Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Setting Mikrotik Lengkap Dengan Winbox pdf

Neicytekno.net    - Dalam banyak kesempatan kita banyak mengulas berbagai cara menyetting router mikrotik baik menggunakan Winbox untuk versi GUI dan Telnet untuk versi CLI. Mikrotik merupakan sebuah perangkat jaringan yang serba guna dalam mengelola layanan sebuah jaringan. Mikrotik juga merupakan bagian dari kurikulum pendidikan menengah di indonesia terutama sekolah kejuruan seperti Teknik komputer & Jaringan yang menjadikan Mikrotik salah satu pelajaran yang wajib dikuasai.

download modul konfigurasi dasar mikrotik untuk pemula

    Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa mikrotik banyak digunakan untuk memanajemen sebuah jaringan baik lokal maupun jaringan yang lebih luas seperti internet. Maka dari itu mikrotik juga banyak digunakan di kantor-kantor, sekolah, hotel, dan tempat-tempat lain yang membutuhkan layanan manajemen jaringan. Dengan menggunakan Mikrotik kita akan bnayak dimudahkan, misalnya kita diberi tugas untuk menghubungkan 55 komputer dan harus membagikan internet 100mbps kepada setiap komputer dengan catatan semua harus mendapatkan kecepatan yang sama ketika di gunakan bersama. Artinya setiap 55 komputer itu aktif kita harus membagikan sekitar 1,5mbps untuk setiap komputer dan mendapatkan full bandwidth 100mbps ketika hanya 1 komputer yang menggunakan internet. Dengan adanya Mikrotik pekerjaan itu bisa dilakukan hanya menggunakan 1 router saja dan tidak perlu menyetting satu-satu setiap komputer yang akan terhubung.

    Tidak hanya itu, mikrotik juga bisa digunakan untuk keperluan bisnis lohhh, seperti warung internet (warnet)  dan sewa komputer, kemudian wifi voucher atau yang biasa digunakan oleh pengusaha RTRWNET (mini ISP) dan masih banyak ide lain yang bisa kita kembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Banyak sekali kegunaan dari mikrotik secara umum sebagai berikut:

- Routing (dynamic & static)

- Hotspot Server (Biliing wifi/warnet voucher)

- PPPoE Server

- Filter Paket Data (yang keluar/masuk router)

- Manajemen Bandwidth (QoS)

Pada dasarnya mikrotik merupakan perangkat yang dapat memenajemen suatu aktivitas pada jaringanya. Neicytekno sudah membuat artikel-artikel terkait yang dapat diperaktekan dengan mudah. 

Dengan berjalannya waktu dan kepercayaan viewers setia neicytekno yang banyakan memberikan saran untuk membuatkan versi dokumentasi ofline atau modul yang berbentuk pdf tentang konfigurasi dasar mikrotik seperti cara mengoneksiakan dengan internet, static ip. dynamic ip, hotspot server dll. Kami akan mencoba membuatkan modulnya yang bisa di download gratis. Disini.

Baca Juga : Konfigurasi Dasar Mikrotik Untuk Pemula

2 comments for "Setting Mikrotik Lengkap Dengan Winbox pdf "

Berlangganan via Email