20+ Pekerjaan & Bisnis yang Cocok Untuk Lulusan Multimedia | Info Trends

Multimedia merupakan Ilmu yang mempelajari segala ilmu mengenai alat-alat media serta penggunaannya untuk menyediakan informasi, Sebenarnya Multimedia memiliki beberapa arti dan itu tergantung orang yang mempelajarinya. Multimedia memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat, Sehingga Multimedia tidak bisa di pisahkan dengan kehidupan masyarakat saat ini, Untuk lengkapnya Baca disini Manfaat Multimedia dalam kehidupan masyarakat .

Ada Beberapa Hal penting yang harus diketahui sebelum masuk jurusan Multimedia yaitu pelajaran nya apa saja, aplikasi yang digunakan, keahlian yang akan di dapatkan DLL, Baca disini. Dengan Begitu kita akan tahu kemana kita akan melanjutkan sekolah ataupun bekerja & BerBisnis. Dari Pengalaman Penulis ada beberapa pekerjaan yang cocok untuk lulusan Multimedia dan untuk kalian yang lebih suka berBisnis di bandingkan bekerja? tenang saja, karna ada beberapa hal yang lagi tren untuk kalian mulai berbisinis …

Pekerjaan seseorang akan berdasarkan pada keahliannya, contohnya jika seseorang ahli dalam editing Foto maka posisi yang cocok untuknya adalah sebagai editor Foto dan lain sebagainya, tapi untuk kalian yang lulusan Multimedia, bisa di coba pekerjaan atau bisnis berikut :

Pekerjaan & Bisnis Yang Cocok Untuk Kalian yang Merupakan Lulusan MULTIMEDIA :

