Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Buku Ekspedisi di Excel | Contoh Format Buku Ekspedisi

Buku Ekspedisi merupakan buku yang digunakan untuk mengantar surat dan digunakan juga sebagai tanda terima surat. Contoh Format Buku Ekspedisi ini bisa dibuat dengan menggunakan beberapa aplikasi namun dalam tutorial kali kita akan membuat Contoh Format Buku Ekspedisi di Ms Excel.

Sebelum Membuat Buku Ekspedisi, Alangkah baiknya kamu mempelajari cara membuat Buku Agenda Surat masuk dan keluar serta mempelajari cara membuat Buku Verbal. Untuk Tutorialnya silahkan pelajari disini : 

Setelah mempelajari kedua cara di atas maka kamu siap untuk membuat buku Ekspedisi. Buku Ekspedisi di buat dengan tujuan untuk mengantar dan sebagai tanda terima surat. Jadi sebelum membuat Buku Ekspedisi lebih baik mempelajari cara membuat agenda surat serat Verbalnya.

Contoh Format Buku Ekspedisi di Excel

Contoh Format Lembaran/Buku Ekspedisi adalah seperti ini : 


Untuk cara Pembuatannya, Ikuti langkah-langkah berikut ini ....

Cara Membuat Buku Ekspedisi :

  1. Buka Ms Excel nya dan kemudian buatlah Worksheet Baru
  2. Buat Bagian Kepala atau KOP nya, Perhatikan Gambar berikut ini : 
    Keterangannya :
    *Masukan Text Seperti pada gambar di atas atau  (Masukan Text sesuai perusahaan dan alamatnya)

    * Gunakan Jenis Huruf Arial/Times New Roman dengan Ukuran Font 14 pt. Kemudian Berikan Efek Bold. Khusus Untuk Bagian "Buku Ekspedisi" Beri Ukuran Font Sedikit lebih besar contohnya dengan ukuran Font 16 pt dan di beri Efek Underline.

  3. Setelah itu buatlah Bagian judul kolomnya. Perhatikan Gambar di bawah ini : 
    Keterangannya : 
    *Buatkan Judul Kolom dengan text seperti pada Gambar di atas.
    *Gunakan Jenis Huruf Arial dengan Ukuran Font 10 pt dan di beri efek Bold (Tebal).
    *Untuk Menggabungkan Cells, Caranya adalah dengan seleksi Bagian cells yang akan digabungkan, kemudian pergi ke Tab Home > Merge & Center

    *Untuk Membuat Tulisan Berada di tengah Cells, aktifkan Cells nya kemudian pergi ke Tab Home > Middle Align dan Center. Kemudian Gunakan Wrap Text untuk membuat tulisan yang pajang menjadi Pas di Cells.

  4.  Beri Borders Pada Tabelnya. Dengan cara Seleksi semua bagian Tabel Dari Judul Kolom Ke bagian Bawah, Kemudian Pergi ke Tab Home > Borders > All Borders
  5. Langkah Terakhir adalah dengan memberikan Warna Pada Bagian Judul Kolomnya. Dengan cara seleksi bagian Judul Kolomnya kemudian Pergi Ke Tab Home > Fill Color, Pilih Warna yang sesuai dengan kebutuhan.
  6. Selesai.. Hasilnya akan Sama seperti pada Gambar Pertama di atas.
Jadi Itulah cara untuk membuat Buku/Lembaran Ekspedisi. Kamu bisa membuatnya di excel karna di excel kamu akan dimudahkan dengan penempatan Text dan tabelnya. Buku Ekspedisi ini digunakan untuk mencatat dan membuat Laporan Penerimaan Surat serta Pengantar Surat.

Pelajari Versi Video-nya disini dan dapatkan Password untuk Unprotect Sheet Excel-nya:

Download Contoh Buku Ekspedisi (File xlsx) disini.

Post a Comment for "Cara Membuat Buku Ekspedisi di Excel | Contoh Format Buku Ekspedisi"