Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Setting ZTE F609 Bekas Indihome Untuk Wifi Voucheran Agar lebih Maksimal (Optimal)

Cara Setting ZTE F609 Untuk Wifi Voucheran Agar lebih Maximal

Selamat malam sobatt wifii.. kali kita akan membahas tentang modem access point yang sedang viral di kalangan pegiat rtrwnet. Modem dengan kekuatan yang tidak perlu ditanya lagi dalam mengghadapi user keroyokan. Modem yang banyak di pakai provider-provider plat merah ini menajdi barang mahal yang susah di cari saat ini, meskipun ada di toko-toko online tapi jarang yang menjual dalam kondisi baru.

Baca juga : Cara Mempercepat Internet Android Yang Jarang Orang Tahu ~2021

Meskipun menggunakan barang second atau bekas, kualitas zte f609 masih sangat mantull. Menggunakan modem ZTE f609 untuk dijadikan access point wifi voucheran memang pilihan yang tepat, karena jangakuan sinyalnya pun bisa sampai 50M stabil.

Cara menyettingnya pun sangat mudah, kita bisa menggunakan hp ataupun laptop, asalkan perangkat yang digunakan bisa terhubung dengan jaringan kabel ataupun wifi. Kita akan berbagi cara setting zte f609 untuk wifi voucheran agar hasilnya maksimal dan bisa tidur nyenyak. Caranya :

1. Pertama sambungakan perangkat pc/hp ke jaringan modem ZTE F609 baik menggunakan LAN ataupun Wifi.

2. Kemudian buka aplikasi Chrome atau aplikasi pencarian lainya. Dan ketikan di kolom URL gateway dari ip modem ZTE F609 yaitu 192.168.1.1 (hard-reset modem jika sulit masuk agar lebih cepat)

3. Kemudian, login menggunakan username dan password


·         Username        = user

·         Password         = user

·         Jika tidak bisa masuk/salah, bisa di lihat di balik modem akan ada username dan passwordnya.

4. Kemudian, kita akan setting dasar untuk kualitas jaringan wifinya. Masuk menu “ Network – WLAN – Basic “ lalu sesuikan seperti


·         Mode   = mixed b/g/n

·         Country = Indonesia

·         Bandwidth = 40Mhz

·         Channel = Auto ( kalo mau manual cari channel yang kosong untuk menghandari interferensi)

·         Submit

5. Setelah itu, kita setting nama atau SSID dari wifi F609 yang akan kita gunakan sebagai access point wifi voucher. Masuk menu “ Network – WLAN – SSID Settings”


·         Enable SSID = yes

·         Maximum client = 32 (max)

·         SSID Name = nama wifinya

·         Priority = 0

·         Submit

6. Kemudian, kita hilangkan atau nonaktifkan fitur keamananya karena akan kita gunakan untuk wifi voucher. Masuk menu “ Network – WLAN -- Security “  kemudian ganti authentication type menjadi open system.


·         Authentication type    = open system

·         WEP Encryption         = disable

·         Submit

7. Kemudian agar setiap port ethernet pada modem zte f609 bisa digunakan untuk wifi voucher, atur fungsi dari setiap port menjadi bridge atau default. Masuk menu “ Network – LAN – Dhcp port service “ ganti semua port LAN menjadi Default.


·         Submit, jika sudah, dan colokan kabel dari server hotspot voucher ke port LAN zte f609

8. Selesai..

Nahh cara diatas bisa kita coba praktekan dirumah. Setelah saya coba sendiri di server, dengan ketinggian sekitar 6 meter  bisa mengcover area sampai 50m dengan sudut 360derajat. Saya menggunakan ZTE F609V3, pembelian di toko online dengan kondisi bekas, karena kalo beli yang baru, harganya lumayan hehe... tapi saya bisa bilang ZTE F609 ini memang recomended untuk digunakan sebagai AP voucheran ataupun untuk pararel biasa saja.

Semoga membantu... tinggalkan dikolom komentar jika masih ada yang kurang jelas...

Baca Juga : Setting Modem ZTE F609 Indihome Basic Wlan dan Lan Untuk Access Point Pararel

Post a Comment for "Cara Setting ZTE F609 Bekas Indihome Untuk Wifi Voucheran Agar lebih Maksimal (Optimal)"