Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Blokir User Menggunakan Fitur Hotspot Mikrotik

Neicytekno    - Mikrotik merupakan sebuah routerOS yang sangat berguna dalam memanajemen jaringan komputer baik jaringan lokal ataupun publik. Tidak hanya dalam bentuk OS Mikrotik juga hadir dengan Routerboard dengan beragam spesifikasi dengan harga yang sangat terjangkau untuk sekelas router yang canggih.

Salah satu fitur yang sangat berguna adalah Hotspot yaitu fitur yang memungkinkan setiap user harus melewati autentikasi kode (username&password) untuk terhubung dengan jaringan internet dari router. Fitur ini sering digunakan pada billing komputer warnet dimana dapat membatasi akses internet berdasarkan waktu, kuota, dll.

Namun tidak selamanya setiap user harus melewati proses autentikasi atau memasukan kode/voucher atau bisa disebut user spesial dengan menggunakan bypass perangkat client seperti artikel yang sudah kita buat sebelumnya. Selain Bypass kita juga dapat melarang/memblokir client/user agar tidak bisa mengakses jaringan hotspot atau tidak bisa terhubung sama sekali berdasarkan perangkatnya. Caranya:

Syarat Blockit Perangkat

  • Harus mengetahui MAC Address dari Perangkat yang akan diblock

1. Pertama buka server hotspot mikrotik menggunakan aplikasi winbox. dan masuk ke menu " IP --  Hotspot --  IP Binding -- Add"

2. Kemudian tambahakan

Blockir user hotspot mikrotik dengan mac address

  • Mac Address = 12:3d:::: (isi dengan mac address target)
  • server =  all (/arahkan pada server hotspot yang digunakan)
  • Type = Blocked
Dengan cara ini client/target tersebut tidak akan bisa terkoneksi ke jaringan hotspot baik menggunakan ip dynamic ataupun static karena sudah kita black list di server kita.
Cara ini sangat ampuh dan yang paling mudah dalam mem-blokit sebuah perangkat tertentu baik hp, laptop, komputer, router, ataupun perangkat lainya yang memiliki mac address.
Tapi cara ini tidak sepenuhnya aman karena jika berhadapan dengan router/hp yang dapat merubah mac address sesuai dengan keinginannya kita harus menyettingnya kembali sesuai dengan mac address yang baru.

Post a Comment for "Cara Blokir User Menggunakan Fitur Hotspot Mikrotik"

close