8 Fungsi Multimedia Interaktif dalam kehidupan Sehari-hari

Neicytekno.net – Multimedia interaktif umumnya tercipta dari gabungan komponen dan unsur-unsur Multimedia seperti Video, Audio, Animasi, Text, Gambar, dan lain sebagainya. Multimedia interaktif memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari dan khususnya dalam proses pembelajaran.

Fungsi Multimedia Interaktif

Multimedia Interaktif telah menyediakan “Kontrol” pengguna pada media interaktif yang digunakan. Jadi pengguna mampu mengendalikan Multimedia interaktif tersebut sesuai dengan kebutuhan serta keinginan dari penggunanya. Penggunaan Multimedia interaktif ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan di era serba digital saat ini karna dengan adanya media interaktif masyarakat mampu mengenal dan belajar tanpa harus merasa “Bosan”.

Fungsi Multimedia Interaktif

Ada beberapa fungsi multimedia yang sangat dirasakan oleh masyarakat, Diantaranya : 

Sarana Pembelajaran yang Menyenangkan

Multimedia menyediakan media yang mampu memberikan pengalaman lebih untuk penggunannya. Dengan menggunakan Media Interaktif, masyarakat akan merasakan pengalaman lebih dalam belajar serta penggunaan aplikasi yang bermanfaat sesuai kebutuhannya. Contohnya, Masyarakat bisa menggunakan aplikasi pembelajaran untuk memperlajari “Matematika” tanpa harus belajar secara langsung di kelas.

Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran

Fungsi Multimedia interaktif ini sangat terasa dalam pembelajaran di kelas. Multimedia Interaktif bisa dijadikan sebagai Pengganti dan Pelengkap dalam suatu pembelajaran yang dilakukan di kelas. Contonya, Ketika Seorang Guru mengajarkan tentang Rumus Matematika yang sangat Rumit. Nah Guru tersebut bisa menggunakan Multimedia interaktif untuk menyederhanakan Rumus dengan tampilan yang menarik dan interaktif. Sehingga Peserta didik tidak merasa bosan dalam mempelajari pelajaran yang terlihat “Rumit”.

Komunikasi antara Penjual dan Pembeli

Multimedia bisa dijadikan sebagai sarana untuk jual beli. Hal ini seringkali dilakukan dengan menggunakan sosial media. Contohnya, Ketika kamu menjual suatu barang maka kamu bisa menggunakan Media interaktif untuk mengenalkan produk serta berkomunikasi di dalamnya.

Pembelajaran Jarak Jauh

Multimedia interaktif bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran jarak jauh. Dengan menggunakan Multimedia interaktif proses pembelajaran jarak jauh akan terasa lebih nyata dan menyenangkan. Kemudian penggunaan media interaktif akan sangat menghemat waktu dan ruang, Terutama dalam masa libur sekolah atau keadaan pandemi.

Sarana Hiburan

Multimedia Interaktif juga memberikan hiburan yang menyenangkan. Hal tersebut sudah banyak dilakukan oleh kebanyakan orang dengan bermain game. Nah Bukan hanya game umum yang bisa di mainkan, Namun dengan adanya multimedia interaktif ini kita bisa membuat Game Edukasi yang mampu memberikan suatu pembelajaran dalam setiap stage permainannya.

Sebagai Media Informasi Pemerintah

Pemerintahan tentunya memiliki banyak informasi yang harus di umumkan kepada masyarakat, Dari mulai pemberitahuan umum pemerintahan hingga pesan pemerintah untuk kebaikan masyarakat. Nah semua itu bisa di informasikan menggunakan Media Interaktif atau melalui TV.

Sarana Promosi Kebudayaan & Pariwisata

Dengan menggunakan Multimedia Interaktif kita bisa mempromosikan Kebudayaan daerah serta tempat wisata daerah. Promosi ini bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan dari website, aplikasi atau Promosi Video Multimedia.

Fungsi dalam Penyiaran

Siaran TV memerlukan Media Multimedia Interaktif seperti Film, Animasi dan lainnya. Dan bahkan membutuhkan peralatan multimedia seperti Kamera dan lainnya. Nah dalam penyiaran Multimedia interaktif ini sangat bermanfaat dan berfungsi untuk memberikan hiburan serta informasi yang relevan dan jelas. Dengan begitu, Masyarakat juga bisa menikmati acara yang menarik dan juga mendapatkan informasi yang sangat jelas.

Nah itu adalah beberapa Fungsi dari Multimedia interaktif, Mungkin masih banyak fungsi-fungsi yang belum disebutkan. Untuk itu silahkan tambahkan Fungsi Multimedia Interaktif di Kolom komentar yah. Agar teman-teman yang lainnya mampu mempelajarinya dengan baik dan Lengkap.

Baca Juga : 

Tinggalkan komentar

x