Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengetahui Tipe Perangkat yang Terhubung Dengan Mikrotik

Neicytekno    - Hallo gaess, kali ini kita akan sedikit berbagi tips dalam mengelola jaringan hotspot yang kita miliki terutama pengguna router mikrotik. Router mikrotik merupakan alat jaringan yang cocok digunakan di kantoran, sekolah, atapun tempat-tempat bisnisi seperti warkop, cafe, dll. Mikrotik sangat bisa diandalkan dalam bidang tersebut karena dalam segi manajement trafik keluar masuknya data dapat kita atur sesuai degangan kebutuhan.

Tidak hanya dalam memanjement trafik mikrotik juga sangat ahli dalam mendeteksi paket-paket yang ada di internet sehingga lebih mudah mengelompokan atau memetakan suatu aturan berdasarkan paket-paket tersebut.

Di mikrotik juga bisa mendeteksi brand perangkat atau tipe hp/laptop yang client gunakan yang diambil dari nama hostnya. caranya kita bisa lihat di lease. caranya:

#Melihat Tipe Perangkat Menggunakan Winbox

  1. Pertama buka aplikasi winbox yang sudah terhubung dengan mikrotik
  2. kemudian, masuk menu " ip -- DHCP Server -- Leases "
  3. Maka akan tertera informasi perangkat yang terhubung dengan mikrotik kita, termasuk host/tipe hp yang digunakan client.
    cara melihat perangkat yang terhubung dengan winbox

#Melihat Tipe HP Menggunakan Script

  1. Pertama buka aplikasi telnet/ssh/putty/termnil mikrotik atau sejenisnya yang sudah tersambung dengan mikrotik.
  2. kemudian tuliskan scrip  
ip dhcp-server lease print
cara mengetahu perangkat yang terhubung dengan mikrotik dengan putty script
Nahh mudah bukan? sekarang kita tidak perlu khawatir jaringan kita di bobol orang, dengan cara ini kita bisa mengetahui perangkat yang terhubung dengan jaringan wifi/lokal kita. namun perlu di ingat bisa saja perangkat yang client gunakan telah merubah hostnya. Jadi tetap Waspadalah.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Tipe Perangkat yang Terhubung Dengan Mikrotik"