Cara Menghitung Masa Kerja Karyawan di Excel

Neicy Tekno – Cara menghitung masa kerja di Excel terakumulasi tahun, bulan dan hari menggunakan rumus fungsi sederhana. Menghitung masa kerja di perusahaan, instansi ataupun pabrik bisa menggunakan cara mudah di Microsoft Excel.

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi Office yang sangat populer dan banyak digunakan oleh para pekerja ataupun pelajar. Dunia kerja modern sudah menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk mengelola data angka seperti laporan keuangan dan lainnya, Salah satunya untuk menghitung masa kerja karyawan / pegawai.

Cara Menghitung Masa Kerja di Excel

Dalam suatu pekerjaan, Sudah pasti memiliki kontrak ataupun masa kerja yang sudah ditetapkan. Masa kerja tersebut perlu dihitung untuk berbagai kepentingan seperti memenuhi keterangan administrasi hingga bukti telah bekerja di suatu perusahaan/instansi.

Masa kerja karyawan / pegawai bisa dihitung dengan mudah menggunakan Microsoft Excel. Disini akan dibahas mengenai cara menghitung masa kerja karyawan di Excel menggunakan rumus fungsi sederhana yang mudah untuk dipelajari.

Sebagai contoh, Perhatikan tutorial di bawah ini untuk mempelajari dan mendapatkan rumus fungsi yang digunakan untuk menghitung masa kerja di Excel.

Cara Menghitung Masa Kerja Karyawan / Pegawai di Excel

  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Buatkan tabel data dengan keterangan tanggal awal dan akhir bekerja. Sebagai contoh, Buatkan tabel data seperti pada gambar di bawah ini:
    Cara Menghitung Masa Kerja di Excel
    Cara Menghitung Masa Kerja di Excel

    Keterangan:
    Sebagai contoh soal, Buatkan tabel yang sama seperti contoh di atas. Karna jika lokasi sel-nya berbeda, Maka rumusnya juga akan berbeda.

  3. Aktifkan sel C7 dan masukan rumus berikut ini:
    =DATEDIF(A7,B7,”y”)&” Tahun, “&DATEDIF(A7,B7,”ym”)&” Bulan, “&B7-DATE(YEAR(B7),MONTH(B7),1)&” Hari”
  4. Setelah memasukan rumusnya, Tekan tombol ENTER.
  5. Selesai.

Tutorial di atas merupakan cara termudah untuk menghitung masa kerja karyawan di Excel, Rumus yang digunakan juga sederhana.

Link tutorial cara menghitung masa kerja karyawan di Excel Versi Video:

https://youtu.be/qn5SOcRwk9A

Microsoft Excel menjadi salah satu aplikasi penting untuk dunia kerja modern, Oleh karna itu kamu harus bisa menggunakan aplikasi excel untuk mengelola data angka seperti masa kerja ataupun berbagai laporan keuangan yang resmi.

Mempelajari Microsoft Excel bisa disesuaikan dengan kebutuhan, Rumus fungsi sederhana dapat digunakan dengan mudah setelah memahami penulisan syntax dari setiap logika-nya. Di dunia kerja modern, Kamu bisa menggunakan rumus fungsi sederhana untuk mengelola data angka seperti rumus IF ataupun rumus fungsi perhitungan umum matematika.

Contoh di atas menjelaskan cara menggunakan rumus tanggal bulan dan tahun yang disesuaikan dengan kondisi dari perhitungan masa kerja. Rumus fungsi yang digunakan adalah DATEDIF dan beberapa rumus tanggal lainnya seperti YEAR dan MONTH, Semua itu merupakan rumus dasar untuk tanggal.

Jadi itu adalah cara menghitung masa kerja karyawan di Excel menggunakan rumus fungsi DATEDIF dan fungsi tanggal lainnya.

Ketahui juga:

Tinggalkan komentar

x