Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menghitung Jumlah Kata di Excel

Neicy Tekno - Cara menghitung jumlah kata di excel dengan rumus LEN dan Substitute yang dituliskan dengan logika sederhana, Jumlah kata dalam 1 sel akan terhitung dengan tepat.

Jumlah kata dalam suatu kalimat bisa dihitung dengan tepat menggunakan rumus excel, Semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Dalam beberapa pembelajaran, tes, pekerjaan dan kegiatan yang berkaitan dengan kata, biasanya selalu membutuhkan perhitungan jumlah kata atau data.

Dalam Microsoft Excel, Anda bisa menggunakan rumus fungsi sederhana yang bisa digunakan untuk menghitung jumlah kata pada suatu kalimat atau referensi sel dengan cepat dan tepat.

Cara Menghitung Jumlah Kata di Excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang sangat lengkap dan terpopuler, Excel juga bisa digunakan untuk menghitung jumlah kata. Tutorial di bawah ini akan menjelaskan cara termudah dan otomatis dalam menghitung jumlah kata dalam suatu sel atau kalimat, Perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Menghitung Jumlah Kata di Microsoft Excel

  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Siapkan data yang berisikan kalimat untuk dihitung jumlah kata-nya. Sebagai contoh, Buatkan tabel data seperti pada gambar di bawah ini:
    Cara Menghitung Jumlah Kata di Excel
    Cara Menghitung Jumlah Kata di Excel

    Keterangan:
    Buatkan tabel data seperti pada gambar di atas. Jika berbeda, Maka rumusnya juga akan berbeda.

  3. Aktifkan sel B4 dan masukan rumus berikut ini:
    =LEN(A4)-LEN(SUBSTITUTE(A4," ",""))+1

    Setelah memasukan rumus, Tekan tombol Enter.

  4. Gunakan teknik Fill Handle/Auto Handle untuk mengisi bagian bawahnya dengan rumus yang sama.
  5. Selesai.

Tutorial di atas dibuat dengan sangat sederhana dan sudah digunakan oleh sebagian besar pengguna dalam menghitung jumlah kata di excel, Anda bisa menyalin rumus di atas untuk menggunakannya.

Versi video: 


Dalam perhitungan jumlah kata, Rumus excel Len dan Substitute bisa digabungkan dengan bantuan beberapa elemen lainnya untuk mendapatkan hasil yang tepat. Tutorial di atas menjadi contoh soal dan jawaban yang bisa membantu anda dalam prosesnya.

Selain dari rumus fungsi di atas, Excel juga memiliki rumus fungsi lain yang bisa digunakan untuk mengelola data kata. Jadi, Bukan hanya angka yang bisa dikelola di dalam aplikasi Excel. Namun anda juga bisa mengelola data kata sederhana.

Pelajari lebih dalam mengenai Rumus Fungsi Excel disini, Anda bisa mencari dan mendapatkan file soal excel yang bisa digunakan untuk latihan soal dan persiapan kerja.

Pelajari juga:

Post a Comment for "Cara Menghitung Jumlah Kata di Excel"

close