Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Setting PPPoE Client Tenda 03 Untuk Access Point Outdoor Di Rumah

Point to Point Protocol Over Ethernet (PPPoE) merupakan protocol jaringan yang mengenkapsulasi suatu frame PPP kedalam sebuah Frame Ethernet. PPPoE banyak digunakan karena dinilai dapat mengamankan jaringan client server yang digunakan dari suatu serangan tangan jahil seperti netcut. PPPoE menggunakan proses autentication untuk client agar bisa terhubung dengan server, PPPoE akan memberikan IP berdasarkan username pengguna.

Tenda 03 merupakan router sekaligus access point yang sudah support dijadikan PPPoE client. Produk dari tenda memang selalu menghadirkan fitur-fitur yang kumplit di setiap serinya. Tenda 03 sangat cocok untuk digunakan sebagai Access Point Outdoor baik difungsikan sebagai client atau sebagai server jaringan internet.

Ada 3 jenis cara untuk menghubungkan tenda 03 dengan internet (ISP) yaitu DHCP, Static, dan PPPoE. Dengan menggunakan mode PPPoE client diharuskan login atau melakukan proses autentikasi user sesuai identitas yang telah di buat di server PPPoE.

Contoh kasus, saya berlangganan internet 10mbps ke isp swasta menggunakan mode PPPoE. Karena saya ingin menyebarkan wifi saya lebih jauh dari biasanya, saya menggunakan Tenda 03 sebagai access pointya. Caranya :

1. Pertama, kita nyalakan dul Tenda 03 menggunakan PoE.

2. Kemudian kita sambukan laptop/pc untuk meremote ke ethernet LAN pada PoE Tenda 03.

3. Setelah itu buka pc/laptop dan buka aplikasi pencarian seperti Chrome atau sejenisnya.

4. Kemudian, ketikan di kolom URL default gateway tenda 03 yaitu 192.168.2.1

5. Kemudian, login sebagai admin menggunakan username dan password (admin-admin).


6. Setelah itu masuk menu “Quick Setup” agar lebih simple mengerjakannya dan pilih mode “Router”.


7. Kemudian, karena kita akan menggunakan PPPoE client agar diberikan ip oleh server, pilih tipe koneksinya “PPPoE” dan masukan username beserta password PPPoE client dengan benar.


8. Nahh, disini kita sesuaikan SSID dan password untuk wifi tenda 03 milik kita. Agar sinyal wifi menjadi lebih enak atur chanel ke channel yang masih kosong (jika bingung bisa auto).


9. Kemudian, tekan “save” untuk menyimpan hasil settingan PPPoE client kita. Hasilnya tenda 03 akan mendapatkan ip dari server PPPoE seperti ini.


10. Selesai, selamat menggunakan internet.

Menggunakan mode router PPPoE setiap client yang terhubung dengan Tenda 03 tidak perlu memasukan lagi usernam dan password PPPoE client lagi, cukup dengan memasukan password yang kita buat di step nomor 8. Tenda 03 menggunakan antena sectoral yang artinya hanya maksimal untuk area depan saja (hadapanya) sekitar 600 tapi jangkauan sinyalnya akan cukup jauh tidak seperti access point indoor biasa karena tenda 03 dirancang khusus untuk PTP bukan untuk client hp/laptop.

Baca Juga : Menghubungkan Tenda 03 Menggunakan Mode Router Static IP

Post a Comment for "Setting PPPoE Client Tenda 03 Untuk Access Point Outdoor Di Rumah"