Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Memperluas Jaringan Wifi Voucher Menggunakan Mode Repeater TP-Link (Tanpa PC)

Selamat malam sobat wifi... kali ini kita akan membahas cara menggunakan fitur-fitur yang ada pada router Tp-link WR840N. Banyak fitur yang bisa kita manfaatkan dari router TL-WR840N ini baik untuk kebutuhan rtrwnet ataupun untuk digunakan pribadi.

Berbicara rtrwnet terutama bagi pemain pemula, hal yang paling sering ditanyakan adalah “Bagaimana cara memperluas jangkuan wifi voucher kita?”. Hal ini sebenarnya banyak cara dan banyak alat dari mulai yang murah – jutaanpun ada. Dari yang harus menggunakan kabel sampai wirelesspun ada.

Kita akan gunakan dulu yang murah meriah. Harganya sekitar 150ribuan di onlineshope yaitu TL-WR840N. Karena temanya murah meriah kita settingnya pun menggunakan hp/smartphone seadanya saja.

Caranya :

1. Sambungkan hp kalian ke jaringan  wifi TL-WR840N.

2. Buka aplikasi Chrome atau aplikasi pencarian lainya. Dan ketikan di kolom URL tplinkwifi.net atau bisa juga dengan mengetikan 192.168.0.1

3. Kemudian, masukan password admin untuk masuk localhost


·         Username        = admin

·         Password         = admin

4. Agar pengerjaan lebih cepat, pilih menu “ Quick Setup “ dan pilih mode “ Range Extender “


5. Kemudian sambungkan dengan jaringan wifi voucher yang akan kalian perluas jangkauanya.


6. Kemudian, jika kalian ingin membedakan SSID TL-WR840 dengan SSID wifi voucher server, pilih “customize” dan sesuaikan SSID sesuai yang kalian inginkan.


7. Kemudian, pilih Static atau dynamic juga tidak masalah karena ini untuk akses via lan.


8. Kurang lebih settinganya akan jadi seperti ini.


9. Selesai. kalian tinggal simpan TL-Wr840N di tempat yang strategis untuk menjual wifi voucher kalian.

Cara diatas bisa kalian lakukan dengan menggunakan PC ataupun Hp sama saja, yang terpenting perangkat kalian terkoneksi dengan jaringan TL-WR840N baik lewat wireless ataupun kabel. Dengan menggunakan Range Extender wifi voucher kalian bisa bertambah luas sekitar 50-100 meter tergantung kondisi lapangan.

Karena TL-Wr840N belum support WDS, user yang login menggunakan voucher akan memakai mac address sari router tp-link wr840 bukan mac address dari hp/perangkat client. Maka dari itu kita harus menyetting di bagian server mikrotiknya 1 mac address bisa digunakan lebih dari satu perangkat. caranya masuk menu " IP -- Hotspot -- Server " dan atur Address per Mac nya menjadi lebih dari 1 (sesuaikan dengan jumlah client yang akan menggunakan voucher) atau jangan di isi (unlimited).


Perlu diigat kembali, untuk memperluas jaringan voucher jangan menggunakan mode WISP. Gunakanlah mode Repeater atau Range Extender. Alasanya, sudah kami bahas dalam artikel-artikel kami sebelumnya. Yang pasti WISP = Satu Untuk Semua, atau hanya 1 voucher bisa digunakan banyak user tanpa login.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share...

Baca Juga : Nembak Wifi Voucher Untuk di Sebarkan kembali menggunakan Tp-Link Wr840n

                    Cara Mengatur Bandwidth Menggunakan Tp-link Wr840n

Post a Comment for "Memperluas Jaringan Wifi Voucher Menggunakan Mode Repeater TP-Link (Tanpa PC)"