Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tutorial Edit Template Login Mikrotik Sederhana

Cara Edit / Mengganti Template Login Mikrotik Sedrhana

   Template mikrotik adalah suatu halaman yang menampikan form keamanan autentikasi dari sebuah server mikrotik. Untuk mengedit tampilan hotspot kita sangatlah mudah dan bisa dicoba tanpa menggunakan jasa setting yang lumayan mahal, Kita bisa mengedit nya sendiri dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang umum digunakan masyarakat banyak yaitu notepad++ dan photoshop. Kita tidak perlu repot membuat desain dari awal lagi karena banyak web/situs yang menyediakan template gratis. Disini saya akan menggunakan template hotspot7 dari situsnya mikhmon yang bisa digunakan secara gratis dan diperbolehkan mengeditnya secukupnya. Sebagai pengguna gratisan, kita wajib menghargai karya seseorang dengan tidak menghapus/mengedit copyright dan nama MIKHMON.

  1. Kita akan mulai dari atas terlebih dahulu yaitu LOGO atau nama server hotspot kita, Di bagian ini cukup mudah karena menggunakan gambar sebagai objeknya, apabila kalian sudah punya logonya tinggal memasukannya difolder “hotspot7 à img “ dengan syarat harus berformat PNG dengan nama “ logo “ untuk ukurannya di sesuaikan saja, kalau saya pakai 632pixels*202pixels. kemudian replace atau hapus yang dulu pernah ada.
  2. Tampilan logo login tersebut akan otomatis berubah sesuaikan gambar PNG yang kita masukan.

     Apabila belum memiliki desain logonya kita bisa membuatnya dengan menggunakan Photoshop karena lebih mudah dan gampang di pahami orang awam. Tidak perlu membuat yang rumit-rumit karena banyak fitur yang mudah digunakan dalam photoshop ini contohnya :

  1.  Buka aplikasi Photoshop dan buka lembaran baru ( CTRL + N ) atur ukuran 632*202 dalam satuan pixels atau sesuaikanlah sesuai kebutuhan.
  2. Pada bagian toolbar pilih fitur “ T “ atau text untuk menuliskan nama wifi atau logo kalian, tulis nama hotspot kalian misal “ Neicy.wifi.id “ saya menggunakan jenis tulisan “ lucida calligraphy
  3. Kemudian, untuk mempercantiknya kita gunakan fitur “style” fitur ini berada di “ windows à Styles “ maka akan muncul seperti ini pilih sesuai keinginan sesuai selera.
  4. Untuk style yang lainnya klik tanda garis panah dan cari saja satu sesuaikan sesuai selera.
  5. Agar logo tidak memiliki background hapus layer “ background “ caranya doubleklik à ok à Delete
  6. Jika sudah selesai tinggal simpan/save “ CTRL + S “ ubah nama menjadi “logo” dan format menjadi “PNG” simpan di folder “ hotspot à img “

  7. Ok, tampilan akan berubah otomatis.

Untuk merubah alamat kita bisa menggunakan aplikasi notepad++ caranya cukup mudah dan simple saja.

  1. Klik kanan file “ login à edit with notepad++ “

  2. Cari scripnya di baris 67 atau cari saja yang bertuliskan alamatnya, kemudain ganti dengan alamat pembelian voucher wifi kalian.

  3. Simpan “ CTRL+S” dan lihat hasilnya.

Gimana gampangkan? nah untuk teman-teman yang ingin bertanya atau jikalau ada yang kurang jelas  silahkan tanyakan di kolom komentar. Mari kita diskusikan mengenai ilmu mikrotik ini dan semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa share yah :)

Post a Comment for "Tutorial Edit Template Login Mikrotik Sederhana"