Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengganti Tema LMS Moodle - Elearning

Neicytekno - MOODLE (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) merupakan perangkat lunak berbasis web server yang digunakan untuk melakukan pembelajaran melalui media teknologi informasi atau biasa disebut dengan E-learning. Pada penggunaanya Moodle lebih dikenal dengan LMS (Learning Management System) untuk proses belajar dan pembelajaran berbasiskan halaman web. LMS menyediakan fitur kelas virtual sebagaimana kelas dalam bentuk rill dan seorang pengajar atau administrator dapat menambahkan konten-konten yang berhubungan dengan mata pelajaran yang diampu.

    Dalam pembuatan/penginstallan aplikasi moodle sebenarnya tidak selalu harus menggunakan internet, tetapi kita dapat membuat server sendiri secara local menggunakan komputer atau laptop kita dengan bantuan apliaksi untuk mengaktifkan web server dan database. Aplikasi untuk mengaktifkan protocol yang digunakan untuk membuat web server yang paling banyak digunakan saat ini adalah XAMPP atau yang lebih baru adalah LARAGON.

Dokumentasi Installasi Web Server di Localhost

    Setelah proses penginstalan selesai, kita bisa langsung mengelola web server lokal ataupun publik (internet) agar tampilan lebih menarik dan web server lms bisa langsung digunakan untuk proses belajar dan pembelajaran. Sah satu cara untuk mempercantik tampilan dari webserver moodle kita bisa menggunakan thema lain yang tersedia gratis di halaman moodle
Dalam Mendowload plugin tema untuk web server moodle yang perlu diperhatikan adalah versi moodle yang digunakan, versi tema yang akan di download haruslah menggunakan versi yang sama agar kompatibel dan bisa diinstall. Contohnya karena saya menggunakan moodle versi 3.9.2, maka saya download thema dengan versi 3.9.
Download Tema Moodle
Download Tema Moodle

Cara Mengganti Tema LMS Moodle

    Sebeum melakukan penginstallan pastikan kalian sudah memiliki filetheme.zip yang sudah di download diinternet.
  1. Pertama, masuk kehalaman web server menggunakan aplikasi browser dan masuk menu "Site administration --> Plugins --> Install Plugins"
    "Site administration --> Plugins --> Install Plugins"
    Langkah 1

  2. kemudian, lakukan "drag & drop" file tema yang sudah di download tadi. Atau bisa juga dengan menekan menu "Choose a File.." dan arahkan ke file temanya, setelah itu lanjutkan dengan "install plugin from the zip file".
    install plugin from the zip file
    Langkah 2

  3. kemudian akan diarahkan ke halaman validasi kompetabilitas file dengan moodle seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahawa versi moodle harus sema dengan versi tema yang didownload. Jika sudah sesuai, kita bisa langsung menekan "continue" 
    Validasi tema moodle
    Langkah 3

  4. kemudian tekan "continue" lagi untuk melakukan penginstalan paketnya.
    install paket plugin tema moodle
    Langkah 4

  5. setelah itu tekan "upgrade moodle database now"
    upgrade moodle database
    Langkah 5

  6. Proses penginstallan tema selesai, langkah selanjutnya adalah menggantikan tema yang sedang dipakai sat ini (default) dengan tema yang baru di install.
  7. Untuk menggantikan tema dengan yang baru, kita masuk kemenu "Site Administration --> Appearance --> Theme Selector".
    Memilih tema yang akan digunakan
    Langkah 6

  8. kemudian pada menu "default" tekan "theme change --> cari tema baru yang akan digunakan --> use theme".
    Menggunakan tema baru
    Langkah 7
    mengganti tema klass
    Langkah 8


  9. Selesai.
    Itulah cara yang bisa digunakan untuk mengganti tema dari web server agar lebih menarik. DI internet banyak tersedia yang menyediakan tema yang gratis maupun yang berbayar dan bisa kita sesuaikan sesuai dengan kebutuhan saja. Dalam mengganti tema yang perlu diperhatikan adalah versi dari tema dan moodle yang digunakan jika kalian menggunakan moodle versi 3.10.x maka gunakan tema yang sesuai juga yaitu tema v3.10 agar dapat digunakan.
Versi Video : 

Baca Juga : 7 Prinsip Pembelajaran Kontekstual Beserta Penjelasannya

Gyts
Gyts "Kalo kamu bisa, kenapa harus Saya?"

Post a Comment for "Cara Mengganti Tema LMS Moodle - Elearning"