Cara Menggunakan SPSS | Membuat Variabel & Input Data Beserta Penjelasannya

Cara Menggunakan SPSS dengan mudah, Cara Membuat Variabel dan Input Data Pada SPSS Statistics, Penjelasan Dasar Penggunaan IBM SPSS Statistics, Materi Dasar IBM SPSS . Dan Cara Memasukan Data ke Dalam SPSS.

     Kali ini saya akan berbagi pengalaman dan ilmu ketika saya pertama kali menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics yang dimana aplikasi ini di tujkan untuk analisis data dan untuk tampilannya seperti database. Jadi Di dalam nya ada Id, Type data, Label, Value, alight dan masih banyak lagi yang lainnya, Nah disini juga kita bisa memberikan sedikit coding (yah untuk pertama kali coba ada bau bau coding nya). Coding disini hanya sebatas Value Label, jadi misalkan : angka 1 mewakili Kendaraan, angka 2 mewakili tempat tinggal dan lain sebaganya.
     Yah dikarnakan saya juga masih pemula jadi hanya mengetahui sebatas itu hhe, nah untuk tutorial kali ini saya akan membuat variabel dan memasukan data nya. Ok kita langsung saja :
Cara Membuat Variabel di IBM SPSS Statistics
 Membuat Variabel (variable) Pada IBM SPSS sebenarnya sangat mudah, dan berikut adalah langkah-langkah nya :
  1. Buka Aplikasi IBM SPSS Statistics nya
  2. Setelah masuk ke bagian halaman kerja, Pilih VARIABLE VIEW dan buatlah variabel seperti berikut :

    Contoh Pembuatan Variable

    Penjelasannya :
    – Name : Name disini bisa di artikan sebagai Id atau inisial, Oleh karna itu tidak bisa memasukan (Spasi) dan jikalau membutuhkan Spasi harus di ganti dengan (_), Nah di sarankan jangan memberi nama yang panjang cukup singkatannya saja.
    – Type : Type disini merupakan type dari variabel nya, sebagai contoh jikalau Variable name nya “NAMA” maka kita menggunakan Type String karna dalam “NAMA” hanya memakai Huruf saja, Sedangkan jikalau Variable Name nya “USIA” maka type variable yang digunakan adalan Numeric karna hanya menggunakan Angka.
    – Width : Batas input Data, misalkan Nama dikarnakan biasanya ada yang panjang makan width nya perbanyak.
    Decimal : angka terakhir setelah titik (.) yah misalkan 2.00
    –  Label : Kepanjangan dari Name Variable nya, misalkan “nama” Label nya “Nama Siswa”
    – Values : Value Label, Biasanya digunakan untuk data yang banyak  atau bisa juga di sebut “yang mewakili”. misalkan angka 1 mewakili SMP, angka 2 mewakili SMA, angka 3 mewakili Universitas. Cara membuat nya adalah sebagai berikut

    Langkah pertama adalah Klik bagian Values pada Variabel sekolah, Kemudian Masukan angka 2 di Value dan Label nya SMA, setelah itu Klik Add dan tekan OK. jadi ketika nanti pas input data kita hanya perlu memasukan angka 2 dan setelah itu akan muncul dan menjadi “SMA”. seperti itu kira-kira
    – Measure : untuk measure, biasanya Nominal digunakan oleh variabel yang type nya string, Scale untuk type variable numeric dan Ordinal digunakan jikalau ada perbandingan.

  3. Selesai…. 
Cara Input Data di SPSS Statistics
Setelah kita membuat suatu Variabel seperti di atas, maka langkah selanjutnya adalah dengan memasukan data nya. Cara nya sebagai berikut :
  1. Masuk ke bagian DATA VIEW kemudian Masukan data sebagai berikut :
    Contoh pemasukan data
    Contoh Input Data

    – Untuk Nama : Masukan Nama siswa nya
    – yysn (Yayasan) : Masukan Na yayasannya
    – sklh (sekolah) : Masukan nama sekolah nya. Nah kan tadi kita telah membuat Value Label nya, jadi kita hanya perlu meng Input kan angka nya saja. Untuk melihat hasil nya Pergi ke View > Value Labels Maka akan muncul data asli nya.
    – Kelas : Masukan data Kelas nya
    – Usia : Masukan Usia Anak

  2. Selesai….
Nah Tutorial di atas hanya sebatas cara membuat Variabel dan cara memasukan data nya saja yah teman-teman… Untuk Tutorial selanjut nya tunggu di postingan berikut nya 🙂

Tinggalkan komentar

x