8 Aspek Keamanan Informasi dalam Komputer / Jaringan Internet

Neicytekno.net – Keamanan Informasi dalam komputer perlu di atasi dan dipahami agar keamanan data kita bisa terjamin. Nah keamanan Informasi dalam komputer memiliki beberapa aspek yang perlu diketahui sebagai dasar dari pengamanan Komputer. 

aspek -aspek Keamanan Komputer

Pertukaran Informasi dalam dunia teknologi khususnya dalam jaringan Internet/Komputer setiap detiknya mengalami perkembangan yang sangat besar. Seiring dengan itu, Perkembangan “Manusia” yang tidak bertanggung jawab juga semakin merajalela sehingga keamanan informasi dalam komputer perlu di tingkatkan.

Saat ini banyak kasus yang kehilangan data Pribadi akibat pencurian data yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Nah dengan alasan tersebut, Kita harus memahami aspek keamanan komputer sehingga kita bisa meminimalisir terjadinya pencurian data.

Aspek-aspek Keamanan Komputer / Informasi dalam Komputer

Ada beberapa aspek keamanan komputer yang hingga saat ini telah dijelaskan oleh para ahli. Berikut merupakan sedikit ulasannya : 

Authentication

Penerima informasi harus memastikan apakah pesan yang diterimanya berasal dari orang yang benar?. Nah semua itu harus di pastikan terlebih dahulu. Jadi Authentication merupakan Suatu Proses yang dilakukan untuk memastikan bahwa seseorang yang mengirim atau menerima Informasi adalah benar-benar orang yang di maksud.

Integrity

Integrity merupakan suatu proses yang dilakukan untuk memastikan bahwa pesan yang di kirimkan tidak di modifikasi oleh orang yang tidak memiliki Hak. Bisa dikatakan bahwa kita harus memastikan pesan yang di kirim tidak di modifikasi oleh orang lain. Sehingga keaslian pesan tersebut bisa terjamin hingga ke tangan penerima yang benar.

Non-repudiation

Aspek Nonrepudiation merupakan suatu aspek yang berkaitan dengan pengirim/orang lain. Nah aspek ini digunakan untuk menjaga agar seseorang tidak bisa mengelak atau mencari alasan setelah mengirim Informasi atau setelah bertransaksi.

Authority

Authority merupakan suatu aspek yang menjaga informasi agar tidak bisa di modifikasi ketika berada dalam jaringan komputer. Jadi Informasi yang ada pada sistem komputer tidak akan bisa di modifikasi oleh orang lain yang tidak berhak atau tidak memiliki akses.

Confidentiality

Confidentiality merupakan suatu usaha yang dilakukan dalam menjaga informasi. Jadi informasi yang akan di kirimkan bisa “Aman” dari orang lain yang tidak memiliki hak untuk mengetahuinya. Hal ini biasanya berkaitan dengan informasi yang akan diberikan kepada pihak lain.

Privacy

Merupakan suatu Data yang bersifat “Pribadi”, jadi kita harus mengamankan semua data yang bersifat pribadi, Agar orang lain tidak bisa mengakses serta menyebarkan informasi tersebut. Kemudian Aspek ini juga digunakan untuk mengamankan data pribadi dari orang lain, Yang artinya kamu harus merahasiakan setiap detail informasinya agar orang lain tidak bisa mengetahuinya. Terkadang Data yang bersifat pribadi ini bisa bocor akibat kecerobohan pemiliknya sendiri.

Availability

Sistem Informasi bisa dijebol dan terkadang mampu menghapus akses ke data informasi yang di butuhkan. Aspek Availability merupakan aspek yang saling terhubung antara Akses pengguna (Pemilik) dengan ketersediaan Informasi. Untuk itu kita harus mengamankan “Akses” untuk melihat atau mengambil data Informasi yang ada pada sistem komputer.

Access Control

Aspek keamanan komputer ini berkaitan dengan cara mengatur akses ke informasi yang tersedia. Nah biasanya aspek ini berhubungan dengan Username dan Password. Jadi dengan menggunakan pengamanan dengan menggunakan kata sandi dan ID maka bisa memperkuat keamanan Sistem Informasi Komputer. Atau kamu juga bisa menggunakan Metode selain dari ID dan Password.

Nah itu adalah 8 aspek keamanan komputer yang sering di bahas oleh beberapa ahli, Untuk itu kamu harus mempelajari semua dasar tersebut agar kamu bisa meminimalisir terjadinya pencurian data informasi pada sistem komputer.

Baca Juga : 

Tinggalkan komentar

x