Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Nembak Wifi Jarak 750M Menggunakan Tenda 03 Untuk Disebarkan Kembali

Wireless Internet Service Provider atau biasa kita sebut WISP merupakan fitur yang terdapat pada beberapa perangkat Access Point saat ini. Salah satu keunikan dari WISP adalah bisa menangkap sinyal wireless dan menyebarkanya kembali. Bisa dibilang WISP merupakan mode yang bisa menjadi client sekaligus menjadi server baru dari sebuah jaringan wireless.

Salah satu brand/merk yang sudah menerapkan mode WISP pada produk-produknya yaitu Tenda. Tenda mengahadirkan WISP di setiap produknya baik yang frekuensi 2,4GHz ataupun 5GHz. Produk Tenda memang menjadi primadona tersendiri bagi para pengguna jaringan PTP/PTMP yang sudah terbukti dapat di andalkan di berbagai situasi dan kondisi, terutama kondisi dompet.

Tenda 03 merupakan access point yang paling banyak di gunakan di kelas outdoor 2,4Ghz. Dengan menggunakan tenda 03 kita bisa menerapkan mode wisp untuk PTP/PTMP menggunakan perangkat yang sama tenda03) ataupun menggunakanya untuk keperluan nembak wifi indoor seperti indihoy. Nembak wifi indihor yang jaraknya lebih dari 100 meter mungkin akan sulit dijankau oleh router access point indoor seperti tenda n301. Tapi dengan menggunakan tenda 03 kita sudah buktikan tenda 03 mampu menjangkau router indoor indihoy yang berada 750meter (googlemaps) dari titik enda 03.

Dengan menggunakan WISP kita bisa menembak wifi indihoy dan disebarkan kembali menggunakan tenda 03 tanpa harus menggunakan access point tambahan lagi. Caranya :

1. Sambungkan pc menggunakan port LAN yang terhubung dengan POE dari Tenda 03.

2. Kemudian, buka aplikasi pencarian seperti Chrome atau sejenisnya, dan tuliskan di kolom URL ip dari tenda 03  yaitu 192.168.2.1




3. Setelah berhasil masuk webpig, masukan username dan password admin

·         Username   = admin

·         Password    = admin

4. Kemudian, masuk menu “Quick Setup” dan pilih mode yang akan kita gunakan yaitu WISP. Tekan next.


5. Disini Tenda 03 akan mulai mencari jaringan wifi yang tersedia. Kemudian pilih wifi indihoy yang akan kalian tembak.


6. Nahh, pilih channel yang sama dengan yang router indohoy gunakan agar proses transmisi nya lebih maksimal. Jika tidak tahu pilih saja “auto”. Dan masukan juga password dari wifi indihoy dengan benar.


7. Kemudian, pilih DHCP(dynamic) agar tenda 03 mendapatkan ip otomatis.


8. Kemudian, setting SSID & Password wifi tenda 03 seusuai dengan keinginan kalian.


9. Setelah itu, setting ip untuk client tenda 03 kalian. Jika ip router indihoy 192.168.1.1 kalian bisa menggunakan 192.168.4.1 atau yang lain bebas saja  agar tidak bertabraan ip.


10. Kemudian tekan “save” untuk menyimpan konfigurasi dan melakukan proses booting.

Dengan menggunakan settingan seperti diatas atau WISP kita bisa terhubung dengan router yang jauh bahkan router tersebut berada di dalam ruangan. Mode WISP tidak perlu menambahkan access point lagi untuk menyebarkan akses internetnya kembali ke client yang akan terhubung di dekatnya, cukup menggunakan tenda 03 sebagai client dari indohoy dan server untuk client didekatnya.

Posisi atau penempatan tenda 03 haruslah dalam keaadaan loss atau berada di ketinggian yang cukup. Posisi dari tenda 03 haruslah mengarah langsung ke titik pusat router indihoy. Penyesuaian channel juga perlu di perhatikan agar proses transmisi data lebih maksimal.

Semoga tutorial ini membantu,, jangan lupa share jika bermanfaat..

Baca Juga : Basic Setting ZTE F609 v3 WLAN-LAN-Estapet

4 comments for "Nembak Wifi Jarak 750M Menggunakan Tenda 03 Untuk Disebarkan Kembali"

  1. apakah harus menggunakan dua tenda 03 (yang satu untuk pengirim, yang satu untuk penerima) ?? atau bisa hanya satu tenda 03 saja (sebagai penerima)???

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kondisi lapangan kak, kalo ingin nyenyak tidur saya sarankan pakai dua untuk PTP..

      Delete
  2. klo pke wisp ya cuma 1 tenda o3 ... dia kan kerja ganda .. nangkap sm nyebar klo wisp

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupss betul kak, WISP akan bertindak sebagai client sekaligus server..

      Delete