Cara Menghitung Jumlah Laki Laki dan Perempuan di Spreadsheet

Neicy Tekno – Cara menghitung jumlah laki laki dan perempuan di Spreadsheet / Google Sheet menggunakan rumus fungsi COUNTIF, Penulisannya sangat sederhana. Jumlah laki dan perempuan bisa dihitung secara otomatis berdasarkan data tertentu pada suatu kumpulan data.

Dalam suatu Project yang berkaitan dengan nama dan juga detail identitas, Biasanya akan melibatkan jenis kelamin (Laki laki dan perempuan). Project ini biasanya berada pada suatu data siswa, karyawan ataupun masyarakat dalam aplikasi sosial dan pengumpulan data identitas resmi.

Jumlah Jenis Kelamin Laki Laki dan Perempuan selalu dihitung untuk mendapatkan data yang akurat untuk setiap project-nya. Untuk itu, Kamu harus menggunakan rumus fungsi sederhana untuk menghitung jumlah laki laki dan perempuan di Spreadsheet / Google Sheet.

Cara Menghitung Jumlah Laki Laki dan Perempuan di Spreadsheet / Google Sheet

Bagaimana cara menghitung jumlah laki laki dan perempuan di Spreadsheet / Google Sheet?, Jawabannya adalah menggunakan rumus fungsi COUNTIF dengan penulisan yang sederhana. Berikut merupakan tutorial untuk menggunakan rumus COUNTIF di Google Sheet / Spreadsheet.

Cara Menghitung Jumlah Laki Laki dan Perempuan di Spreadsheet

  1. Buka Google Sheet / Spreadsheet.
  2. Siapkan data yang akan dihitung jumlah laki-laki dan perempuan. Sebagai contoh, Buatkan tabel data seperti pada gambar di bawah ini:
    Cara Menghitung Jumlah Laki Laki dan Perempuan di Spreadsheet / Google Sheet
    Keterangan:
    Buatkan tabel yang sama seperti pada gambar di atas. Karna jika penempatan lokasi sel-nya berbeda, Maka rumusnya juga akan berbeda.
    .
  3. Menghitung jumlah laki laki: Aktifkan sel D18, Kemudian masukan rumus ini:
    =COUNTIF(B18:B27,”L”)


    Setelah memasukan rumus, Tekan tombol Enter.
    .
  4. Menghitung jumlah perempuan: Aktifkan sel E18, Kemudian masukan rumus ini:
    =COUNTIF(B18:B27,”P”)


    Setelah memasukan rumus, Tekan tombol Enter.
    .
  5. Selesai.

Tutorial di atas menjelaskan cara menghitung jumlah laki laki dan perempuan di Spreadsheet / Google Sheet menggunakan rumus fungsi COUNTIF. Rumus fungsi COUNTIF biasa digunakan untuk menghitung jumlah data sesuai dengan kriteria tertentu di Google Sheet / Spreadsheet.

Google Sheet / Spreadsheet menyediakan banyak rumus fungsi yang sangat lengkap untuk perhitungan data, Salah satunya menghitung jumlah laki dan perempuan. Dalam perhitungan jumlah laki dan perempuan, Kamu bisa menggunakan COUNTIF untuk menghitung jumlah sesuai data tertentu.

Dengan menggunakan rumus fungsi COUNTIF, Maka kamu sudah bisa menghitung jumlah laki dan perempuan di Spreadsheet / Google Sheet secara cepat dan tepat. Bahkan teknik ini bisa dikatakan sebagai cara yang otomatis, Karna prosesnya yang hanya menggunakan 1 rumus untuk menghitung semua data yang ada.

Jadi itu adalah cara menghitung jumlah laki laki dan perempuan di Spreadsheet / Google Sheet menggunakan rumus COUNTIF. Kamu bisa mengikuti setiap langkah dalam tutorial di atas untuk memahami cara penggunaan rumus fungsi COUNTIF dalam menghitung jumlah laki dan perempuan di spreadsheet.

Ketahui juga:

Tinggalkan komentar

x