Rumus Excel Untuk Menghitung Jam Terlambat Beserta Tutorial Lengkapnya

Neicy Tekno – Rumus excel untuk menghitung jam terlambat beserta dengan tutorial lengkapnya bisa dipelajari disini, Rumus fungsi yang digunakan mudah dipahami.

Jam terlambat dalam absensi karyawan, sekolah dan lainnya bisa dihitung menggunakan rumus excel sederhana. Logika yang digunakan cukup mudah karna hanya menghitung jam dan menit serta dilengkapi dengan logika untuk penyelesaiannya.

Microsoft Excel menyediakan rumus fungsi sederhana yang bisa digunakan untuk menghitung data waktu, Salah satunya untuk menghitung jam terlambat. Rumus excel untuk menghitung jam terlambat bisa dipelajari dengan mudah.

Rumus Excel Untuk Menghitung Jam Terlambat Beserta Tutorial Lengkapnya

Menghitung jam terlambat bisa menggunakan rumus excel sederhana dengan menghitung jam, menit yang dilengkapi dengan keterangan sesuai jam masuk-nya. Sebagai contoh soal dalam penulisan rumus excel untuk menghitung jam terlambat, Perhatikan tutorial di bawah ini.

Cara Menghitung Jam Terlambat di Excel

  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Buatkan atau siapkan data absensi yang dilengkapi dengan jam masuk-nya. Sebagai contoh, Buatkan tabel data absensi seperti pada gambar di bawah ini:
    Rumus Excel Untuk Menghitung Jam Terlambat Beserta Tutorial Lengkapnya
    Rumus Excel Untuk Menghitung Jam Terlambat Beserta Tutorial Lengkapnya

    Keterangan: 
    Buatkan data absensi seperti pada gambar di atas yang dilengkapi dengan jam masuk-nya.

    **Gunakan penempatan dan lokasi sel yang sama seperti di gambar. Jika berbeda, Maka rumusnya juga akan berbeda.

  3. Aktifkan sel C2, Kemudian masukan rumus berikut ini:
    =IFERROR(HOUR(B2-$F$2)&” Jam “&MINUTE(B2-$F$2)&” menit”,”tidak terlambat”)

    Keterangan:
    Rumus di atas digunakan untuk menghitung jam dan menit yang disesuaikan dengan jam masuk yang sudah ditentukan. Kemudian jika tidak memenuhi kondisi perhitungan, Maka akan muncul keterangan “Tidak Terlambat”.

  4. Setelah memasukan rumus, Tekan tombol Enter.
  5. Selesai.

Tutorial di atas memperlihatkan cara penggunaan rumus excel untuk menghitung jam terlambat absensi karyawan ataupun siswa sekolah, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Versi video: 


Sebagai contoh soal dan bahan ajar, Gunakan data yang ada pada tutorial di atas untuk memahami alur dari logika rumusnya. Setelah memahami logika-nya, Anda bisa menggunakan rumus tersebut untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan mengenai jam terlambat.

Rumus excel untuk menghitung keterlambatan absensi bisa dikembangkan kembali agar sesuai dengan kasus yang ditemui di dunia kerja ataupun sekolah pembelajaran. Namun sebelum itu, Anda harus memahami logika penulisannya dengan mencoba tutorial di atas.

Pelajari juga:

Tinggalkan komentar

x