Cara Mudah Watermark Foto / Gambar

     Watermark atau dengan kata lain yaitu Tanda Air merupakan tanda (Ciri) yang memungkinkan pemilik hak cipta bisa mengamankan karya nya, karna dengan adanya watermark projek tersebut bisa terlindungi. Untuk Lebi jelasnya bisa di baca disini Penjelasan dan Sejarah Watermark
    Kali ini saya akan berbagi mengenai cara memberikan watermark pada Foto dan Gambar, Tutorial ini memakai beberapa aplikasi yang ringan sehingga teman-teman bisa melakukannya dengan cepat dan mudah. Aplikasi yang akan digunakan merupakan aplikasi yang biasa di gunakan oleh semua orang, Ok untuk Lebih jelas nya kita langsung ke Tutorialnya.
Watermark Foto & Gambar Menggunakan Adobe Photoshop 
Menggunakan adobe Photoshop dalam pembuatan watermark foto memang paling mudah dan terbilang (biasa) karna aplikasi ini memang berfungsi untuk editing foto atau Gambar. Untuk tutorialnya sangat mudah, berikut Caranya :
  1. Buka Adobe Photoshop nya
  2. Masukan Foto/Gambar yang ingin menggunakan watermark
  3. Masukan Kata atau Logo pada Gambar tersebut, Lihat contoh di bawah ini :

    Untuk Penempatan Watermarknya bisa dilakukan dimana saja (di sesuaikan dengan kebutuhan), dan biasanya di sesuaikan dengan Foto agar lebih enak di lihatnya.
    – kemudian cara memberikan watermark dengan gambar cukup memasukan gambar/logo nya kemudian tempatkan di lokasi yang di inginkan, sebagai contoh lihat gambar di atas.
    – Untuk Menambahkab Watermark menggunakan Tulisan, Kita hanya perlu memilih Tools Text, Kemudian tuliskan Watermark yang di inginkan di bagian  foto. Sebagai contoh lihat pada gambar di atas.
  4. Setelah itu selesai deh….
Watermark Foto & Gambar Menggunakan Paint
Paint merupakan aplikasi yang fungsinya sama dengan buku gambar, namun kita juga bisa menggunakan aplikasi paint untuk mengedit gambar, Kompres gambar dan masih banyak lagi yang lainnya. sebagai contoh penggunaan aplikasi paint bisa di lihat disini Merubah ukuran gambar menggunakan paint  
Ok kita langsung ke tutorial watermark nya :
  1. Buka aplikasi Paint nya dengan cara Kli Start > kemudian Cari Paint (biasanya di semua versi windows selalu ada aplikasi paint)
  2. Setelah itu masukan gambar atau Foto nya, dengan cara Drag gambar/foto ke aplikasi paint nya atau dengan cara Klik File > Open
  3. Setelah memasukan Gambar atau foto nya, Buatkan Text atau Logo. Sebagai contoh lihat gambar berikut :
    Perhatikan Gambar di atas, Untuk panambahan watermark kita hanya perlu menambahkan kata atau kalimat yang menandakan itu adalah gambar milik kita sendiri, caranya gampang sekali kita hanya perlu memakai Text Tool untuk menambahkan text.
  4. Ok selesai ….
Watermark Foto & Gambar menggunakan Snipping Tool
Snipping Tool merupakan aplikasi untuk memotong layar, namun aplikasi ini juga bisa di manfaatkan untuk membuat watermark. Caranya gampang sekali, seperti pada tutorial di atas penggunaan Snipping tool untuk pembuatan watermark hanya perlu menambahkan kalimat saja.
  1. Buka Snipping Toolnya dengan cara Klik star kemudian Cari Snipping Tool 
  2. Setelah itu masukan Gambar yang ingin di beri watermark 
  3. Tambahkan Text Untuk menandakan bahwa Gambar atau foto tersebut adalah milik kita. Sebagai COntoh perhatikan gambar di bawah ini :

    Sebagai Contoh Saya menggunakan TExt “Neicy” dan “copyright”. dan cara membuatnya adalah dengan menggunakan Tool Pensil (pen) dan Kuas (highlighter), Kemudian Lukis Text nya atau bisa juga dengan gambar (jika bisa menggambarnya).
  4. Setelah itu selesai dah, tinggal save
Nah Tutorial Di atas merupakan cara membuat watermark pada gambar, Mudah kan? hhe … tutorial ini menggunakan aplikasi yang ringan dan biasa di gunakan oleh banyak orang, tentunya masih banyak aplikasi yang bisa di gunakan untuk membuat watermark namun aplikasi  ini adalah aplikasi yang banyak di gunakan.

Tinggalkan komentar

x