Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menghitung Jumlah Data di Excel

Neicy Tekno - Cara menghitung jumlah data di excel menggunakan rumus fungsi sederhana yaitu Counta, Rumus ini merupakan salah satu rumus dasar excel.

Menghitung jumlah data di excel merupakan salah satu teknik yang sangat sering digunakan dalam tes, pembelajaran dan pekerjaan yang berkaitan dengan excel. Perhitungan data juga akan sering ditemui dalam bidang administrasi dan akuntansi di Perusahaan, instansi ataupun pabrik.

Dalam perhitungan data, Anda bisa menggunakan rumus sederhana yang umum digunakan oleh pengguna excel yaitu COUNTA  dengan referensi sel atau kumpulan data-nya.

Cara Menghitung Jumlah Data di Microsoft Excel

Rumus fungsi excel sudah sangat lengkap, Anda bisa menggunakannya untuk mengelola angka dan bahkan kata. Menghitung data menjadi salah satu perhitungan yang sangat penting, Karna kumpulan data harus direkap sehingga menjadi informasi yang tepat dan terperinci.

Bagaimana cara menggunakan rumus Counta untuk menghitung jumlah data?. Untuk lebih jelasnya, Perhatikan langkah-langkahnya dalam tutorial di bawah ini.

Cara Menghitung Jumlah Data di Excel

  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Buatkan suatu data yang akan dihitung jumlah data-nya. Sebagai contoh, Buatkan tabel data seperti pada gambar di bawah ini:
    Cara Menghitung Jumlah Data di Excel
    Cara Menghitung Jumlah Data di Excel
    Keterangan:
    Dalam contoh soal, Disini akan dihitung data dalam kolom nama barang.

    *Gunakan penempatan sel yang sama. Jika berbeda, Maka rumusnya juga akan berbeda.

  3. Aktifkan sel D3 dan masukan rumus ini:
    =COUNTA(A3:A7)

    Rumus di atas digunakan untuk menghitung jumlah data yang berada di kolom nama barang (A3:A7).

  4. Setelah memasukan rumusnya, Tekan tombol Enter.
  5. Selesai.

Tutorial di atas merupakan salah satu teknik dalam penggunaan rumus fungsi sederhana excel, Semuanya bisa dipelajari dengan mudah.

Versi video: 


Rumus sederhana excel bisa dikombinasikan dengan rumus lainnya, Namun logika yang digunakan juga harus sesuai dengan aturan penulisannya. Sebelum ke tingkat tersebut, Anda harus memahami penggunaan dasarnya dulu untuk memahami logika penulisannya.

Dalam dunia kerja, Khususnya dalam bidang administrasi dan akuntansi selalu berkaitan dengan pengolahan data. Menghitung jumlah data di excel bisa menggunakan rumus fungsi sederhana yang bisa digunakan dengan mudah.

Dalam prosesnya, Memahami rumus dasar excel adalah sesuatu yang sangat penting. Jadi, Pengguna harus mempelajari semua teknik yang bisa digunakan untuk mengelola data angka dan juga kata.

Pelajari juga:

Post a Comment for "Cara Menghitung Jumlah Data di Excel"

close