Cara Mengatur Jarak Spasi di Excel

Neicy Tekno – Cara Mengatur Jarak Spasi di Excel. Memperbaiki Spasi berlebih pada Cell Excel bisa dilakukan dengan menggunakan Rumus Fungsi Excel. Merapikan spasi yang berantakan merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam pekerjaan administrasi, Karna hal itu akan mepengaruhi hasil dari laporan/berkas yang dibuat.

Menghilangkan Spasi berlebih dan mengaturnya agar terlihat rapi merupakan salah satu kegiatan yang harus anda lakukan dengan sangat baik. Spasi berlebih terkadang muncul pada data penting administrasi yang kemudian harus diperbaiki satu per satu agar tersusun dengan rapi. Dengan menggunakan Fungsi Excel, Anda bisa memperbaiki Spasi di Excel.

Cara Mengatur Jarak Spasi Tulisan di Excel

Memperbaiki dan Mengatur Jarak Spasi pada Sel Excel bisa dilakukan dengan menggunakan Fungsi TRIM. Penulisan Rumusnya adalah =TRIM(Teks) yang nantinya bisa disesuaikan dengan lokasi tulisan pada Sel tertentu. Untuk lebih jelasnya, Perhatikan Tutorial di bawah ini.

Cara Mudah Mengatur Jarak Spasi Tulisan di Excel Menggunakan Fungsi TRIM

  1. Buka Microsoft Excel dan kemudian buatkan Workbook baru.
  2. Siapkan data yang akan diperbaiki Spasi-nya (Anda bisa menggunakan file yang sudah tersedia). Sebagai contoh, Perhatikan Gambar di bawah ini:
    Cara Mengatur Jarak Spasi di Excel

    Keterangan:
    Pada Kolom Nama ke 1, Terdapat Tulisan Nama yang memiliki Spasi Berlebih. Sedangkan Kolom Nama ke-2 digunakan untuk penulisan fungsi-nya.

    **Sebagai Contoh. Gunakan penempatan Lokasi Sel yang sama seperti gambar di atas. Jika berbeda, Maka rumusnya juga akan berbeda.

  3. Untuk mengatur Spasi berlebih, Aktifkan Sel C3 Kemudian masukan Rumus ini:
    =TRIM(B3)
    Cara Mudah Mengatur Jarak Spasi Tulisan di Excel Menggunakan Fungsi TRIM

    Keterangan Rumus:
    =TRIM Merupakan Fungsi yang digunakan untuk mengatur Jarak Spasi di Excel.
    (B3) Merupakan Lokasi Teks yang akan diperbaiki.

  4. Setelah memasukan Rumus,Tekan Tombol ENTER. Gunakan Teknik Fill Handle/Auto Handle untuk mengisi bagian bawahnya dengan rumus yang sama.
  5. Selesai.

Spasi berlebih di Sel Excel dapat diatasi dengan mudah menggunakan Fungsi TRIM. Anda bisa merapikan tulisan dengan sangat mudah dan cepat. Teknik ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam pekerjaan kantoran, Jadi anda harus memahaminya dengan baik.

Pelajari dalam bentuk Videonya disini: 

Tutorial di atas merupakan salah satu dari tutorial dasar Excel yang harus anda pahami dengan baik. Teknik ini akan sangat membantu anda dalam pekerjaan administrasi yang memerlukan penulisan data yang rapi dan jelas.

Pelajari Juga:

Tinggalkan komentar

x