Menggunakan Mode Client Tenda 03 Untuk Nembak Wifi Voucheran

Neicytekno    – Mode Client tenda 03 merupakan salah satu fitur Wireless Router dimana kita bisa menerima dan menyebarkan kembali trafik atau layanan tersebut ke perangkat lainnya. Perlu diingat Tidak semua router access point memiliki fitur mode Client meskipun satu merk yang sama. Mode client biasanya digunakna untuk melakukan PTP/PTMP (Point To Point/Point To Multi Point) dengan jarak tempuh yang cukup jauh, biasanya router yang sudah terintegrasi mode client adalah router dengan jenis Router Outdoor. salah satunya Tenda 03.
    Mode client sangat mirip dengan mode-mode wireless router lainnya seperti WISP, Repeater atau Range extender, WDS, dsb. Perbedaan ini terletak dari cara pendistribusian jaringan internet atau trafik yang dihasilkan dari menembak jaringan wifi ke client dibawahnya, dengan menggunakan WISP kita menyebarkannya kembali melalui jaringan wireless tersebut, namun pada mode client kita hanya bisa menggunakannya untuk menembak saja tidak bisa secara sekaligus sambil menyebarkannya, dan jika ingin menyebarkannya kembali kepada yang lain haruslah menambahkan router tambahan sebagai pemancarnya (access point).
    Disini akan penulis jelaskan bagaimana cara menggunakan mode client pada tenda 03 untuk menembak jaringan wifi voucheran. Seperti yang penulis jelaskan sebelumnya bahwa menggunakan mode client tidak cukup menggunakan tenda 03 saja atau router yang menggunakan mode client saja, melainkan harus ada access point lain untuk menyebarkannya baik itu melalui wireless ataupun kabel. Disini penulis menggunakan beberapa bahan:
  • Tenda 03 (untuk menembak wifi menggunakan mode client)
  • Target Wifi voucher
  • Tp-link wr840n
  • kabel lan
  • laptop/hp

Cara Nembak Wifi Menggunakan Mode Client di Tenda 03

1. Pertama nyalakan perangkat Tenda 03 menggunakan POE yang ada
2. Sambungkan Tenda 03 dengan laptop baik itu melalui kabel LAN atau Menggunakan Wireless/Wifi, (Jika menggunakan kabel masukan kabel lan yang tersambung dengan laptop ke port LAN pada POE)
3. Kemudian buka aplikasi pencarian seperti Chrome atau browser lainnya, dan ketikan dikolom URL dengan alamat IP dari tenda 03 yaitu 192.168.2.1 (ip bisa saja berbeda lihat dibagian belakang tenda 03)
4. Maka akan langsung diarahken tamplikan login ke localhost tenda 03, disini kita harus masuk sebagai admin dengan menggunakan username=admin dan password=admin.

Login Tenda 03
Login Tenda 03

5. sebelum melakukan setup mode client, kita matikan dulu fitur “transparent bridge” di menu “Wireless — advanced”

Transparent Bridge
Transparent Bridge

6. Untuk menggunakan mode client, Masuk ke menu “Quick Setup — Client”
7. disini akan discan jaringan wifi yang tersedia (termasuk wifi voucher), pilih jaringan wifi voucher yang akan tembak, kemudian tekan next,

Scanning Wifi
Scanning Wifi

8 maka akan muncul alamat ip yang akan digunakan oleh lan tenda 03, jadi usahakan jangan sama dengan alamat ip wifi voucher agar kita bisa masuk kembali ke localhost misalkan ip wifi voucher adalah 192.168.3.1 maka kita gunakan untuk tenda 192.168.2.1 (yang penting beda).
9. tekan save. 

Nahh ini baru menyetting dari sisi tenda yang menggunakan mode client, kita harus menambahkan dan menyetting lagi tplink wr840 yang telah kita sediakan sebelumnya menggunakan mode Access Point (AP).

Cara Setting Tplink Menjadi Mode Access Point

1. Pertama sama seperti router lain, kita sambungkan terlebih dahulu dengan laptop baik menggunakan jaringan wifi ataupun kabel.
2. Setelah tersambung buka aplikasi pencarian seperti Chorme, Browser, atau sejenisnya. dan kertikan dikolom URL tplinkwifi.net tau alamat ip router tplink 192.168.0.1
3. kemudian masuk ke localhost menggunakan akun admin dengan menggunakan username=admin dan password=admin,
4. Setelah itu masuk ke menu “Quick Setup” dan pilih mode AP kemduian tekan next,

Mode AP Tplink
Mode AP Tplink

5. Terakhir atur nama wifi/ssid dan passwordnya jika ingin menggunakan.

SSID dan Password Tplink
SSID dan Password Tplink

6. tekan “save” selesai.

Sekarang proses setting dikedua perangkat sudah selesai langkah selanjutnya adalah instalasinya dengan cara menghubungkan antara tenda 03 dengan tplink wr840. Caranya sambungkan menggunakan kabel lan:

“Port LAN di Tenda 03 —–> Port WAN Tplink”

Terakhir..

Login Voucher
Login Voucher

Sambungkan hp atau laptop kalian ke jaringan wifi tplink, tunggu beberapa saat, akan langsung diarahkan ke tampilan login voucher untuk memasukam kode voucher yang dibeli sebelumnya. Masukan kode voucher dengan benar dan selesai.
Kelemahan mode client menurut penulis diantaranya:
  • Memerlukan access point tambahan
  • tidak bisa digunakan banyak user
ini hanya pengalaman penulis, jika ada yang pernah mengatasi hal seperti diatas tolong tulis dikomentar,, terimakasih..:)

Tinggalkan komentar

x