4 Aspek Ancaman Keamanan Informasi dalam Komputer / Jaringan Internet

Neicytekno.net – Aspek Ancaman Keamanan Informasi dalam Komputer harus di pahami serta di cari solusi untuk mengamankannya. Saat ini banyak sekali pertukaran Informasi yang dilakukan masyarakat dengan menggunakan Perangkat Komputer / Komputerisasi melalu jaringan internet. Bahkan setiap detiknya selalu ada pertukaran Informasi yang terjadi. 

4 Aspek ancaman Keamanan Informasi

Ada beberapa Aspek ancaman keamanan yang hingga saat ini sudah di jelaskan oleh para ahli. Sehingga kita sebagai masyarakat mampu untuk mempelajari serta berhati-hati dalam menggunakan media Informasi, Khususnya dalam berinteraksi di Dunia Maya / Internet.

4 Aspek Ancaman Keamanan Informasi dalam Komputer

Ada 4 Aspek Ancaman Keamanan yang hingga saat ini sudah dijelaskan oleh Ahli, Berikut Ringkasan Penjelasannya : 

Interruption

Interruption merupakan suatu ancaman keamanan yang mengancam terhadap ketersediaan Informasi. Jadi Data yang ada pada sistem Komputer  bisa di hilangkan, di rusak  atau di hancurkan. Sehingga ketika suatu saat nanti kamu membutuhkan informasi tersebut maka informasi yang di butuhkan sudah tidak ada. Contohnya seperti Virus yang mampu menghancurkan sistem informasi Komputer. Nah untuk mengatasinya kita harus menutup akses orang lain terhadap sistem komputer kita.

Interception

Interception merupakan suatu ancaman yang menargetkan Kerahasiaan Informasi yang di simpan. Informasi yang di rahasiakan bisa di ambil atau di sadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Biasanya hal ini terjadi ketika komputer atau jaringan yang kamu gunakan bisa di akses oleh orang lain, Sehingga orang tersebut mampu mencari dan mengambil informasi yang bersifat rahasia.

Modifikasi

Modifikasi merupakan ancaman yang berkaitan dengan Integritas. Jadi Ketika kamu melakukan suatu percakapan dan pertukaran informasi, Kemudian ada seseorang yang mampu menyadap serta mengubah isi informasi maka hal itu di sebut Modifikasi. Biasanya hal itu terjadi ketika ada seseorang yang berhasil menyadap “Lalu Lintas” pengiriman Informasi yang sedang dilakukan kemudian orang tersebut dengan sengaja merubah informasi sesuai dengan keinginannya.

Fabrication

Fabrication merupakan ancaman keamanan terhadap Integritas. Ancaman ini berupa “Pemalsuan” informasi yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi Ancaman ini bisa dilakukan oleh siapapun, Orang yang tidak berhak berhasil memalsukan atau meniru informasi yang sudah ada yang kemudian di kirimkan kepada orang lain. Sehingga orang yang menerima informasi tersebut, mempercayai informasi yang diterimanya.

Nah itu adalah 4 Aspek ancaman keamanan Informasi dalam jaringan komputer. Untuk itu kita harus selalu berhati-hati dalam menggunakan teknologi Informasi dan Komunikasi. Karna pada dasarnya banyak celah yang bisa digunakan orang lain untuk mengakses keamanan Jaringan Informasi kita.

Baca Juga : 

Tinggalkan komentar

x