Cara Blokir Speedtest di Mikrotik – Layer 7 Protocol

Neicytekno.net    –    Kecepatan dan kesetabilan internet merupakan faktor utama dalam mengelola jaringan internet kita. Speedtest merupakan aplikasi berbasi web yang berguna untuk menampilkan kecepatan maksimal jaringan internet yang kita gunakan saat ini. Kecepatan speedtest bukan kecepatan real ketika kita mendownload atau upload suatu file dari internet. Kecepatan real yang digunakan dalam mendownlaod atau upload suatu file disebut dengan trouhput. rumus umum nya adalah besar file/waktu pengiriman data.

Jaringan yang tidak menggunakan pisah trafik speedtest akan sangat terganggu ketika ada user/client yang melakukan speed test. Ketika melakukan speedtest trafik router kita akan mengalami delay beberapa saat sampat proses dari cek koneksi menggunakan speedtest selesai. Hal ini karena speedtest akan menggunakan kecepatan maksimal yang kita miliki sehingga trafik menjadi padat dan berat. Akibatnya akan ada user yang mengalami down sementara, tentu hal ini akan sangat mengganggu terutama bagi client yang sedang bermain game online, ping game akan langsung membengkak.

    Untuk mengatasi hal tersebut selain dengan menggunakan pisah trafik yang sudah kita jelaskan sebelumnya, kita bisa juga melakukan pemblokiran terhadap content-content yang berbau dengan speedtest tersebut. Banyak cara untuk blokir speedtest menggunakan mikrotik. Salah satunya dengan menggunakan Layer 7 Protocol. Caranya bisa menggunakan aplikasi winbox ataupun aplikasi berbasis comandpromt, kita akan coba menggunakan aplikasi winbox, caranya masuk menu “Ip–firewall–layer7protocol–add”

gambar regexp speedtest layer 7 protocol
  • Name = Speedtest
  • regexp = ^.+(speedtest|speedtest.net|speedtest.com).*$
ip firewall layer7-protocol add name=Speedtest regexp=”^.+(speedtest|speedtest.net|speedtest.com).*\$”
Langkah tersebut merupakan cara untuk menangkap konten-konten yang berhubungan dengan speedtest. Setelah mendapatkan konten speedtest langkah selanjutnya adalah membuat rule/aturan untuk memblokir konten tersebut. caranya masuk menu “ip–firewall–filters–add”

gambar blok situs speedtest
  • chain = forward
  • layer 7 protocol = Speedtest (yang dibuat sebelumnya)
  • action = drop (untuk membelokir contentya)
ip firewall filter add chain=forward layer-7-protocol=Speedtest action=drop
Langkah konfigurasi untuk blokir situs speedtest sudah selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan pengetesan terhadap hasil konfigurasi kita. caranya kunjungi situs-situs yang menyediakan layanan speedtest, apabila pc atau client tidak bisa mengaksesnya berarti konfigurasi kita telah berhasil.

blokir situs speedtest.cbn.id

Jika rule diaktifkan dan berhasil maka akan nampak sperti diatas, rule drop akan menunjukan adanya trafik yang masuk ketika kita mengakses speedtest tandanya konfigurasi kita berhasil.

Menggunakan layer 7 protocol hanya salah satu pilhan saja dalam memblokir sebuah site atau konten-konten tertentu, masih banyak cara lagi dalam menggunakan fitur-fitur mikrotik yang lainya.

Tinggalkan komentar

x