Cara Menghitung Rata-rata Penjualan per Bulan di Excel

Neicytekno.net – Cara Menghitung Rata-rata Penjualan per Bulan di Excel menggunakan Rumus Fungsi Average berdasarkan Data yang sudah di tentukan (Sesuai Penjualan Bulanan). Data Penjualan Per Bulan akan di kumpulkan dan kemudian dihitung Nilai Rata-rata-nya.

Menghitung Rata-rata Penjulan Barang Merupakan Langkah yang sangat penting untuk melihat statistik perkembangan Toko. Dengan adanya Statistik Perkembangan, Kita bisa dengan mudah menentukan langkah berikutnya dalam berjualan.

Cara Menghitung Rata-rata Penjualan per Bulan di Excel

Dengan menggunakan Aplikasi Ms Excel, Kita bisa membuat Laporan Penjulan Barang hingga ke Perhitungan lainnya. Sebelum memulai untuk menghitung Rata-Rata Penjualan Barang, Download dulu File Laporan Penjualan Bulanan disini.

Download Cara Membuat Laporan Penjualan Bulanan di Excel | Menggunakan Button List

Cara Menghitung Rata-rata Penjualan di Excel :

  1. Setelah Mengunduh File Laporan Penjualan Bulanan (Link di atas).
  2. Buka File Laporan Penjualan bulanan dan Tambahkan Tabel untuk menghitung Rata-ratanya. Perhatikan Gambar berikut ini:
    Cara Menghitung Rata-rata Penjualan per Bulan di Excel
    Menghitung Rata-rata Penjualan di Excel

    Keterangan:
    Cell I5 digunakan untuk menghitung Rata-rata Penjualan.

  3. Untuk Menghitung Rata-rata Penjualan, Aktifkan Cell I5 Kemudian masukan Rumus Ini:
    =Average (C5:F5) 
    Rumus untuk menghitung Rata-rata Penjualan
    Rumus untuk menghitung Rata-rata Penjualan

    Setelah Memasukan Rumus. Tekan Tombol ENTER.

  4. Selesai.

Menghitung Rata-Rata Penjualan Barang bisa dilakukan dengan sangat mudah di Excel. Kita hanya perlu menyiapkan data Penjualannya dan kemudian menghitung Rata-rata Penjualan menggunakan Rumus Fungsi Average.

Contoh Kasus di atas merupakan salah satu laporan penjualan barang Per Bulan di Setiap Kota yang berbeda. Untuk mempelajarinya, Cek di artikel sebelumnya (Link artikel di awal penjelasan). Kemudian gunakan laporan penjualan tersebut untuk Latihan menghitung Rata-rata penjualan bulanan.

Pelajari dalam Versi Video-nya disini: 

Baca Juga :

Tinggalkan komentar

x