Setting Alamat IP Address Laptop & Komputer Dengan Mudah

Neicytekno    – selamat malam teman neicy, kali ini kita akan membahas hal yang paling dasar sebelum kita melangkah lebih jauh pada seting-setting perangkat jaringan menggunakan pc/laptop yaitu setting alamat IP atau IP address dari pc atau laptop kita. Nahh apa sihh kegunaan alamat ip ketika kita akan menyetting perangkat jaringan ataupun hanya untuk terhubung peer to peer dengan pc lain? 

    Nahh jawabanya sangat penting. Alasanya adalah agar bisa saling terhubung satu sama lain, baik itu pc dengan pc ataupun pc dengan perangkat lain, nahh oleh karena itu  tentu saja kita harus saling mengenal terlebih dahulu untuk menjalin hubungan yang lebih dalam, nahh untuk saling mengenal pasti kita punya identitas masing-masing yang unik dan berbeda satu dengan yang lain. Alamat ip juga seperti itu, ia akan berperan sebagai identitas dari perangkat yang menggunakanya yang bersifat unix (berbeda).

    Nahhh untuk menyetting alamat ip pada pc sangatlah mudah dan simple, kita bisa  mencoba menggunakan 3 cara yang biasa kita lakukan.

#Cara_Pertama

Yaitu masuk menggunakan control panel dan mengikuti arahannya, caranya:

  • Buka Control Panel
  • kemudian masuk ke Network and Internet
    masuk ke  control panel untuk setting alamat ip

  • kemudian masuk ke Networik and Sharing Center
  • kemudian masuk menu change adapter setting
  • maka akan muncul adapter (LAN/Wireless/sbgnya)

  • setelah itu, kita setting alamat ipnya. 
misal kita akan menyetting alamat ip dari jaringan wirelessnya maka, kita klik kanan pada adapter “wirelesss” kemudian masuk ke menu “properties — internet protocol version 4 (IPv4)” dan setting alamat ipnya baik itu menggunakan Dynamic/DHCP ataupun menggunakan alamat ip static, sesuaikan dengna kebutuhan.
Setting sebagai DHCP/Dynamic maka kita hanya perlu menyentang “Obtain an IP Address Automatically” dan  tekan “OK” selesai.

setting dhcp komputer atau laptop

Untuk Setting static ip, kita bisa menekan pilihan “use the following ip address” dan masukan alamat ip sesuai dengan segmen ip dari perangkat lawan.

setting alamat ip static komputer / laptop


#Cara_Kedua

cara ini masih sama seperti cara pertama namun ini akan terlihat lebih simple karena kita tidak perlu menjalankan poin ke satu sampai ke tiga. caranya 
  • klik kanan icon wifi/jaringan (biasanya ada di pojok kanan)
    icon wifi pc/laptop

  • kemudian masuk ke Open Network and Internet Setting
  • setelah itu tekan Change adapter setting
#Cara_Ketiga
cara ini akan lebih simple lagi karena hanya menggunakan dua langkah saja. yaitu
  • tekan kombinasi tombol keyboard secara bersamaan (Windows+R)
  • ketikan (ncpa.cpl) tanpa tanda kurung

    Untuk cara setting ip addressnya sama saja seperti pada cara pertama, yang penting tahu adapter mana yang akan disetting/digunakan, karena kita menggunakan wifi agar terhubung dengan router maka kita setting adapter wirelessnya, namun jika kalian menggunakan kabel LAN settingnyapun harus pada adapter LAN. 

lokasi file untuk setting alamat ip komputer

    Untuk cara masuk ke menu settingnya bisa kalian pilih mana yang lebih simpel dan mudah kita sendiri lebih sering menggunakan cara kedua karena sudah kebiasaan dan cukup simple.
Setalah mengetahui ini jangan lupa pelajari cara lainya di neicytekno.

Tinggalkan komentar

x