Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Peralatan Multimedia Pembelajaran

Neicytekno.netPeralatan Multimedia yang sering digunakan dalam Pembelajaran Jurusan Multimedia sangat beragam. Dari mulai PC sampai ke perangkat Kamera Digital. Semua itu digunakan dalam pembelajaran Multimedia. 

Peralatan Multimedia Pembelajaran

Peralatan Multimedia yang digunakan di Jurusan Multimedia SMK sangatlah banyak. Sesuai dengan pengalaman penulis ketika masih belajar di bangku SMK Jurusan Multimedia, Ada Banyak Peralatan Multimedia yang digunakan untuk keperluan belajar sampai ke Persiapan kerja. Nah dalam artikel ini, Penulis akan membagikan pengalaman ketika masih belajari di SMK Jurusan Multimedia.

Peralatan Multimedia Pembelajaran

Di Sekolah Jurusan Multimedia, Kita akan mempelajari Peralatan Multimedia dari mulai dasar-nya yaitu Input-Proses-Output. Kemudian berlanjut ke Peralatan Multimedia seperti Kamera dan lainnya. Berikut merupakan Contoh Alat Multimedia Pembelajaran Beserta Fungsinya.

Peralatan Multimedia :

  1. Komputer / Laptop

    Belajar di Jurusan Multimedia, Kita akan selalu berteman dekat dengan Komputer/Laptop. Setiap Praktik, Kita akan melibatkan Komputer untuk Editing ataupun pembuatan suatu projek. Penggunaan Komputer atau laptop dilengkapi dengan aplikasi pendukung seperti Adobe atau Corel (Tergantung kebutuhan).

    Apakah Jurusan Multimedia Harus memiliki Komputer/Laptop?? Setiap sekolah memiliki Lab Komputer. Dengan begitu, Jurusan Multimedia juga memiliki Lab Komputer yang bisa digunakan oleh Siswa/i. Namun jikalau kamu memiliki Perangkat Komputer/Laptop sendiri, Itu lebih bagus.

  2. Kamera Digital

    Di Jurusan Multimedia, Kita akan belajar mengenai Teknik Pengambilan Gambar. Penggunaan Kamera Digital sangatlah penting, karna nantinya kita akan di ajarkan untuk Editing Foto dan juga Fotografer dasar.

    Apakah Jurusan Multimedia harus memiliki Kamera Digital?? Jika kamu memiliki cita-cita untuk menjadi seorang Fotografer, Maka kamu harus memiliki Kamera Digital. Alasannya adalah karna di sekolah fasilitas Kamera-nya terbatas. Namun, Kamu bisa menggantinya dengan HP yang bagus untuk Kamera (Untuk Belajar/Alternatif).

  3. Kamera Video

    Selain dari Teknik Foto, Di Jurusan Multimedia juga akan di ajarkan membuat Film Pendek. Dengan begitu, Siswa/i akan diajarkan cara penggunaan Kamera Video untuk mengambil Setiap Scene Video.

    Apakah Jurusan Multimedia harus memiliki Kamera Video?? Karna Harga-nya yang lumayan mahal, Maka Penulis menyarankan untuk menggunakan alat yang sudah disediakan oleh Sekolah. Namun jikalau kamu memiliki cukup uang, Maka lebih baik untuk memilikinya sendiri. Seperti Kamera Digital, Kita juga bisa menggunakan HP dengan kamera yang bagus untuk alternatif pembelajaran.

  4. Webcam

    Webcam sangat diperlukan untuk siswa/i jurusan multimedia. Webcam merupakan Kamera Real-Time yang biasanya sudah terpasang di Laptop. Atau kamu juga bisa membeli alat yang sama secara terpisah.

  5. Peralatan Jaringan

    Meskipun Jurusan Multimedia, Namun kamu juga harus mempelajari Peralatan Jaringan seperti membuat Kabel Lan dan lainnya. Hal itu bisa membantu kamu dalam Proyek besar. Kita bisa menggunakan Peralatan Jaringan untuk Sharing File dan lainnya.

  6. Proyektor

    Dalam pembelajaran Multimedia, Kita memerlukan Proyektor untuk memperbesar layar Komputer/Laptop. Alat ini digunakan untuk Presentasi Projek yang dibuat oleh Siswa/i Jurusan Multimedia. 

  7. Scanner

    Sebelum membuat suatu Projek animas ataupun Video, Biasanya kita akan diminta untuk membuat suatu Storyboard di buku catatan. Nah kita bisa Scan Storyboard dengan menggunakan Scanner, Agar File-nya bisa ditampilkan di Perangkat Komputer.

  8. Printer

    Printer sangat diperlukan untuk mencetak hasil Foto, Vector ataupun Hasil Editing Projek. Selain itu, Kita juga bisa menggunakan Printer untuk mencetak File Dokumen yang diperlukan dalam pembelajaran Multimedia.

  9. Headset

    Headset merupakan gabungan dari Headphone dan Mikrofon, Artinya kita bisa mendengarkan dan berbicara menggunakan Headset. Alat ini seringkali digunakan untuk berkomunikasi serta membuat Audio untuk kepentingan Projek Multimedia.

  10. Handphone

    Saat ini sudah banyak perangkat Smartphone yang sangat baik digunakan untuk keperluan Multimedia. Dengan adanya HP, Kita bisa mengambil gambar dan video dengan sangat mudah. Selain itu, kita juga bisa membuat Projek multimedia di HP dengan bantuan aplikasi pendukung.

Sebenarnya Peralatan Multimedia Pembelajaran sangat banyak. Namun, 10 Alat Multimedia di atas merupakan alat yang umum digunakan di kalangan masyarakat dan Pendidikan. Untuk itu, Silahkan pelajari lebih lanjut mengenai alat Multimedia dengan menggunakan Buku dan pengalaman.

Baca Juga :

Post a Comment for "10 Peralatan Multimedia Pembelajaran"