Cara Menggunakan Fungsi Split di Spreadsheet Ke Arah Bawah untuk Memisahkan Data Tertentu

Neicy Tekno – Cara menggunakan fungsi split di Spreadsheet ke arah bawah untuk memisahkan data tertentu bisa dipelajari dengan mudah, Rumusnya sederhana. Teks yang berada pada suatu sel bisa di split sesuai dengan kebutuhan menggunakan pemisah yang sudah tersedia.

Rumus fungsi Split biasa digunakan untuk memisahkan teks atau tulisan sehingga bisa dibagi menjadi beberapa sel, Kamu bisa memisahkannya dengan mudah. Fungsi Split biasanya digunakan untuk memisahkan data dari sel ke sel baru yang berada disamping-nya (kolom) dan bisa juga ke bawah (Baris).

Dalam beberapa project, Kamu membutuhkan cara untuk memisahkan data tertentu ke arah bawah (baris). Oleh sebab itu, Cara menggunakan fungsi Split di Spreadsheet ke arah bawah (Baris) untuk memisahkan data tertentu secara otomatis harus dikuasai dengan baik dan benar.

Cara Menggunakan Fungsi Split di Spreadsheet Ke Arah Bawah untuk Memisahkan Data Tertentu Secara Otomatis

Bagaimana cara menggunakan fungsi Split di Spreadsheet ke arah bawah untuk memisahkan data tertentu secara otomatis?., Kamu bisa menggunakan fungsi Transpose yang biasa digunakan untuk mengubah baris ke kolo atau kolom ke baris untuk membuat split ke arah bawah (Baris).

Cara Menggunakan Fungsi Split di Spreadsheet / Google Sheet Ke Arah Bawah untuk Memisahkan Data Tertentu

  1. Buka Spreadsheet / Google Sheet
  2. Siapkan data pada suatu sel yang akan dipisahkan. Sebagai contoh, Perhatikan gambar di bawah ini:
    Cara Menggunakan Fungsi Split di Spreadsheet / Google Sheet Ke Arah Bawah untuk Memisahkan Data Tertentu
    Keterangan:
    di Sel E1 terdapat teks Neicy,Tekno,Spreadsheet yang akan dipisahkan ke arah bawah menggunakah fungsi Split di Sel F1.
    .
  3. Aktifkan Sel F1, Kemudian masukan rumus fungsi ini:
    =Transpose(Split(E1,”,”))

    Keterangan rumus:
    =Transpose(Split(Lokasi Data,”Pemisah/Delimiter”))
    .
  4. Tekan tombol Enter.
  5. Selesai.

Rumus di atas menjelaskan cara menggunakan rumus fungsi Split di Spreadsheet ke arah bawah untuk memisahkan data tertentu secara otomatis, Teknik ini dibantu oleh fungsi Transpose. Fungsi Transpose digunakan untuk mengubah baris ke kolom atau kolom ke baris.

Setelah menggunakan rumus fungsi Transpose, Fungsi Split akan memisahkan teks atau tulisannya sesuai dengan pembatas yang ditentukan. Dengan begitu, Rumus fungsi Transpose dan Split bisa memberikan hasil yang tepat untuk memisahkan data tertentu ke sel bawah (Baris).

Dengan menggunakan teknik split untuk memisahkan data tertentu ke arah bawah (Baris), Maka kamu sudah bisa mempercepat prosesnya. Karna rumus fungsi Split bisa mempermudah kamu dalam memisahkan data ke banyak sel sekaligus (tergantung banyak data-nya).

Jadi itu adalah cara menggunakan fungsi Split di Spreadsheet ke arah bawah untuk memisahkan data tertentu secara otomatis, Setiap data bisa dipisahkan menjadi beberapa sel dalam baris atau kolom spresdsheet. Ikuti tutorial di atas untuk memhami cara penggunaan rumusnya.

Ketahui juga:

Tinggalkan komentar

x