  1. Service PC/Laptop (Instal Ulang OS & Aplikasi)
    Instal Ulang Laptop/PC bisa dilakukan di rumah, dengan ilmu yang telah di dapatkan di jurusan multimedia kita bisa mendapatkan uang sekitar Rp. 30.000-70.000 untuk 1 laptop/PC yang kita instal ulang OS nya. Kemudian Setelah OS terinstal kita juga bisa langsung menginstalkan aplikasi-aplikasi dasar yang di butuhkan seperti Driver, Ms Office, Pemutar audio, Pemutar Video Dll. Biaya untuk Instal OS ini berbeda-beda sesuai OS yang digunakan.
    Kemudian Untuk instal Aplikasi / Game biasanya di sesuaikan dengan seberapa besar ukuran file yang di inginkan (kalau bajakan) hhe.
    COntoh penginstalan OS : Instal OS
  2. Guru TIK
    Menjadi Guru TIK sebenarnya sangat Mudah karna semua pelajaran yang di ajarkan oleh Guru TIK adalah pelajaran yang setiap hari di pelajari di jurusan Multimedia, Contohnya seperti penggunaan Ms office, Sejarah Teknologi, Internet, Jaringan, alat I/O, Desain grafis dasar, Pembuatan email, Pembuatan Blogger Dll. dan Semua Pelajarang itu pastinya sudah di Kuasai oleh Lulusan Multimedia
    Contoh Pelajaran TIK : Formula dalam Excel
  3. Tools Man
    Tools Man, Pekerjaan ini dilakukan di suatu LAB Sekolah dan bisa di katakan sebagai asisten dari Guru Produktif, Tools Man ini bekerja menyiapkan Alat-alat seperti Komputer, kamera, Printer, jaringan dan semua keperluan Praktik di LAB. Mungkin ini juga termasuk sebagai Guru karna terkadang Tools man ikut membantu mengajar.
  4. Operator Warnet
    Operator Warnet Bekerja menjaga Warnet, Membuat Biling, Mengatur Jaringan, Memperbaiki PC yang Rusak serta merawat PC dan jaringan. Pekerjaan ini sangat berkaitan erat dengan teknisi namun sebagai operator warnet kita memiliki pendapatan yang tidak terlalau besar. JIka kalian menginginkan pendapatan/Bayaran yang besar dari pekerjaan ini maka kalian harus memiliki warnet Sendiri dan jangan bergantung kepada orang lain.
  5. Teknisi Jaringan
    Teknisi Jaringan ini seperti bekerja di Telkom sebagai teknisi, jadi kita memasang jaringan internet, membuat kabel LAN, Menyebarkan Wifi Voucher, Memperbaiki alat jaringan yang tidak beroprasi dengan baik, DLL. Sebagai teknisi jaringan seharusnya kita mendapatkan Bayaran yang lumayan besar karna ketika di lapangan terkadang ada Bonus juga hhe 
  6. Desainer Grafis
    Untuk Desainer Grafis ada 2 yang bisa dilakukan yaitu bekerja di perusahaan percetakan atau membuka Jasa Desainer Grafis di rumah/Toko milik Pribadi Secara online dan offline. Bekerja di suatu Percetakan sangat banyak di lakukan oleh teman-teman yang lulusan Multimedia karna banyaknya lowongan dan kemudahan dalam bekerja (karna lulusan jurusan multimedia biasanya memiliki kemampuan lebih dalam desainer grafis) dan Gaji yang di dapatkan lumayan besar. Namun kalian juga bisa menjual hasil desain secara online dan Offline dan itu akan menjadi peluang Bisnis yang sangat baik dan tentunya pendapatan kalian akan lebih besar.
  7. Fotografer
    Jurusan Multimedia juga mempelajari bagaimana cara mengambil gambar dengan baik dan benar, sehingga lulusan multimedia bisa menjadi seorang fotografer yang handal. Pekerjaan ini juga bisa di barengi dengan Bisnis penjualan bingkai foto atau editing foto, Bahkan kebanyakan pada saat ini propesi Fotografer selalu di barengi dengan bisnis Sewa alat-alat pernikahan dengan pendapatan Jutaan-Puluhan Juta Rupiah. Wow keren kan ? 
  8. Editor Foto
    Sangat Berkaitan dengan Profesi Fotografer, dimana Editor Foto adalah orang yang mengerjakan bagian editing Foto nya seperti penambahan effect, Text dan lain sebagainya. Untuk Pekerjaan ini akan sangat menguntungkan apa bila di gabungkan dengan profesi Fotografer dan bisnis Sewa alat-alat pernikahan dan sejenisnya.
  9. Editor Video
    Editor Video bisa dilakukan Untuk pribadi seperti pembuatan Konten Youtube dan bisa juga bekerja untuk perusahaan atau Team suatu Projek Film. Mungkin untuk lulusan SMK masih terlalu dini untuk masuk ke dunia FIlm yang besar, namun tidak perlu berkecil hati karna ada banyak Film-film pendek yang bisa kalian Buat dan jual, Contohnya seperti Iklan Layanan Masyarakat.
  10. Editor Audio / Pembuat Instrument 
    Pembuat Instrument Lagu bisa dilakukan oleh kalian yang lulusan Multimedia dan memiliki kemampuan di bisang Musik, pembuatan Instrument musik seperti instrument latar, instrument lagu, Dll. Pekerjaan ini bisa dilakukan dengan di berangi bisnis Penjualan alat musik, Rental alat band + Sound. 
  11. Pembuat / Editor Animasi
    Pembuatan Animasi Sederhana seperti animasi 2 Dimensi untuk media pembelajaan atau iklan layanan masyarakat. 
  12. Pembuat Aplikasi Desktop/Mobile Sederhana
    Aplikasi Sederhana ini seperti Media Pembelajaran Interaktif, Media Pembelajaran bisa di jual dengan harga yang lumayan tinggi karna biasanya media pembelajaran akan di jual ke sekolah-sekolah. Contohnya 1 aplikasi di jual dengan harga Rp. 50.000,- X Jumlah Siswa/Kelas = ……
    Pasti hasilnya akan besar bukan? 
  13. Web Desainer
    Web Desainer bisa dikerjakan oleh kalian yang lulusan Multimedia, Web desainer bisa di kerjakan dengan jasa pembuatan Website dengan menggunakan WP ataupun Blogger.
  14. Youtube Creator
    Youtuber saat ini memang sangat Trends, semuanya berlomba-lomba membuat konten yang kreatif dan memiliki manfaat untuk masyarakat luas. Tidak heran karna pendapatan seorang Youtuber sangat besar dan menjanjikan, Namun Pekerjaan ini sangat sulit berjuang di awalnya karna harus mengumpulkan jam tayang dan subscribe yang banyak. Kenapa Lulusan Multimedia bisa menjadi seorang Creator Youtube? alasannya sudah pasti karna lulusan Multimedia mempunya keahlian dalam edting Video. jadi tunggu apa lagi? 
  15. Blogger/WP
    Creator Website, menulis artikel dan mendapatkan pendapatan dari layanan iklan seperti adsense. Bukan hanya dari iklan kalian juga bisa menjual barang / produk  dan jasa di website, jadi kalian harus memanfaatkan Website untuk bisnis kalian. 
  16. Jasa Pembuatan Website
    Jasa Pembuatan Website bisa menggunakan WP ataupun Blogger, Dalam pembuatannya juga sangat mudah karna kalian hanya perlu daftar dan mendesain dengan fitur yang sudah di sediakan yang kemudian nantinya kita hanya perlu membeli Domain dan Hosting. Cara membuat Blogger bisa di baca DISINI
  17. Pembuat Game Edukasi Sederhana
    Pembuatan Game edukasi bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi adobe Flash Profesional atau adobe animate CC, Penggunaanya sama dengan pembuatan animasi. Game edukasi bisa di jual psendiri ataupun dengan memasukannya ke Play Store.
  18. Jual Beli Alat-Alat Komputer dan Jaringan
    Penjualan Alat-alat komputer dan jaringan seperti RAM, HDD, Kabel LAN, DLL. penjualan bisa dengan cara offline (membuka Toko) ataupun secara online dengan bantuan Toko online. Contohnya seperti ini : Paket alat usaha Wifi Voucheran
  19. Pekerja Kantoran / Karyawan
    Pekerjaan ini seperti membuat Surat menyurat, Laporan, DLL. Pkerjaan ini mengutamakan keahlian Sosialisasi dan keahlian dalam penggunaan Aplikasi Ms Office.
  20. Karyawan Bagian Input Data 
    Pekerjaan ini hanya bekerja memasukan data ke komputer, Contohnya memasukan data barang masuk dan keluar, DLL.
Lulusan Multimedia tidak semuanya akan bekerja seperti pada List di atas, namun ada beberapa pekerjaan yang bisanya banyak di ambil oleh lulusan SMA/SMK :
  1. Pegawai Pabrik
  2. Pegawai mini market
  3. Meneruskan Usaha Keluarga
Jadi Daftar pekerjaan di atas merupakan hasil dari riset dari teman-teman lulusan multimedia yang saat ini sudah bekerja. untuk tambahan dan sarannya silahkan sertakan di kolom komentar 🙂 
berbagi informasi itu baik, iya kan ?
Ok terima kasih dan semoga bermanfaat, jangan Lupa Share agar supaya teman-teman yang lain bisa mengetahuinya 🙂

Tinggalkan komentar

x