Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Setting Mikrotik untuk Pemula Hingga Menengah [Lengkap]

Neicytekno.net - Cara Setting Mikrotik atau biasa disebut dengan Konfigurasi Router Mikrotik merupakan langkah-langkah dalam penerapan dan pembuatan Topologi jaringan Komputer dari awal hingga akhir (Mikrotik siap Pakai). Mikrotik digunakan untuk menyambungkan antar jaringan 1 ke jaringan lainnya sehingga proses transfer data akan lebih cepat.

Ada banyak Settingan Mikrotik yang bisa kamu gunakan, Salah satunya adalah untuk keperluan membuat Usaha Wifi RT/RW Net.  Dengan menggunakan Mikrotik kita bisa membuat Voucher Hotspot, Block Game, Blok Site, Mengatur Trafik, Mengatur Bandwith dan lainnya. Nah dalam artikel kali ini penulis akan membagikan Settingan Mikrotik untuk kamu yang sedang Belajar.

Cara Setting Mikrotik untuk Pemula Hingga Menengah

Materi Mikrotik

Sebelum melakukan Setting Pada Mikrotik. Alangkah baiknya jika kamu mempelajari materi Mikrotik terlebih dahulu. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan pemahaman terhadap semua Komponen dan bagian yang ada pada Mkrotik.

Perbedaan Backup Import dan Export

Backup merupakan langkah untuk menyimpan semua Settingan yang telah kita buat di mikrotik dengan Format .backup namun settingan ini tidak akan bisa di baca oleh Notepad, Sedangkan Export digunakan untuk menyimpan data dengan Format .rsc yang bisa di buka menggunakan Notepad atau aplikasi sejenisnya.

Cara Mencatat dan Melihat Aktivitas User di Mikrotik

Firewall Logging bisa digunakan untuk mencatat semua aktivitas yang melewati router. Nah Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk melihat catatan aktivitas yang telah terjadi.

Penjelasan Virtual Access Point Mikrotik

Virtual Access point merupakan salah satu dari Fitur Mikrotik yang berfungsi untuk membuat beberapa SSID dalam satu Interface. Jadi cara kerjanya hampir sama seperti cara kerja VLAN yang menggunakan satu interface untuk beberapa Segment.

Perbedaan Fungsi Mikrotik dan Access Point

Mikrotik dan Access Point Merupakan 2 Alat yang berbeda dan tentunya memiliki Fungsi yang berbeda pula. Oleh sebab itu, Sebelum kamu mempelajari settingan Mikrotik maka alangkah baiknya jika kamu mempelajari Materinya terlebih dahulu.

Setting Mikrotik

Aplikasi yang umum digunakan untuk Setting Router Mikrotik oleh pengguna ada 3 yaitu : 
  • Putty
  • Winbox
  • Web Browser

Aplikasi di atas merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna. Namun pada dasarnya masih banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan. Tapi Penulis sarankan untuk menggunakan salah satu dari ketiga aplikasi di atas.

Konfigurasi Dasar Mikrotik

Settingan dasar mikrotik merupakan langkah awal dalam belajar menggunakan Mikrotik. Jadi kamu harus menguasai dasar dari Konfigurasi/Settingan Mikrotik sebelum melanjutkan ke tahap sebelumnya. Settingan Dasar Mikrotik ini seperti Menghubungkan Mikrotik dengan internet, Static IP, DHCP Server dan lain sebagainya. 

Setting Mikrotik Untuk Manajemen User

Kita bisa membatasi hak akses User/Pengguna yang terhubung ke Jaringan Mikrotik. Hal itu dimaksudkan untuk melindungi jaringan dari orang lain yang tidak bertanggung jawan. User Management Bisa membatasi hak akses pengguna sesuai leverl user tersebut. Untuk mempelajari settingan lengkapnya baca disini.
Pelajari disini : 

Settingan untuk Blok Jaringan di Mikrotik

Dengan menggunakan settingan ini kamu bisa membatasi aktivitas dari IP Address yang ditentukan. Contohnya adalah, Kamu bisa mengijinkan atau memblok IP tertentu dalam aktivitas jaringan menggunakan Firewall Filter. Perlu diketahui bahwa cara kerjanya sama dengan menyaring data.
Untuk lebih jelasnya, Pelajari disini :

