Cara Menambahkan IP Address Mikrotik Menggunakan HP – MikroTik Pro

Neicytekno    – IP Address atau Internet Protocol Address merupakan label numerik yang diterapkan pada setiap perangkat yang terhubung dengan jaringan komputer. alamat ip memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai host dan sebagai pengalamatan lokasi. IP Address sangat berperan peting dalam dunia jaringan terurama dalam menggunakan Router untuk proses routing. 

Mikrotik merupakan salah satu Router yang selalu menggunakan alamat ip dalam menjalankan proses routing. Pengelamatan alamat ip dapat dilakukan sesuai topologi jaringan local maupun jaringan yang lebih luas. Menyetting alamat ip pada mikrotik terdapat dua jenis cara yang pertama menggunakan aplikasi GUI atau berbasis Grafik ataupun menggunakan Command line interface (CLI) atau perintah-perintah tertentu dengan menggunakan perangkat PC/Laptop.

Namun untuk menyetting mikrotik kita juga bisa menggunakan perangkat smartphone asalkan wifi pada mikrotiknya sudah dalam keadaan aktif sehingga dapat terhubung dengan smartphone kita. Caranya dengan menggunakan aplikasi MikroTik Pro yang bisa di download di appstore/playstore secara gratis.

Cara Menambahkan Alamat IP Menggunakan Mikrotik Pro

1. Pertama download apliakasi Mikrotik Pro di Appstore/Playstore

2. Kemudian sambungkan smartphone kalian ke jaringan wifi mikrotik.

3. Buka aplikasi MikroTik Pro dan masukan username dan password Mikrotik

4. Kemudian tekan icon tiga garis di atas dan masuk ke menu ” IP — Addresses — add(+)”

letak menu menambahkan alamat ip di android


5. Masukan Alamat ip yang baru dan tentukan IP tersebut akan dialokasikan untuk ether mana, misal kita ingin ether3 memiliki ip 192.168.3.1/24 maka sesuaikam seperti dibawah ini.

mengubah ip di mikrotik pro


6. Tekan “OK” dan tekan icon “ceklis pada lingkaran biru” jika sudah sesuai.

Dengan begitu ether3 sudah memiliki alamat ip yaitu 192.168.3.1 dengan prefik /24 atau 255.255.255.0 cara ini bisa dilakukan menggunakan perangkat smartphone yang sudah terhubung dengan mikrotiknya, perlu di ingat kemabali bahwa tidak semua mikrotik mempunyai jaringan wifi bawaan, sehingga kita harus menambahkan access point external agar bisa terhubung dengan jaringan wifi smartphone. 

cara ini hanya untuk menambahkan alamat ip saja dimana ip tersebut masih menjadi ip static belum menggunakan DHCP Server.

Baca Juga : Cara Memperluas Jankuan WIFI Menggunakan TPLINK WR840N

Tinggalkan komentar

x