Aplikasi Untuk Membuka dan Memainkan File* .SWF di PC/Laptop

 Adobe Animate atau Adobe Flash menghasilkan File yang bernama Swf File yang bisa dibuka dengan menggunakan aplikasi khusus. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi Flash Player dan beberapa aplikasi serupa lainnya,

Dalam Artikel kali ini penulis akan berbagi pengalaman mengenai 2 aplikasi yang cocok dan ringan untuk membuka dan memainkan File* SWF. Aplikasi yang cocok untuk membuka dan memainkan file swf adalah :

  1. SWF Player
  2. Flash Player
Ketika kamu membuat suatu project di adobe animate atau adobe flash. Kamu bisa menyimpan file hasil kerjanya dalam bentuk file SWF yang hanya bisa kamu jalankan menggunakan 2 aplikasi di atas. Sebenarnya banyak aplikasi yang bisa digunakan, Namun ke 2 aplikasi di atas adalah aplikasi yang ringan dan mudah untuk digunakan.

Membuka File .Swf Dengan Menggunakan SWF Player

Swf Player Merupakan aplikasi gratis yang digunakan untuk membuka file .Swf dan memiliki fitur yang cocok dan nyaman untuk kamu gunakan dalam suatu project. Ukuran dari layar Swf Player akan otomatis mengikuti projek yang kamu buat sehingga kamu tidk perlu merubahnya lagi.

Download Aplikasi Swf Player

Untuk Download Swf Player kamu bisa menggunakan Site Resminya dan mendownload file aplikasinya disana. Atau kamu juga bisa download aplikasi Swf Player disini

Cara Instal Aplikasi Swf Player 

  1. Download aplikasinya
  2. Jalankan (Run)
  3. Setelah aplikasinya di buka, Maka akan tampil halaman berikut.

    Tekan Next

  4. Pilih “I Accept the Agreement ” Kemudian Tekan Next

  5. Tentukan lokasi penyimpanan dan Tekan Next
  6. Tekan Next
  7. Tekan Next Lagi
  8. Tekan Install dan tunggu Proses nya hingga selesai
Jadi Untuk Menginstal aplikasi Swf File tidak ada pengaturan khusus. Dan kamu hanya perlu menekan tombol NEXT saja hingga proses Instal selesai.

Cara Menggunakan Aplikasi Swf Player

Untuk membuka file Swf bisa langsung dilakukan dengan cara Klik kanan di Swf File nya > Open > Play. Namun jika aplikasi SWF Player nya belum di Setting Default maka kamu harus menggunakan cara ini : 
  1. Klik Kanan di Swf File nya
  2. Pilih Open With….
  3. Cari dan Pilih SWFFilePlayer dan tekan OK
  4. Kemudian Tekan Play
*Kekurangan dari aplikasi ini yaitu tidak bisa mengoprasikan Tombol Minimiza dan FullScreen. Karna dalam aplikasi ini sudah di set otomatis sesuai ukuran layar project yang dibuat.

Membuka File .Swf Dengan Menggunakan Flash Player

Memutar File .Swf sangat di rokemendasikan dengan menggunakan aplikasi Flash Player. Flash Player Bisa mengoprasikan Tombol Minimize dan FullScreen serta Ringan Untuk digunakan. 

Sebenarnya Tombol FullScreen di suatu aplikasi jarang digunakan karna hal itu hanya berlaku untuk Desktop saja. Dan kebanyakan Untuk saat ini para pengguna telah beralih ke Air For Android yang sudah mampu menyesuaikan ukuran layar tanpa haru menggunakan scripr Minimiza dan Fullscreen.

Download Aplikasi Flash Player

Download aplikasi Flash Player disini 

Cara Menggunakan Aplikasi Flash Player

Cara menggunakannya sama seperti aplikasi sebelumnya. Kamu bisa langsung menggunakannya dengan cara Klik Kanan di File Swf > Open. Namun jikalau kamu menggunakan aplikasi Flash Player yang Portable, Maka kamu harus menggunakan aplikasi ini dengan cara : 
  1. Buka aplikasi Flash Player nya
  2. Pilih FIle > Open
  3. Klik Browser dan Cari File dengan Format .Swf
  4. Kemudian tekan Open 
  5. Terakhir, Tekan OK
Nah itu adalah 2 Aplikasi yang di rekomendasikan untuk membuka file dengan format Swf File. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa banyak aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk membuka file swf. Namun Penulis sarankan untuk menggunakan aplikasi di atas karna ringan dan simple dalam penggunaannya.

Tinggalkan komentar

x