Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tutorial Dasar Adobe Animate CC Untuk Pemula Hingga Menengah [Lengkap]

 Adobe Animate CC merupakan Versi terbaru dari adobe flash. Fungsi dari Adobe Animate masih sama dengan adobe flash yaitu untuk merancang dan embuat seuatu animasi serta game atau aplikasi berbasis Andorid, ios dan Desktop.


Tutorial Dasar Adobe Animate harus dipelajari agar kamu bisa dengan mudah mengembangkan aplikasi atau game yang akan di buat dengan menggunakan adobe animate CC. Tutorial dasar ini berupa pembuatan animasi dasar, Button, Media seperti (audio, Video, gambar) dan pembuatan aplikasi android.

Ada banyak Tutorial dasar yang harus di kuasai dan penulis sudah menyusunnya agar teman-teman bisa memahaminya dengan baik. Tutorial dasar adobe animate CC ini disusun sesuai pengalaman penulis yang dulu pernah membuat suatu game berbasis Mobile dengan menggunakan Adobe Animate CC.

Teori Multimedia Sebagai Dasar Pemahaman Projek Adobe Animate 

Sebelum kamu mempelajari Tutorial dasar dari adobe animate. Kamu harus mengetahui Teori dari Multimedia, Kenapa? hal itu agar kamu mengerti dan paham maksud dari pembuatan Projek Multimedia. 

Sejarah Multimedia

Sejarah Multimedia dalam dunia pendidikan sudah lahir sejak lama. Bahkan pada tahun 1966 sudah dikembangkan CAI, Namun Perkembangan yang sesungguhnya diawali pada tahun 1990 dengan adanya komputer berbasis multimedia. Untuk selengkapnya baca disini Sejarah Multimedia | Perkembangan Multimedia dalam Dunia Pendidikan

Sistem Multimedia

Sistem Multimedia berasal dari terkumpulnya komponen-komponen Multimedia yang kemudian bersatu dan membentuk suatu sistem. Sistem Multimedia, Komponen Multimedia dan Contohnya

Komponen Multimedia

Ada beberapa komponen dalam Multimedia seperti Text, Grafik, Gambar, Video, Animasi, Audia dan Interaktiv. Untuk penjelasannya ada disini Penjelasan Komponen Multimedia

Keunggulan Multimedia

Ada banyak keunggulan dari Projek Multimedia terutama dalam bidang Pendidikan, Bisnis dan Marketing. 

Tutorial Dasar Adobe Animate CC

Tutorial ini bisa kamu pelajari disini. Penulis sudah membuatnya dan kamu hanya perlu memilih tutorial yang dibutuhkan dan kemudian Klik Link tautannya. Berikut Merupakan beberapa Tutorial Dasar Dari Adobe Animate CC yang perlu kamu kuasai dengan baik.

Cara Memulai Menggunakan Adobe Animate CC

Untuk kamu yang baru mengenal adobe animate CC bisa mempelajari dasar dari penggunaan adobe animate CC disini. Kamu akan dibimbing dari awal hingga bisa memulai membuat suatu Projek.

Import dan Export Media di Adobe Animate CC

Memasukan Media seperti audio, gambar dan video di adobe animate CC dan kemudian Export Media Serta Publish Projek adalah hal yang paling dasar yang harus kamu pelajari.

Cara Menambahkan dan Menggunakan Scene di Adobe Animate CC

Scene merupakan area kerja dari adobe animate. Kamu bisa menggunakan beberapa scene untuk mempermudah dalam membuat suatu projek. dengan adanya scene yang banyak (sesuai kategori) kamu bisa membuat suatu projek dengan rapih dan jelas.

Cara Membuat Objek 3D Menggunakan Adobe Animate CC

Meskipun Adobe Animate Bukanlah aplikasi yang khusus Membuat Objek 3D, Namun dengan menggunakan adobe animate ini kamu bisa membuat suatu objek 3D. Kegunaan dari Objek 3D ini untuk media dalam suatu projek aplikasi atau game. Jadi kamu bisa membuat kursi, meja dan objek lainnya langusung di Adobe Animate nya.

Membuat Animasi Sederhana Menggunakan Adobe Animate CC +Gambar

Membuat animasi Classic Tween dan Shape Tween di adobe animate CC. Animasi ini adalah animasi dasar dari penggunaan animasi pada adobe animate CC. Dengan memahami tutorial animasi dasar ini kamu bisa dengan mudah mengembangkan ke tehnik selanjutnya.

Membuat Animasi Dengan Classic Motion Guide di Adobe Animate CC

Animasi Classic Motion Guide Merupakan animasi yang membuat objek berjalan sesuai lintasan yang kita buat. Jadi ketika kamu membuat suatu objek dan menggunakan Classic Motion Guide maka objek tersebut bisa di jalankan sesuai jalur yang ditentukan.

