Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengacak Nama Kelompok di Excel

Neicy Tekno - Cara Mengacak Nama Kelompok di Excel dapat dilakukan dengan menggunakan rumus RANDBETWEEN, COUNTA dan INDEX. Anda bisa mengkombinasikan Rumus Fungsi tersebut untuk mengacak nama di Excel. Cara yang digunakan juga sangat sederhana, Jadi anda bisa dengan mudah mengikutinya.

Mengacak Nama di Excel sangat diperlukan untuk pembagian tugas, kelompok, pekerjaan atau yang bersangkutan dengan undian random. Anda bisa menggunakan rumus RAND atau RANDBETWEEN dalam mengacak angka. Namun yang paling mudah dalam mengacak nama adalah dengan menggunakan fungsi RANDBETWEEN dengan bantuan COUNTA dan INDEX.

Cara Mengacak Nama Kelompok di Excel

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Kita akan mencoba menggunakan Fungsi RANDBETWEEN untuk mengacak nama kelompok di Excel. Untuk lebih jelasnya, Mari kita pelajari bersama.

Cara Mengacarak Nama di Excel:

  1. Buka Aplikasi Ms. Excel di Perangkat Komputer atau Laptop anda.
  2. Buatkan Workbook baru atau gunakan File Nama Kelompok yang sudah ada.
  3. Untuk lebih jelasnya, Perhatikan Contoh dibawah ini:

    Cara Mengacak Nama Kelompok di Excel
    Keterangan:
    - Tabel Pertama (B2:B10) merupakan tabel Nama Kelompok yang dimulai dari B3:B10.
    - Tabel Kedua (D2:E5) merupakan Tabel yang akan digunakan untuk mengacak Nama. Sel yang digunakan untuk mengacak nama berada pada Sel D3.

  4. Setelah membuat Tabel Nama Kelompok dan Sel untuk mengacak namanya. Maka langkah selanjutnya adalah dengan memasukan Rumus Fungsi RANDBETWEEN, INDEX dan COUNTA.
  5. Aktivkan Sel D3, Kemudian masukan rumus berikut ini:
    =INDEX(B3:B10,RANDBETWEEN(1,COUNTA(B3:B10)))

    Cara Mengacarak Nama di Excel

  6. Setelah memasukan Rumus, Tekan tombol ENTER.
  7. Selesai. Untuk mengacak ulang nama, Anda hanya perlu meng-Enter ulang Formula di Formula Bar.

Dengan mempelajari rumus fungsi diatas, Anda bisa dengan mudah mengikuti dan menggunakannya untuk kasus yang lain. bagian terpentingnya adalah data yang akan di Index-nya. Jadi anda harus menentukan lokasi sel yang akan digunakan.

Penjelasan Rumus

Saya akan menjelaskan sedikit tentang rumus fungsi yang digunakan. Jadi disini hanya bagian besarnya saja yang akan dibahas.

Penggunaan Rumus Index

Rumus index digunakan untuk mengambil data dari suatu Range tertentu. Jadi penggunaan rumus index ditas bertujuan untuk mengambil Nama dari Range Kelompok 1. 

Penggunaan Rumus RANDBETWEEN

Rumus RANDBETWEEN digunakan untuk mengacak Nama yang sudah di tentukan. Jadi, Rumus ini akan mentukan nama acak pada hasil akhirnya.

Penggunaan Rumus COUNTA

Rumus COUNTA digunakan untuk menghitung jumlah data yang akan di acak. Cara termudah menggunakannya adalah dengan membuatkan Range pada Data atau Listnya Seperti pada contoh diatas. COUNTA(B3:B10)

Pelajari dalam Bentuk Video Disini:



Nah jadi itu adalah Tutorial Cara mengacak nama di Excel. Anda bisa menggunakan cara ini untuk berbagai Kebutuhan. Jadi, Saya sarankan untuk terus mengembangkan Rumus fungsi ini.

Baca Juga:

Download File Cara Mengacak Nama Kelompok di Excel. Disini.

Post a Comment for "Cara Mengacak Nama Kelompok di Excel"