Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Konfigurasi Masquerading Pada Mikrotik Agar Terhubung ke Internet

Neicytekno    - Mikrotik merupakan sebuah routerboard dan router OS yang digunakan untuk kepentingan networking/jaringan lokal maupun jaringan luas seperti internet. Mikrotik merupakan router yang sangat bisa diandalkan dalam mengatur trafik dan manajement bandwidth berdasarkan protocol, ip address, port, file, dll. Sehingga Mikrotik dinilai dapat lebih fleksibel dibandingkan dengan router-router lain.

Dari segi konfigurasi mikrotik lebih mudah karena sudah support GUI (Graphical User Interface) atau sudah menggunakan tampilan antar muka untuk melakukan konfigurasi. Selain GUI Mikrotik juga support CLI (Command Line Interface) seperti perangkat router lainya.

Dalam Konfigurasi Mikrotik tidak terlalu sulit dan mudah untuk dipelajari di rumah baik itu menggunakan routerboard ataupun menginstall RouterOS di aplikasi virtual seperti virtualbox. Konfigurasi dasar mikrotik salah satunya adalah mengoneksikan mikrotik ke internet. Seperti yang kita ketahui bahwa ip lokal pada sebuah jaringan lokal mikrotik belum bisa terkoneksi ke internet.

Bagaimana cara mengoneksikan jaringan lokal mikrotik ke Internet?

caranya kita bisa menggunakan fitur firewall masquerad, atau biasa di sebut masquerading konfigurasi. aturan ini bekerja seolah-olah ip privat menyamar menggunakan ip publik sehingga dapat dengan bebas mengakses jarigan internet. Cara setting firewall sangat gampang..

contoh topologi:

ether1 -- ISP (Sebagai Sumber internet)

ether2 -- Lokal (Sebagai Jaringan Lockal)

#GUI

  1. Setting Mikrotik menggunakan winbox
  2. masuk menu " ip -- firewall -- nat -- add"
konfigurasi masquerading mikrotik

  • chain = srcnat
  • out-interface = ISP (arahkan ke sumber internet)
  • action = masquerading
bagaimana jika hanya ip tertentu saja yang akan boleh terkoneksi dengan internet?
caranya sangat mudah, tinggal mengisi src-address dengan ip yang boleh terkoneksi dengan internetnya. Contoh Ip yang boleh terkoneksi dengan internet adalah ip dari 192.168.2.3-192.168.2.7, maka 
konfigruasi masquerade untuk ip tertentu
#CLI
kita juga bisa menggunakan baris perintah pada terminal, dengan mengetikan
ip firewall nat add chain=srcnat src-address=192.168.2.3-192.168.2
.7 out-interface=ISP action=masquerade

Baca Juga : Konfigurasi Dasar Mikrotik Untuk Pemula

*Catatan

jika ingin menggunakan script diatas pastikan atau rubah nama interface sumber internet menggunakan ISP atau script diatas ganti menggunakan interface yang kalian gunakan.

Post a Comment for "Konfigurasi Masquerading Pada Mikrotik Agar Terhubung ke Internet"