Review Printer Epson L1110 Untuk Usaha Percetakan Rumahan

Neicytekno    – Membuka usaha percetakan rumahan menjadi peluang yang sangat menjanjikan saat ini dimasa pandemi ataupun dalam situasi normal masih banyak orang yang ingin mencetak dokumen ataupun foto hampir setiap hari selalu ada. Apalagi dimasa anak-anak sekolah belajar tatap muka biasanya akan banyak tugas yang mengharuskan mereka mencetak tugas tersebut seperi makalah, laporan, dan tugas-tugas lainya.

ide usaha percetakan rumahan

Salah satu printer yang berkualitas dan cukup terjangkau adalah printer Epson L1110. Printer L1110 saat ini berada di kisaran Rp. 1.800.000 – Rp. 2.100.000, harga tersebut merupakan harga printer ketika harga sedang naik-naiknya (septermber – 2021) yang bisa saja turun kembali suatu saat. 

Review Printer Epson L1110 Untuk Usaha Percetakan Rumahan

Spesfikasi Epson L1110 juga sudah mendukung untuk cetak foto professional menggunakan 4 warna dasar tinta yang digunakan yaitu Magenta/merah, Cyan/biru, Yellow/kuning, Black/hitam sehingga hasilnyapun sangat memuaskan. Tinta yang rekomendasi untuk digunakan percetakan rumahan pemula adalah tinta Ori yang masih berbasis air/dye dengan kode produk 003. 
Epson L1110 ini memiliki bobot sekitar 2,7 kg, printer yang cukup ringan untuk produk epson, dengan desain yang elegan dan masa kini yang memiliki ukuran 375 x 347 x 169 mm. L1110 mampu mencetak menggunakan kertas yang memiliki lebar max 33cm atau kertas F4.
Dengan menggunakan L1110 tinta Ori kita bisa mencetak banyak dokumen seperti laporan, makalah, print hitamputih/warna, cetak foto, sertifikat, poster, kartu undangan, sticker, dll. Sehingga sangat cocok digunakan dalam usaha rumahan saat ini. Dengan menggunakan ide kreatif printer ini juga dapat kita manfaatkan untuk membuat produk lain seperti jam costum, ganci/gantungan kunci, wall decor, dan masih banyak lagi.

Dalam menggunakan printer ini juga kita harus pandai memilih bahan yang digunakan dan cara penggunaanya. contohnya:
  1. Printer ini belum support scaner jadi kita tidak bisa melakunakn scan/copy dokumen.
  2. Mencetak foto menggunakan kertas yang terlalu tebal akan memberikan bekas gerigi pada hasil foto yang dicetak. Maka saran saya gunakan kertas dengan ketebalan dibawah 230 gsm (<230gsm). Atau lepas gerigi plastik di bagian dalam printer.
  3. Gunakan driver epson l1110, yang bisa kita download atau kita install file yang ada pada cd bawaan saat kita membeli printer. Alasan harus menginstall driver asli adalah untuk mendapatkan fitur dan kualitas yang beragama untuk mencetak dokumen/foto sehingga hasil akan menjadi maksimal.
  4. Selalu gunakan tinta yang aman digunakan oleh head printer l1110, untuk pemula saya rekomendasikan menggunakan tinta ori 003, jangan tergiur harga murah karena itu akan berpengaruh terhadap head.

Selebihnya Epson L1110 memang sangat recomend untuk usaha pemula terutama untuk yang kurang paham terhadap printer, disamping itu sperpart printer epson cukup murah dibandingkan dengan sprepart merk lain. 
artikel ini saya buat sesuai dengan pengalama  saya dalam menekuni dunia percetakan terutama pada saat awal-awal buka, semakin kita mendapat masalah akan semakin banyak ilmu yang kita dapat, ditambahk kita bisa memanfaatkan forum-forum media sosial untuk berdiskusi tentang produk kreatif, ataupun pemecahan-pemencahan masalah yang mungkin telah orang lain alami sehingga kita bisa berdiskusi dan mendapatkan ilmu baru.

Tinggalkan komentar

x