Settingan Mikrotik untuk Blok Situs

Saat ini sudah banyak situs yang tidak relevan dengan pembelajaran anak di bawah umur. Semua itu menjadi masalah karna penggunaan Internet sudah merasuki kehidupan pembelajaran anak-anak. Untuk itu, Kita harus Blok Situs yang sekiranya tidak Relevan dengan kebutuhan anak-anak dan masyarakat. Blok Situs Menggunakan Mikrotik sangat mudah untuk di ikuti.
Pelajari disini :

Upgrade dan Downgrade Router OS Mikrotik

Router Operation System Mikrotik bisa kamu Upgrade atau Downgrade dengan mudah. Kamu bisa menggunakan cara manual atau otomatis. Namun pada praktiknya harus dipahami setiap langkah tutorialnya serta memhami setiap dampak dari aktivitas tersebut.

Setting Bridge Pada Mikrotik

Menggabungkan 2 Segment LAN menjadi satu output yang sama. Dengan menggunakan Bridge, Kamu bisa menggabungkan beberapa teknologi yang berbeda salah satunya Wirelles.

Setting Limit Bandwidth Mikrotik

Dalam Settingan ini kamu bisa membuat username dan Password untuk membatasi penggunaan internet Klien. Kemudian pengguna yang tidak di kehendaki bisa di blok (Dilarang menggunakan Internet).
Baca Tutorialnya disini : 

Setting Komputer Client Pada Jaringan DHCP Server Mikrotik

DHCP Server Merupakan metode pendistribusian alamat IP Client. Netmask, Gateway, DNS Server, Domain dan lainnya. Metode Pendistribusian tersebut dilakukan secara otomatis kepada setiap klien yang terhubung kepada Server.

Streaming Youtube Menggunakan Winbox

Kamu bisa menonton Video Youtube dengan menggunakan aplikasi Winbox. Caranya sangat gampang dan hampir sama dengan menggunakan Windows pada normalnya. Namun, Sebagai teknisi dan pelajar mikrotik, Kamu harus bisa melakukan settingan ini.

Setting Static IP Address Client Server Mikrotik

Penggunaan IP Static Private digunakan untuk memperkuat pengamanan, Hal itu membuat settingan IP Static harus menuliskan IP secara manual. Kemudian Jaringannya berada dalam 1 segment. Untuk lebih jelasnya Pelajari disini : Impelementasi Sederhana Static IP Address Client Server Mikrotik

Setting Pisah Trafik Mikrotik

Settingan ini digunakan untuk mengatur Trafik penggunaan Internet. Seperti mengatur Trafik Game, Sosmed, Browsing dan lainnya. Settingan ini sangat bermanfaat untuk kamu yang membuka usaha RT/RW NET.
Pelajari disini : 

Settingan Bypass Kecepatan Jaringan Mikrotik

Kamu bisa menambah kecepatan access Internet dengan memberikan Hak Khusus kepada salah satu Klien. Jadi Hak akses yang diberikan berbeda dengan Pisah Trafik pada umumnya. Untuk lebih jelasnya silahkan pelajari tutorialnya disini : Cara Bypass Kecepatan Speedtest di Mikrotik

Settingan Mikrotik (Tambahan)

Ada beberapa Settingan Mikrotik Dasar Untuk Pemula beserta Scriptnya. Untuk mempelajarinya, Pilih Judul Artikel yang kamu butuhkan : 

Perintah Menambahkan IP Address Mikrotik Berbasis CLI [Telnet-Terminal]

Mengatasi Sharing Koneksi Wifi Voucher Pada Android Keluaran Terbaru

Script Konfigurasi MikroTik RTRWnet Auto Connect [Copy Paste]

Logika Penggunaan Action Accept dan Drop Firewall Mikrotik

Post a Comment for "Cara Setting Mikrotik untuk Pemula Hingga Menengah [Lengkap]"