Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Fungsi Matematika dalam Ms Excel dan Cara Penggunaannya

      Formula atau Fungsi matematika dalam excel sama halnya dengan rumus matematika yang biasa kita temui, namun kali ini di implementasikan dalam aplikasi Ms Excel. fungsi matematika dugunakan untuk perhitungan angka, dalam buku yang ane baca setidaknya ada 63 fungsi dalam kategori ini, namun dikarnakan matematika itu rumit jadi hanya sedikit yang akan kita tulis disiini dan hanya yang biasa kita temui dikehidupan sehari-hari.
      Okk... kita mulai saja langsung ke contoh dan penjelasannya :

1. ACOS
Acos itu singkatan dari Arc Cosinus dan fungsi ini digunakan untuk menghitung nilai radian dari suatu data (angka). dalam perhitungan nilai cosinus ini memiliki suatu aturan dimana nilai cosinus dalam suatu data angka berkisar antara 0 sampai 3,14 atau 3,14 ini biasa disebut dengan Pi.
contohnya : 
Jadi perhitungan arc cosinus dari sudut 0.77 dari suatu radian dicari dengan menggunakan rumus seperti pada gambar diatas kemudian akan muncul hasilnya yaitu 0.691955175

2. ABS
Absolut merupkan data yang tidak membedakan mana negatif atau mana yang positif, karna jika ada nilai negatif maka akan secara otomatis berubah menjadi positif (mungkin singkatnya seperti itu) atau bisa dijelaskan secara lain yaitu jika memasukan bilangan negatif maka nilai tersebut akan langsung diubah menjadi positif.
contohnya :
ketila kita memasukan bilangan -2206 maka bilangan tersebut akan menjadi 2206, hmmm jadi nilai absolut dari -2206 adalah 2206.

3. ASIN
arc sinus merupakan fungsi untuk menghitung nilai arc sinus dari suatu data angka, aturan dalan arc sinus ini adalah nilai arc sinus berkisar antara -pi/2 sampai pi/2, hmmm mungkin sekkitar -1.57 sampai 1.57.
contohnya :
jadi, perhitungan arc sinus dari sudut 0.22 dalam suatu radian adalah ....... nah hasilnya akan muncul yaitu 0.22181447.

4. CEILING
Ceiling digunakan untuk menghitung hasil bilangan ke atas berdasarkan kelipatan hingga mencapai nilai terdekat dengan bilangan yang telah di tentukan, jadi yah yang ane baca sih gitu penjelasannya.. ok langsung aja ke contoh soalnya :
nah seperti pada gambar di atas, deskripsinya seperti ini... Pembulatan angka 22 ke atas dengan kelipatan 6 maka hasilnya ..... yaitu 24

5. EVEN
even adalah fungsi yang digunakan untuk menghitung hasil pembulatan bilangan desimal ke arah bilangan genap terdekat pada bilangan yang telah di tentukan. simple nya seperti itu lah, dan yoo langsung ke contohnya :


penjelasannya adalah seperti ini, pembulatan angka 1997.22 ke atas mendekati angka genap terdekat hasilnya adalah ... 1998.
jadi yah, bilangan desimal dijadikan bulat ke atas namun biilangan bulat yang dipilih adalah bilangan bulat terdekat dari bilngan yang telah ditentukan.

6. LOG
LOG atau logaritma merupakan fungsi untuk menghitung nilai logaritma dari suatu bilangan angka tertentu. contohnya : 

deskripsinya adalah seperti ini, nilai logaritma dari 1997 adalah...... 3.300378065 ..

      Mungkin hanya rumus di atas yang bisa di berikan contohnya, jadi di excel itu memungkinkan kita untuk menghitung bilangan menggunakan rumus tertentu, tentunya masih banyak rumus atau fungsi yang belum dijelaskan dan ini hanya sebagian saja. okk semoga bermanfaat dan jikalau ada kesalahan bisa di sampaikan di kolom komentar, dan mari kita belajar bersama karna ane juga masih awam dalam dunia matematika, jadi marilah kita belajar bersama hhhe

     Terima kasih, wassalamuallaikum Wr.Wb

Post a Comment for "Fungsi Matematika dalam Ms Excel dan Cara Penggunaannya"