Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tutorial Membuat Tanda Terima & Kwitansi di Ms Word [Terbaru & Termudah]

Cara Membuat Tanda Terima Barang, Dokumen, Paket, Dan lainnya di Ms Word || Cara membuat Kwitansi untuk Jual Beli, Penagihan dan peminjaman.

Di Tutorial Sebelumnya kita sauda mempelajari mengenai cara membuat Surat Undangan, Daftar hadir Peserta Rapat, Agenda Rapat dan Pengecekan Persiapan Rapat. dan Setelah memahami cara-cara di tutorial sebelumnya maka kita akan langsung belajar mengenai cara berikutnya yaitu tutorial membuat Kwitansi dan tanda terima barang atau dokument.

Ms Word merupakan aplikasi pengolah kata yang sudah sering penulis katakan bahwa aplikasi ini adalah aplikasi populer yang di minati banyak orang untuk keperluan bekerja, belajar, bisnis dan lainnya. Ms word tentunya memiliki banyak Fitur yang keren dan sangat bermanfaat untuk digunakan, salah satunya adalah fitur Table, text, desain yang sering digunakan dalam pembuatan Kwitansi ataupun tanda penerimaan barang dan sejenisnya.

Dalam Tutorial kali ini penulis akan berbagi pengalaman serta tutorial mengenai cara membuat tanda penerimaan/ tanda terima dan cara membuat kwitansi, tanda terima dan kwitansi merupakan 2 hal yang berdekatan dan hampir mirip, jadi kita akan membuat keduanya sekaligus hhhe... untuk pembuatannya sama seperti di tutorial sebelumnya, bahwa kita menggunakan Ms Word pada dokumen kosong dengan posisi kertas Potrait. 

Ok langsung saja ke pembahasannya, 

Cara Membuat Tanda Terima di Ms Word

Tanda Terima dibuat untuk memastikan dan dijadikan sebagai bukti bahwa kamu telah menerima suatu barang, file atau dokument. Dengan begitu jikalau disuatu saat ada suatu kesalahan maka kamu hanya tinggal memberikan tanda terima tersebut sebagai bukti penerimaan atau pengiriman. Berikut cara pembuatannya :

  1. Buka Ms Word dan pilih Blank Dokument dengan posisi kertas Potrait
  2. Buatlah sebuah Kotak dengan cara Klik Insert > Shapes > Rectangle
  3. Ukuran Kotak nya di sesuaikan, sebagai contoh buatlah kotak dengan ukuran 8x15,9 CM
  4. Kemudian Klik Format > Shape fill > No Fill
  5. Setelah Itu Masukan Beberpa Pernyataan seperti pada gambar di bawah ini 
    Penjelasannya :
    - Setelah mengikuti langkah 1-4, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan beberapa isi form seperti pada gambar di atas, kemudian gunakan tanda "_" untuk membuat titik-titik nya.
    - kemudian buatkan kembali Persegi panjang kecil di dalam persegi panjang yang yang pertama dibuat (untuk lebih jelasnya lihat di gambar)
    - di dalam rectangle kecil tersebut buatlah Tanggal, tanda tangan penerima dan yang menyerahkan (seperti pada gambar di atas)
    - dan untuk cap Stempel di letakan di tengah, di antara tanda tangan penerima dan yang menyerahkan

  6. Selesai, Maka hasilnya seperti ini 

Pelajari Versi Video disini:

Cara Membuat Kwitansi di Ms Word

Kwitansi biasanya digunakan untuk keperluan pembayaran, peminjaman dan dijadikan bukti transaksi oleh penggunanya, biasanya kwitansi ini dijual bebas dan banyak bentuk dan desainnya. Namun kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan Ms Word, cara membuatnya pun sangat mudah dan cepat tentunya. Ok kita langsung saja ke tutorial cara membuat kwitasi di ms word :
  1. Buka Ms Word nya dan buatlah dokumen baru dengan posisi kertas Potrait
  2. Kemudian Buatkan 2 Persegi panjang dengan cara Klik Insert>Shapes > Rectangle
  3. Ukuran Rectangle nya sekitar 8x4.36 cm dan 8x14.55 Cm (sesuaikan dengan kebutuhan)
  4. Perseginya di tempatkan berdampingan, ukuran 8x4.36 cm di sebelah kiri dan 8x14.55 cm di sebelah kanan
  5. Kemudian ikuti langkah berikut : Perhatikan gambar di bawah ini


    Penjelasannya :
    - Rectangle 1 : isikan text dengan cara Klik kanan di Rectangle nya kemudian pilih Add Text, Setelah itu masukan No, tanggal, Terima dari, Jumlah, dan Untuk pembayaran.. Tuliskan seperti pada gambar di atas.

    - Rectangle 2 : Isikan Text dengan cara yang sama yaitu klik kanan di rectangle nya kemudian pilih add text dan masukan text sama seperti pada gambar di atas, 

    - Untuk Kolom "Rp", itu menggunakan bangun ruang yang ada di shapes jadi tinggal pilih dan buat saja.

    *tanda titik-titiknya menggunakan tanda "_"

  6. Jika langkah-langkah di atas sudah di ikuti dengan baik maka hasilnya akan seperti berikut :
Pelajari Versi Video disini:

Nah Tutorial di atas merupakan tutorial membuat Kwitansi dan tanda terima menggunakan Ms Word, Tentunya tutorial ini sangat mudah untuk kamu yang sudah mengenal Ms word. dan untuk kamu yang masih belajar, tutorial ini bisa dijadikan alat dan sarana untuk belajar mengenai aplikasi pengolah kata atau Ms Word.

Baca juga Tutorial Lengkap Ms Word Untuk Pemula - Menengan Disni 

Download Contoh Kwitansi & Tanda Terima (File docx) disini.

Post a Comment for "Tutorial Membuat Tanda Terima & Kwitansi di Ms Word [Terbaru & Termudah]"

close