Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatur Bandwidth di AP Indoor Menggunakan TP-Link Wr840

Cara mengatur Bandwidth di AP indoor menggunakan TP-Link Wr840 ? oK begini caranya .....

Untuk mengatur Bandwidth atau bisa disebut juga tigkat maksimum dalam transfer data, kita memerlukan beberapa langkah sebagai berikut : 

  1. Masuk local host router tp-link wr840 seperti biasa dengan default ip 192.168.0.1 ataupun dengan mengetikan url “tplinkwifi.net” di web browser.


  2. Langsung saja, masuk ke tab “ Bandwidth Control “ karena tujuan kita akan melimit bandwidth router tp-link wr840 kita.

  3. Disini kita harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur bandwidth controlnya dengan mencentang “ enable bandwidth control “


  4.  Untuk “ Egress Bandwidth = Upload “ dan “ Ingress Bandwidth = Download “ disini menggunakan kbps yang artinya “ 1 Mbps = 1024 Kbps “

  5. Disini adalah pembatasan seberapa besar bandwidth yang akan masuk ke router tp-link wr840n milik kita sepenuhnya, jadi isikan sesuai bandwidth yang akan kalian berikan dari server ke tplink wr840N misal “Egress = 1536Kbps dan Ingress = 5120Kbps” atau samadengan “ upload 1,5Mbps dan download 5Mbps”. Ini adalah bandwidth keseluruhan yang akan diterima oleh tplink wr840n dari server untuk client.


  6. Nahh sampai disini kita sudah bisa membatasi client seluruhnya. Namun, jika ingin lebih akurat kita bisa menggunakan filter/ip untuk membagi bandwidth

  7. Kemudian tambah rule baru “ Add new “

  8. “ Ip Range = 192.168.0.2-192.168.0.10 (dari ip …. Sampai….)

    “ port Range = sesuaikan dengan port game atau medsos  atau tidak diisi=rata) “

    “ Egress  min bandwidth = minimal upload, ingress min minbandwidth = minimal download “

     “ Egress  max bandwidth = maximum upload, ingress max minbandwidth = max download “

  9. Sesuiaikan saja yang kalian butuhkan dan seberapa besar bandwidth yang kalian ingin dapatkan, misal saya akan menggunakan minbandwidth 512kbps/2mbps dan maxbandwidth 1mbps/3mbps. Maka client yang ber ip 192.168.0.2 sampai 192.168.0.10 akan mendapatkan bandwidth yang baru kita tentukan.


Nah cukup sederhana dan gampang kan? Mengatur bandwidth memang penting dalam ranah internet Wifi dan saya rasa Kalian perlu mencoba hal ini juga. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba :) 
Mari Kita Belajar Bersama !! jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan di kolom komentar ... Oh ya, Terima kasih atas kunjungannya yah teman-teman:)

Baca juga : Cara Memperluas Jangkauan Wifi Indihome Menggunakan Mode Range Extender (Tanpa PC)

Post a Comment for "Cara Mengatur Bandwidth di AP Indoor Menggunakan TP-Link Wr840"