10+ Pekerjaan & Bisnis Yang Cocok Untuk Kamu Yang Lulusan TKJ | Info Kerja

 

Teknik Komputer dan Jaringan atau Lebih dikenal dengan sebutan TKJ merupakan Suatu Jurusan di Sekolah tingkat SMK yang pada pembelajarannya banyak mempelajari mengenai Komputer & jaringan seperti pemasangan kabel, Setting AP, Setting Mikrotik, Perakitan Komputer, Pemasangan Jaringan, DLL. yang tentunya Lulusan TKJ akan memiliki keahlian dalam bidang komputer dan jaringan, Tapi terkadang siswa/i yang baru lulus dari jurusan TKJ ini selalu bingung dengan apa yang harus dilakukan kedepannya. Bingung apa? Contohnya seperti Mau kerja dimana? Kerja apa? dan banyak Pertanyaan yang membingungkan …

Untuk Kamu yang bingung memilih Pekerjaan atau Bisnis yang cocok untuk Lulusan TKJ, Tenang saja !! karna ada banyak Pilihan untuk mu, kenapa? karna Lulusan TKJ sejati nya adalah mereka yang siap bekerja di lapangan maupun di kantoran …..

Pekerjaan & Bisnis yang Cocok untuk Lulusan TKJ 

  1. Staff Ahli IT
    Wahhhh… Bisa gitu lulusan TKJ bekerja sebagai staff ahli IT? Tentu saja bisa !! karna kemampuan lulusan TKJ bisa dan memiliki dasar dalam pemrograman, jago dalam Komputer dan Jaringan. dan tentunya memiliki kemampuan dalam menganalisa serta mengevaluasi suatu masalah.
  2. Operator Perusahaan / Warnet
    Operator perusahaan itu seperti mengelola suatu prodak ataupun bisa saja sampai menginputkan data produk yang bersangkutan, kemudian untuk operator Warnet merupakan pekerjaan atau bisa juga di sebut bisnis (jikalau warnet milik sendiri) yang tugasnya membuat biling, mengatur jaringan, menjaga, memelihara dan lainnya. 

  3. Teknisi Jaringan
    Nah teknisi jaringan bisa dijadikan Bisnis yang lumayan penghasilannya, Teknisi Jaringan bisa bekerja di Telkom, Tv, Dan lainnya sebagai teknisi lapangan ataupun mentor. kemudian seorang teknisi jaringan bisa juga menjual jasa Setting Mikrotik ataupun pembuatan Jaringan Biling warnet. Sebagai Contoh baca disini Jasa Setting Paket Usaha Wifi Voucheran
  4. Digital Marketing
    Lulusan TKJ Bisa membuat suatu Iklan di Website ataupun di Media Sosial untuk melakukan pemasaran Produk Pribadi ataupun milik orang lain. Pemasaran Produk milik Pribadi sangat banyak dilakukan oleh masyarakat, karna keuntungan dan kemudahan yang sangat menjanjikan. kemudian untuk pemasaran milik orang lain merupakan jasa, yang pada saat ini banyak dilakukan oleh para selegram.
  5. Jasa Service
    Jaa Service ini meliputi Service alat jaringan dan komputer, namun mungkin ini lebih ke service sistem seperti setting Mikrotik, AP, Perakitan, Dll. Hal ini bisa dilakukan karna lulusan TKJ memiliki kemampuan dalam bidang Hardware khusus nya dalam segi alat jaringan dan komputer.
  6. Konsultan Jaringan dan Komputer
    Merupakan Penasihat ataupun bisa dibilang sebagai guru dari komputer dan jaringan, mungkin ini bisa menjadi bisnis dan biasanya hal ini akan dilakukan oleh seorang konsultan bisnis jaringan dan komputer ketikan meraka berjualan dan para klien nya menanyakan banyak hal mengenai komputer dan jaringan.
  7. Blogger 
    Blogger adalah seseorang yang menjadi admin dan pemilik suatu website yang bertujuan untuk menjual jasa, produk ataupun hanya sekedar memberikan ilmu ke masyaraka luas melalui artikel yang di tulisnya. Artikel yang di tulis bisa merupakan tutorial mengenai seputar jaringan dan komputer ataupun penjualan produk. 
  8. Youtube Creator
    Youtuber merupakan mereka yang aktiv dalam dunia youtube dan menjadi creator nya, contohnya membuat konten mengenai tutorial TKJ dan di upload ke youtube yang kemudian akan menghasilkan uang dari adsense.
  9. Teknisi TV Kabel & Rt/Rw NET
    Nah teknisi TV Kabel adalah mereka yang bekerja di bidang per Televisian, pekerjaanya adalah memasang Jalur kabel untuk TV. Kemudian Rt/Rw NET, yang pekerjaannya adalah membuat suatu Usaha Internet Voucheran. Contohnya seperti berikut Setting AP Untuk AP Voucheran
  10. Usaha Komputer dan Jaringan
    Usaha Komputer dan Jaringan Ini bisa dilakukan seperti berjualan alat-alat komputer dan jaringan kemudian di promosikan menggunakan bantuan dari Website dan media sosial. Lulusan TKJ bisa menjadi pengusaha komputer dan jaringan karna memiliki dasar mengenai alat-alat jaringan dan komputer kemudian dalam hal ini merupakan keahlian dari lulusan TKJ sebagai seseorang yang mengerti akan seluk beluk peralatan jaringan dan komputer.
Nah Pekerjaan dan Bisnis di atas merupakan pekerjaan yang umum dilakukan oleh lulusan TKJ, Namun tidak menutup kemungkinan untuk lulusan TKJ ini bekerja di bidang yang lainnya. Contohnya :
  1. Menjadi Guru TIK
    Bisa kah lulusan TKJ menjadi seorang Guru? tentu saja bisa, karna pelajaran TIK merupakan dasar dari pelajaran TKJ, dalam TIk kita belajar mengenai dasar dari komputer, jaringan dasar, desain dasar dan penggunaan aplikasi seperti Ms Office dan beberapa aplikasi desain seperti photoshop dan Coreldraw.
  2. Pegawai Kantoran/ Staff
    Biasanya pekerja kantoran akan bekerja di lingkungan Ms Office dan jaringan internet, jadi ada lulusan TKJ bisa bekerja di kantoran dan menjadi staff.
Nah gimana teman-teman sudah tercerahkan? hhhe semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman semuanya dan jangan lupa share agar meraka yang belum tau bisa tercerahkan 🙂

Tinggalkan komentar

x