Cara Membuat Purchase Order di Ms Word & Contohnya

Tutorial Membuat Purchase Order menggunakan aplikasi Ms Word, Membuat Purchase Order (PO)

Ms Word merupakan aplikasi pengolah kata yang sering digunakan didunia kerja ataupun dalam dunia pendidikan, dalam tutorial sebelumnya sudah di jelaskan mengenai cara membuat Faktur Barang, cara membuat surat jalan pembelian barang dan lainnya. dan pada tutorial kali ini penulis akan berbagi mengenai cara pembuatan lembar Purchase Order untuk keperluan Usaha ataupun Perusahaan.

Apa itu Purchase Order (PO) ?? PO merupakan salah satu dari jenis surat bisnis yang berfungsi dan digunakan untuk pemesanan suatu barang, jadi ketika kamu mau membeli atau memesan barang dari suatu perusahaan ataupun dari supplier, kamu akan dimintai Purchase Order yang dimana nantinya harus dikirim melalui Fax, pos, maupun email. 

Informasi yang di tuliskan dalam Purchase Order (PO) ini berupa informasi detail mengenai barang yang di pesan, Merk, Banyak barang, jenis barang dan Spesifikasi, Untuk Lebih jelasnya kita langsung ke tutorialnya saja, Berikut merupakan tutorial cara membuat Purchase Order menggunakan Ms Word :

  1. Buka Ms Word dan buatlah Dokumen baru (pilih blank document)
  2. Kemudian atur ukuran kertas menjadi A4
  3. Buatlah dokumen seperti pada gambar di bawah ini : 

    – Tulisan “Purchase Order” nya menggunakan Jenis Font Times New Roman dengan ukuran Font 18 dan diberi Efek Tebal.
    – Text yang ada dibawahnya menggunakan ukuran font 12 

  4. Setelah selesai membuat Text bagian atas, lagkah selanjutnya adalah dengan membuat Tabel. Buatlah tabel seperti pada gambar dibawah ini :

    Penjelasannya : –Pembuatan Tabel–
    – Untuk Pembuatan Tabel cukup dengan 4 kolom dan 3 baris
    – Kemudian Perbesar cells dengan cara menarik garis kebawah sehingga menjadi seperti pada gambar di atas
    – Isi dengan Text sesuai seperti pada gambar di atas.
    – Untuk bagian bawah ada cells yang digabungkan, Caranya : Blok bagian cells yang akan digabungkan terus klik LAYOUT > MERGE CELLS
    – Garis pada Tabel menjadi Putus-putus, Cara membuatnya dengan : Klik Tabelnya > DESIGN > Line Style > Pilih garis putus-putus

  5. Setelah mengikuti langkah-langkah di atas maka hasilnya akan seperti ini :

    No : di isi dengan nomor urut seperti biasa
    Nama barang : di isi dengan Nama dari barang yang di pesan
    Merk : di isi dengan merk dari barang yang di pesan
    Jumlah pesanan : jumlah dari barang yang di pesan/merk

  6. Selesai….
Nah Gampangkan, kamu tinggal tiru saja di gambar hasilnya hhe, tutorial ini mungkin agak susah untuk pemula, karna penulis membuat tutorial ini dengan pemikiran bahwa pembaca sudah menguasai dasar dari Ms word. jadi untuk teman-teman yang masih bingung mengenai tutorial ini bisa ditanyakan di kolom komentar.
mohon maaf bila kurang jelas karna penulis juga masih belajar dan semoga kita bisa belajar bersama disini, terima kasih dan sampai bertemu lagi di postingan berikutnya 😀
Versi Video:

Baca juga Tutorial Ms Word Dasar hingga menengah disini 

Download Contoh Purchase Order (File docx) disini.

Tinggalkan komentar

x