Cara Menghitung Jumlah Laki Laki dan Perempuan di Excel

Neicy Techno – Cara menghitung jumlah laki laki dan perempuan di Excel menggunakan rumus fungsi COUNTIF dengan penulisan sederhana, Semua data Laki dan peempuan bisa dihitung dengan tepat. Teknik ini sudah banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi berbasis excel.

Microsoft Excel memiliki banyak rumus fungsi yang sangat lengkap untuk perhitungan data angka ataupun huruf, Setiap data bisa dikelola dengan mudah. Begitu juga dengan menghitung jumlah data laki laki dan perempuan dalam suatu kumpulan data yang sangat banyak.

Dalam menghitung jumlah data dalam suatu kumpalan data yang banyak bisa menggunakan rumus fungsi COUNTIF. Begitu juga dengan menghitung jumlah laki laki dan perempuan di Excel, Kamu bisa menggunakan fungsi COUNTIF untuk menentukan jumlah tepat secara otomatis.

Cara Menghitung Jumlah Laki Laki dan Perempuan di Microsoft Excel

Bagaimana cara menghitung jumlah laki laki dan perempuan di Excel?, Kamu bisa menggunakan rumus fungsi COUNTIF untuk menghitung secara tepat jumlah laki dan perempuan dalam suatu kumpulan data. Berikut merupakan cara penggunaannya:

Cara Menghitung Jumlah Laki Laki dan Perempuan di Excel

  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Siapkan tabel data seperti pada gambar di bawah ini:
    Cara Menghitung Jumlah Laki Laki dan Perempuan di Microsoft Excel
    Keterangan:
    Sebagai contoh, Buatkan tabel data yang sama seperti di contoh. Jika penempatan sel-nya berbeda, Maka rumusnya juga akan berbeda dengan yang ada di dalam tutorial ini.
    .
  3. Aktifkan Sel F5, Kemudian masukan rumus dibawah ini untuk menghitung jumlah laki-laki:
    =COUNTIF(D5:D14,”L”)

    Setelah memasukan rumus, Tekan tombol Enter.
    .
  4. Aktifkan Sel G5, Kemudian masukan rumus dibawah ini untuk menghitung jumlah perempuan:
    =COUNTIF(D5:D14,”P”)

    Setelah memasukan rumus, Tekan tombol Enter.
    .
  5. Selesai.

Kamu juga bisa mempelajarinya dalam versi Video disini:

Dengan menggunakan rumus fungsi COUNTIF, Kamu bisa menghitung jumlah laki laki dan perempuan di Excel dengan cepat dan tepat. Tutorial ini bisa digunakan dalam project atau aplikasi berbasis Excel yang berkaitan dengan perhitungan jumlah data tertentu seperti jumlah laki dan perempuan.

Rumus Fungsi Microsoft Excel tersedia dengan lengkap untuk membantu pengguna dalam mengelola data secara tepat, Semuanya bisa diselesaikan dengan cepat mudah. Begitu juga dalam menghitung jumlah laki laki dan perempuan di Excel, Semuanya bisa dihitung secara tepat dan otomatis.

Dengan menggunakan cara menghitung jumlah laki dan perempuan di Excel, Maka kamu sudah bisa menghitung jumlah data tertentu dalam kumpulan data yang sangat banyak secara otomatis dengan hasil yang tepat. Kamu bisa menggunakannya untuk pembuatan aplikasi berbasis excel.

Jadi itu adalah cara menghitung jumlah laki laki dan perempuan di Excel menggunakan rumus fungsi COUNTIF. Kamu bisa menghitung jumlah laki dan perempuan dalam suatu kumpulan data yang banyak dengan hasil perhitungan yang cepat, tepat dan otomatis.

Ketahui juga:

Tinggalkan komentar

x