Cara Upgrade Firmware Tp-link Wr840N V6.2

Neicytekno – Upgrade Firmware Tp-link Wr840N dapat dilakukan siapapun baik menggunakan laptop ataupun smartphone.Alasan banyaknya pengguna perlu melakukan pembaruan firmware salah satunya adalah untuk memperbaiki masalah-masalah yang mungkin terjadi di dalam firmware yang sedang digunakan, pembaruan firmware juga dapat meningkatkan kinerja router atau perangkat menjadi lebih baik.

Firmware dapat dikatakan seperti driver ataupun sistem operasi yang mewadahi sekaligus mengendalikan perangkat-perangkat keras yang digunakannya. Dengan adanya firmware kita dapat menggunakan sebuah perangkat seperti router, access point, dan alat elektronik lainnya dengan menggunakan firmware. Oleh karena itu kita tidak bisa menggunakan sebuah router ataupun access point tanpa menggunakan firmware.


Dalam penggunaanya baik pada router atau perangkat jaringan lainnya, upgrade firmware sering dilakukan untuk mendapatkan performa yang lebih optimal dari sebelumnya dan mengatasi masalah-masalah atau bug yang sering terjadi pada perangkat tersebut. Biasanya pengguna router access point seperti tpink, tenda, totolink, dsb. Sering mengalami hal yang sama dimana terdapat fitur-fitur yang kurang ataupun perangkat selalu gagal menggunakan salah satu mode yang ada pada router tersebut, atau masalah lainnya yang berkaitan dengan firmware.

Cara Upgrade Firmware Tp-link Wr840N

Penulis akan memeberikan tips bagaimana cara melakukan Upgrade Firmware sendiri dirumah tanpa harus ke tukang service. Sebelumnya penulis sudah membuat langkah-langkah upgarade firmware router tenda, kali ini kita akan bahas bagaimana cara melakukan upgrade router Tp-link Wr840n menggunakan laptop.
Sebelum melakukan upgrade firmware pastikan syarat-syarat yang harus dilakukan sebelum proses Upgrade dilakukan:
  • Pastikan menggunakan Firmware yang diunduh di halaman resmi tplink,
  • Perhatikan tipe dan versi hardware tplink yang digunakan, kita bisa melihatnya di bagian belakang perangkat yang memuat informasi mengenai perangkat tersebut.
  • Download Firmware sesuai dengan spesifikasi hardware (tipe & Versi)
  • Jangan mematikan atau memutuskan kabel  perangkat (Laptop & Tplink) ketika proses upgrade berlangsung,
  • Disarankan untuk menggunakan kabel (ethernet)
  • Disarankan untuk mematikan internet ketika proses upgrade sedang berlangsung.
  • Gunakan aplikasi WinZIP atau WinRAR terbaru untuk mengextrak file firmware
Langkah-Langlah Upgrade Firmware TP-LINK WR840N

Pertama, kita siapkan terlebih dahulu file Firmware terbaru yang akan kita install di tplink, Untuk link Downloadnya, disini.

Download Firmware Tplink Wr840N
Download Firmware Tplink Wr840N

*Perhatikan Versi Hardware yang digunakannya

Setelah file firmware terunduh, langkah selanjutnya kita harus meng-extrak file tersebut untuk membuka file yang ber-ekstensi .bin yang akan digunakan dalam penginstallan firmware. Caranya “Klik kanan file — Extrack Here” maka akan muncul folder dan file firmware.
File Bin Firmware Tplink Wr840N
Extrak file Rar


Setelah itu kita, sambungkan laptop dengan tplink wr840n menggunakan kabel LAN, dan masuk kehalaman web server tplink dengan mengetikan alamat ip router ataupun menggunakan DNS tplink yaitu (tplinkwifi.net)
Login Tplink sebagai Admin
Login Tplink sebagai Admin (tplinkwifi.net)


Kemudian Login menggunakan akun admin dengan username dan password (admin/admin)

Setelah itu masuk kemenu “System Tools — Firmware Upgrade — Choose File — folder firmware hasil extrack — pilih file dengan format/extensi .bin”

File .bin Firmware
Cari file bin firmware

Setelah itu Tekan “Upgrade” Untuk memulai penginstallan firmware tplink wr840n versi terbaru. Tunggu proses Penginstallan sampai selesai dan pastikan kabel, perangkat komputer/pc, router tplink dalam keadaan menyala normal.

Proses penginstallan Firmware Baru

Proses penginstallan upgrade firmware tidak akan berjalan lama, hanya sekitar 3-5 menit tergantung kabel yang digunakan sebagai media transmisinya. 

Jika sudah selesi maka akan langsung diarahkan kembali ke tampilan login tplink dan login menggunakan akun admin maka haslinya akan seperti di bawah ini:
Firmware Versi TL-WR840N(EU)_V6.2_201124
Firmware Versi TL-WR840N(EU)_V6.2_201124

Perlu diperhatikan kembali, dalam proses penginstallan/upgrade firmware pastikan koneksi yang digunakan stabil atau gunakan kabel yang dipastikan bagus. Pastikan juga perangkat komputer dan router berjalan normal jangan sampai ketika proses upgrading firmware perangat tiba-tiba mati, hal ini dapat mengakibatkan router matot ataupun error ketika digunakan.

Gunakan kabel LAN (ethernet) lebih disarakan karena proses transimisi data menggunakan wireless memiliki potensi adanya gangguan-gangguan baik dikarenakan interferensi antar jaringan yang lain atau perangkat sedang tidak normal.

Tinggalkan komentar

x