Tutorial Membuat Animasi Masking Menggunakan Adobe Animate CC

Animasi ini merupakan jenis animasi yang mampu membuat suatu objek tak terlihat kemudian terlihat kemabali. itu seperti pembuatan lampu senter di malam hari, dimana objek yang gelap dan sebagian dari objek tersebut bisa diperlihakan.

Cara Membuat Animasi Burung Terbang di Adobe Animate

Membat suatu animasi bergerak dengan Objek Burung. Kamu bisa menggunakan Tehnik Frame By Frame dan kemudian memadukannya dengan Desain yang sangat simple dan Pas. Penulis sudah menyiapkan Gambar Bahan Animasinya. 

Tutorial Membuat Animasi Orang Berjalan di Adobe Animate CC | Frame By Frame

Membuat animasi berjalan dengan geraka yang sama dengan aslinya bisa kamu buat di adobe animate. Tutorial ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang hobi membuat Film Animasi. Tehnik yang digunakan adalah Frame By Frame dan mudah untuk di ikuti dan di pelajari.

Tutorial Membuat Animasi Pemutar Musik Menggunakan Adobe Animate CC

Membuat Suatu animasi Musik bar yang sama seperti dalam aplikasi pemutar musik. Kamu bisa menggunakan keahlian kamu dalam mendengarkan irama musik dan mengaplikasikannya kedalam suatu animasi musik bar.

Tutorial Membuat Button Back, Next & Home di Adobe Animate

Membuat Button di Adobe Animate CC adalah hal wajib kamu kuasai, Dengan menggunakan Button kamu bisa menjelajah halaman dengan mudah dan para pengguna akan lebih nyaman menggunakan Projek yang kamu buat.

Tutorial Membuat Button Exit & Notification di Adobe Animate CC

Tombol Exit adalah Tombol yang wajib ada. Karna dengan adanya tombol Exit beserta Notifikasinya akan memudahkan pengguna untuk keluar dari aplikasi dan game yang kamu buat. Notifikasi Tombol Exit ini berfungsi untuk memberikan Pilihan kepada pengguna apa benar "YA" mau keluar atau "TIDAK".

Tutorial Membuat Tampilan Full Screen di Adobe Animate CC

Tombol Full Screen dan Restore sangat diperlukan dalam aplikasi atau game berbasis Dektop. Seperti pada aplikasi atau game desktop pada umumnya selalu memiliki fitur Full Screen. dan kamu bisa membuatnya dengan menggunakan adobe animate CC.

Tutorial Adobe Animate : Membuat Aplikasi & Game Android | Panduan Pertama

Membuat aplikasi atau game berbasis android menggunakan Adobe Animate CC membutuhkan beberapa langkah dan salah satunya adalah membuat Certificate dan Lisensi. Kamu harus mempelajari dasarnya dan tutorial lengkapnya ada disini. Klik Judul untuk mempelajarinya

Script untuk memanfaatkan tombol asli android di adobe animate cc / adobe flash AS3

Di setiap Perangkat Android selalu ada tombol bawaan (Default Button) dan di adobe animate kamu bisa menyisipkan Script untuk menggunakan Tombol Tersebut. Hal itu akan memudahkan kamu dalam membuat suatu Project Aplikasi, media pembelajaran dan game berbasis Mobile.

Membuat Terjemahan Bahasa Inggris di Adobe Animate

Dalam Game Atau aplikasi Berbasis Andoroid, Ios ataupun Desktop. Alangkah baiknya kalau kita menambahkan fitur bahasa/terjemahan. Hal itu bisa kita atasi dengan menggunakan Tehnik Movie Clip yang bisa kamu pelajari disini.

Cara Menambahkan Google Maps di Adobe Animate

Google Maps atau lebih tepatnya adalah Tombol yang menuju Google map bisa kamu buat di adobe animate dengan script khusus. Google maps ini berguna sekali untuk type aplikasi yang menyediakan jasa atau Marketing. Kamu bisa menaruh Google maps dan di arahkan ke toko atau perusahaan kamu.

Script AS3 Untuk Menggerakan Objek di Adobe Animate CC

Untuk menggerakan suatu objek dalam game kamu memerlukan Script untuk Mengontrol Objek tersebut. Apakah objek nya akan bergerak ke kanan, kiri, atas, bawah atau berputar. Dengan Script ini kamu bisa dengan mudah membuat suatu game berbasis android, ios maupun desktop.

    Nah Itu adalah tutorial dasar dari adobe animate CC untuk pemula hingga menengah. Kamu bisa mempelajarinya dengan mudah dan jelas serta disediakan juga Versi Video nya. Pelajari semuanya dan kemudian kembangkan lagi agar kamu bisa membuat projek yang siap untuk di pasarkan.

    Baca Juga : 20+ Pekerjaan & Bisnis yang Cocok Untuk Lulusan Multimedia | Info Trends

Post a Comment for "Tutorial Dasar Adobe Animate CC Untuk Pemula Hingga Menengah [Lengkap]"

Berlangganan via Email