Sejarah Multimedia | Perkembangan Multimedia dalam Dunia Pendidikan

Perkembangan Multimedia dalam Dunia Pendidikan


Asslamu’alaikum Wr.Wb …
        Multimedia memang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, bahkan dalam kehidupan sehari-haripun banyak menggunakan alat ataupun hasil dari multimedia.
dimuala pada dekade komputer pada tahun 1960, komputer telah menghasilkan beberapa unsur multimedia seperti text, grafik dan suara walaupun masih sangat sederhana namun bisa digunakan dalam dunia pendidikan. 
        Donald Bitzer yang disebut sebagai bapak PLATO (Programmer Logic For Automated Teaching Operations) pada tahun 1966 telah mengembangkan pembelajaran berbasis Komputer yaitu CAI (Computer Assisted Instruction)  di University of Illinois at urbana-Champaign. 
        Lahirnya Multimedia yang sampai sekarang digunakan dalam dunia pendidikan adalah salah satu bagian perkembangan dari media pembelajaran berbasis komputer tersebut. nah pada dekade  tahun 1990 komputer berbasis multimedia interaktif mulai berkembang, para pendidik mulai memperhitungkan aplikasi atau suatu media pembelajaran berbasis multimedia yang interaktif sebagai alat untuk memberikan suatu pembelajaran.
        Dalam waktu yang terbilang singkat, bersamaan dengan berkembangnya multimedia serta teknologi komunikasi yang terkait telah menerobos ke berbagai bidang di kalangan masyarakat sehingga perkembanganya pun terus meroket hingga saat ini. Multimedia yang awalnya di pandang sebagai media yang hanya bisa dipakai dalam konteks pendidikan dengan alasan sosial, ekonomi dan pedagogis telah menjadi suatu kebutuhan dalam dunia pendidikan, bahkan untuk saat ini multimedia memiliki peranan penting dalam berbagai bidang.
        Dalam dunia Pendidikan multimedia digunakan dengan tujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih serta memiliki kesan interaktif sehingga dapat memberikan hubungan 2 arah yang dimana para siswa  tidak merasa bosan saat pelajaran dikelas, kemudian dalam dunia sosial multimedia memiliki peranan penting agar dapat berpartisipasi secara penuh dalam masyarakat, serta dalam landasan ekonomis yaitu dimana para pendidik dan siswa dapat lebih mudah dalam proses pembelajaran yang dimana dapat belajar secara jarak jauh ataupun secara langsung dengan menggunakan alat atau media interaktif, penggunaan multimedia inipun tidak memerlukan biaya yang besar.
        Sepertinya landasan pedagogis berkaitan erat dengan landasan ekonomis, karna dengan adanya multimedia diperlukannya tranformasi pembelajaran dari pendekatan pembelajaran tradisional yang berpusat pada pendidik menuju pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. data perspektif peserta didik, peranan pendidik beralih dari instruktur tradisional serta pemasok pengetahuan menjadi memiliki peranan penting dan erat dengan dukaungan serta fasilitas dari konstruksi pengetahuan yang aktiv.
        
Multimedia memiliki peranan serta mengintegrasikan banyak media
        Pemanfaatan multimedia dalam bidang pendidikan mungkin telah banyak dilakukan, bahkan media yang digunakan dalam kehidupan sehari-haripun tidak luput dari penggunaan multimedia cotohnya seperti media Pertelevisian yang dimana banyak menggunakan unsur dari multimedia. 
Proses Interaktif Umpan Balik dalam Multimedia
        Multimedia telah teruji memiliki kemampuan untuk meningkatkan kreativitas juga memiliki unsur interaktivitas, interaktivitas merupakan hibungan 2 jalur antara pendidik dan peserta didik. hubungan 2 jalur tersebut aka menciptakan situasi dialog anatara 2 atau lebih dari 2 orang yang memungkinkan semua peserta memiliki kesempatan untuk berdialog sehingga proses pembelajaran lebih interaktif.
        KOnsep umpan balik dapat menentukan tingkat kreativitas anak-anak dalam mengerjakan soal. semakin banyak umpan balik semakin banyak pula kreativitas anak yang diperlukan. hal itu dapat meningkatkan pengetahuan anak-anak, penguasaan kosa kata serta dapat memberikaan pengetahuan mengenai tombol dan arahan yang disediakan dalam aolikasi atau program. media interaktif ini sangant penting untuk dunia pendidikan karan proses umpan balik memiliki makna pusat ide yang memberikan interaksi, tanpa umpan balik peserta didik tidak dapat memahami arti akibat dari setiap tindakan.
Kontrol yang sistematis dalam Multimedia
        Pengontrolan sangat penting dalam dunia pendidikan, karna penting dalam perkembangan peserta didik dan akan menolong memperkuat rasa memiliki dan membantu dalam perkembangan dalam kedewasaan, keilmuan dan mencerminkan pendekatan proses pembelajaran yang sesuai dengan peserta didiknya.
 Tiga aspek kontrol menurut Laurillard (1987) :
  • Strategi Proses Belajar : apakah peserta didik mampu mengambil keputusan mengenai urutan dan aktivitas pada pembelajaran?
  • Manipulasi Proses belajar : cara peserta didik mengelamai apa yang telah dipelajari
  • Gambaran Isi : bisakan para peserta didik mengembangkan pemikirannya kedalam objek atau pandangan tertentu?
kebebasan peserta didik dalam menentukan proses pembelajaran yang mereka sukai akan meningkatkan dan membangkitkan motivasi dari peserta didik. 
itu merupakan penjelasan singkat dari perkembangan multimedia dalam dunia pendidikan.. 
semoga bermanfaat 🙂
jangan lupa share yah ….

Tinggalkan komentar

x