan Proses belajar mengajar dari Rumah masing-masing tanpa terbebani oleh apapun.

Dapat Mengatasi Keterbatasan

Dengan menggunakan Multimedia Pembelajaran, Semua orang mampu mempelajari semua hal tanpa memikirkan keterbatasan waktu, Materi dan pengalaman. Dengan menggunakan Multimedia semua orang memiliki kemungkinan untuk menjadi yang terbaik. Kemudian dalam proses pembelajaran, Peserta didik tidak perlu membawa objek untuk di analisa karna semua sudah ada dalam sistem multimedia pembelajaran.

Dapat Menjangkau Banyak Orang Sekaligus

Dengan menggunakan Multimedia, Kamu bisa menjangkau ribuan orang sekaligus dalam 1 waktu. Hal itu dapat dilakukan dengan mudah ketika menggunakan Multimedia Pembelajaran. Sebagai contoh, Pembelajaran Daring menggunakan Aplikasi Meet yang menggunakan Unsur Multimedia di dalamnya.

Interaktif

Multimedia Pembelajaran sudah pasti bersifat interaktif. Hal itu didasari dengan sifat multimedia yang memberikan kesan nyata dan menarik. Dengan begitu, Peserta didik memiliki kemungkinan untuk berinteraksi langsung dengan sumber data yang ada didalamnya.

Baca Juga : 

Tinggalkan komentar

x