Rumus Excel Untuk Membuat Nomor Urut Otomatis

Neicy Tekno – Cara menggunakan rumus excel untuk membuat nomor urut otomatis dengan rumus fungsi IF dan Row. Pengurutan nomor-nya akan disesuaikan dengan baris ke- dan fungsi logika IF yang digunakannya.

Pengurutan nomor selalu menjadi bagian terpenting dalam pembuatan project di excel contohnya dalam bidang administrasi dan akuntansi, Penomoran selalu digunakan untuk memperjelas informasi. Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam membuat penomoran otomatis, Anda bisa mempelajarinya disini.

Kedua teknik membuat nomor urut otomatis tersebut menggunakan cara umum seperti Autofill dan rumus sederhana. Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa menggunakan Rumus IF dan Row untuk membuat nomor urut otomatis sesuai dengan data yang diisi.

Cara Menggunakan Rumus Excel Untuk Membuat Nomor Urut Otomatis

Menggunakan rumus fungsi IF dan Row untuk membuat penomoran otomatis di Excel bisa diselesaikan dengan mudah. Urutan nomornya akan disesuaikan dengan baris ke- dari cells excel, Kemudian digabungkan degan fungsi IF yang akan memunculkan nomor urut jika sel target terisi data.

Dengan kata lain, Nomor urutnya akan secara otomatis muncul setelah sel target diisi dengan data tertentu. Untuk lebih jelasnya, Perhatikan langkah-langkahnya dalam tutorial di bawah ini.

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis di Excel Dengan Rumus IF

  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Siapkan data yang akan ditambahkan nomor urut. Sebagai contoh, Buatkan data seperti pada gambar di bawah ini:
    Cara Menggunakan Rumus Excel Untuk Membuat Nomor Urut Otomatis
    Cara Menggunakan Rumus Excel Untuk Membuat Nomor Urut Otomatis

    Keterangan:

    **Buatkan data yang sama seperti contoh di atas. Jika berbeda, Maka rumusnya juga akan berbeda.

  3. Aktifkan Sel A3 dan masukan rumus berikut ini:
    =IF(B3=””,””,ROW()-2)

    Keterangan:
    Rumus di atas digunakan untuk membuat nomor urut yang dimulai dari sel A3. Jika awal penomorannya berada di sel yang berbeda, Maka pada bagian pengurangan barisnya yaitu ROW()-2 akan berbeda juga. 

    Contohnya, Jika awal penomorannya berada di sel A11 dan data isiannya berada di Sel B11. Maka rumusnya akan menjadi:
    =IF(B11=””,””,ROW()-10)

  4. Setelah memasukan rumusnya tekan tombol Enter.
  5. Kemudian gunakan teknik Auto Fill / Fill Handle untuk mengisi bagian bawahnya dengan rumus yang sama.
  6. Setelah itu, Ketika isian kolom “Nama” diisi, Maka Nomor urutnya akan secara otomatis terisi. Perhatikan gambar di bawah ini:
    Cara Membuat Nomor Urut Otomatis di Excel Dengan Rumus IF
    Cara Membuat Nomor Urut Otomatis di Excel Dengan Rumus IF

    Keterangan:
    Setelah melakukan teknik Fill Handle, Isi bagian data nama dengan data yang dibutuhkan. Setelah itu, Maka penomorannya akan secara otomatis muncul.

  7. Selesai.

Tutorial di atas digunakan untuk membuat penomoran otomatis di excel menggunakan rumus IF dan Row, Penomorannya akan muncul secara otomatis setelah sel target terisi data.

Versi video: 


Dalam penggunaan rumus tersebut masih meninggalkan sedikit masalah yang mungkin akan sulit dipahami oleh pemula, yaitu nomor urutnya bersifat statis. Jadi nomor urut-nya akan menyesuaikan diri dengan urutan barisnya. Sehingga jika ada sel kosong dipertengahan, Maka penomorannya tidak akan menjadi terurut.

Kemudian dalam penggunaan rumusnya juga akan disesuaikan dengan baris ke- dalam cells excel, Jadi setiap baris awalnya akan menjadi penentu untuk pengurutan nomornya.

Rumus fungsi excel yang digunakan dalam pengurutan nomor secara otomatis di atas hanya bisa digunakan untuk pengurutan yang rata, Jadi tidak boleh ada sel baris kosong. Karna penomorannya akan menyesuaikan dengan baris ke- dari nomor urutnya.

Ketahui juga informasi lainnya disini:

Tinggalkan komentar

x